clip-28.gif Saat sedang santai di BNI Lounge Bandara Soekarno Hatta menunggu keberangkatan ke Surabaya, aku iseng2 membaca majalah yang disediakan gratis di lounge itu. Aku tertarik dengan salah satu artikel di majalah Trave yang menyatakan bahwa setiap bulan, manusia dimuka bumi ini merayakan tahun baru. Wah, wah, wah .. info yang mengejutkan. Karena setahu ku, tahun baru itu ada 4 yaitu Tahun Baru Hijriah (Muslim), Tahun Baru Masehi (Internasional), Tahun Baru Imlek (Tiong Hoa) dan Tahun Baru Saka (Hindu).

JANUARI
Kalau tahun baru yang dirayakan setiap awal Januari mah semua juga sudah ngeh. Karena 1 Januari adalah awal tahun baru secara internasional. Dan beberapa bangsa juga merayakan tahun barunya seperti Jepang – Gantan Sai atau Oshogatsu dan Mesir – Sekhmet. Dan untuk umat muslim, Tahun Baru Hijriah 1428 kali ini jatuh pada bulan Januari.

PEBRUARI
Pada tahun ini, orang Tiong Hoa merayakan Tahun Baru Imlek 2558 pada bulan Pebruari. Sedangkan orang Yahudi merayakan Tu B’Shevat (New Year of Trees)

MARET
Giliran umat Hindu yang merayakan Tahun Baru Saka 1929 yang tahun ini terjadi pada bulan Maret. Begitu juga dengn orang2 yang berada di Longyearbyen, Norwegia yang merayakan Tahun Baru merayakan sinar matahari pertama dibelahan bumi paling utara.

APRIL
Dahulu kala – konon – bangsa Perancis merayakan pergantian tahun pada tanggal 1 April. Dan bagi orang yang tetap merayakan tahun baru pada bulan April dijuluki sebagai Fool’s Day alias April Mop. Dan bagi penduduk Nepal merayakan tahun barunya juga pada bulan ini. Tahun 2007 akan menjadi tahun 2063. Disamping itu, beberapa negara Asia merayakan Tahun Baru Matahari – Solar New Year (Songkran).

MEI
Sebagian umat Buddha merayakan kelahiran Buddha, yaitu pada hari kedelapan bulan ke-empat (berdasarkan lunar month) sebagai tahun baru mereka. Sayangnya, tahun ini tidak tepat trjadi pada bulan Mei yaitu selisih satu hari sehingga jatuh pada tanggal 1 Juni.

JUNI
Suku Indian Aymara di Bolivia, merayakan Tahun Baru Machaj Mara 5015 pada bulan Juni ini. Tahun 2007 sudah lewat separuh kok masih tahun baru ya? Happy Machaj Mara.

JULI
Juli .. juli .. hmm, kaya’nya cape’ ya kalo tahun baru mulu. Jadi kaya’nya libur deh tahun barunya. Kan tanggal merah hwakakak

AGUSTUSNah, pada akhri bulan Agustus – kadang meleset ke September sih – negara bagian India Selatan, Kerala merayakan Tahun Baru Malayalam.

SEPTEMBER
Setelah kebanyakan Asia yang tahun baru. Kali ini Afrika yang berpesta yaitu Ethiopia yang merayakan Tahun Baru 2000 mereka. Loh, kok telat 7 tahun ya? Juga kaum Yahudi akan merayakan Tahun Baru Jewis 5768 yang merupakan permulaan bulan Tishri.

OKTOBER
Nah, Tahun Baru Druid atau Tahun Baru Samhain akan dirayakan pada bulan Oktober ini sebagai peringatan pertemuan kembali Morrighan – dewi Celtic – dengan Dagda – dewi kebaikan – tempat pelaksanaannya, ga jelas. Mungkin di Yunani kali ya kalo ngelihat namanya.

NOPEMBER
Tahun Baru Diwali atau Tahun Baru Hindu dirayakan untuk memperingati kembalinya Lord Rama setelah 14 tahun diasingkan dan kemenangan atas Rahwana. So .. apa bedanya dengan Tahun Baru Saka ya?

DESEMBER
Cape juga ya .. kalo setiap bulan ada New Year Celebrate. Ini yang terakhir yang dinamakan Tahun Baru Sikkimese atau Tahun Baru Petani. Dilangsungkan tiap tanggal 12 Desember. Dimana? .. mboh. Soalnya di majalah Trave ga dijelasin sih. Tapi .. ngapain juga ya .. wong tinggal 18 hari sudah mau tahun baru lagi. Cape deee.

About these ads