blok.jpg

upload_57.jpg Hampir 30% teman yang berkunjung ke weblog-ku mengakses tulisan rumah sesuai kemampuan dan rancang yang ada disini. Dan kebanyakan dari mereka juga mendapatkan alamat weblog-ku melalui search engine. Oleh karena itu, aku coba menulis satu artikel lagi tentang rumah. Mudah²an bisa membantu teman² yang sedang atau berencana membangun rumah terutama untuk rumah type kecil atau yang sesuai dengan budget yang ada.

Satu contoh rumah 90 meter persegi mungkin ada di perumahan De Oase yang terletak di daerah Tomang, Jakarta Barat. Menurut artikel yang ku baca dari majalah RDI Edisi Juli 2007, rumah tersebut cukup representatif. Bisa lihat layout-nya disudut kiri atas tulisan ini. Sayang, harganya tidak dicantumkan. Tapi minimal ide membuat rumah dilahan terbatas mungkin bisa membantu untuk merancang rumah idaman.

Untuk lahan terbatas, mau tidak mau rumah kudu bertingkat. Rumah rancangan De Oase itu dibuat tiga lantai, dimana lantai pertama digunakan sebagai area service untuk aktivitas rumah tangga seperti mencuci, memasak dan ruang depan bisa digunakan ruang tamu atau ruang kerja. Sedangkan lantai dua dapat digunakan untuk aktivitas keluarga seperti menonton televisi, menerima tamu keluarga dan lain sebagainya. Dan lantai tiga menjadi area pribadi yaitu kamar tidur kita.

Yang pasti .. kalo membangun rumah tiga lantai, kudu hati² soal konstruksinya juga diperhitungkan jika terjadi gempa .. bahkan tidak lama lagi akan dikeluarkan peta gempa untuk daerah² yang rawan bencana. Sehingga ketika kita akan membeli atau membangun rumah, faktor yang rawan bencana seperti banjir, gempa dan lainnya menjadi faktor yang patut kita perhitungkan. Jangan sampai investasi kita yang sudah menguras kantong akan musnah sia². Semoga impian memiliki rumah idaman tercapai. Amin.

blok.jpg

UPDATE!! 18 Desember 2008

Postingan ini sudah lama ga ku update, padahal jumlah pengunjung yang mengakses artikel ini selalu masuk dalam lima besar yang sering berkunjung ke blog ku.

Rumah idaman setiap individu pastilah berbeda. Tapi pada umumnya, setiap individu menginginkan rumah yang luas dan besar. Tentu hal tersebut tidak menjadi masalah, sepanjang tersedia lahan yang luas dan tentunya dana yang mencukupi.

Sehingga rumah idaman tidak akan kunjung terwujudkan apabila sumber daya yang ada — lahan, lokasi dan dana — tidak mendukung keinginan tersebut. Dan tentu hal ini menjadi seperti utopia.

Nah .. agar rumah idaman dapat kita wujudkan, mungkin kita harus lebih realistis. Yaitu definisi idaman tidak harus berupa rumah mewah, besar, megah, mahal, modern dan sebagainya tapi cukuplah pada definisi sehat, hijau, bersih, hemat energi dan tentunya bebas banjir.

rumah-panggung

Tapi, jaman sekarang .. sebagian besar daerah sudah tersentuh oleh banjir. Sehingga mungkin yang bisa kita siasati adalah menciptakan rumah yang tahan terhadap banjir. Minimal tidak menyusahkan kita, ketika banjir datang. Contohnya dengan membuat rumah panggung seperti rumah² di daerah Sumatera dan Kalimantan dengan gaya modern.

About these ads