kopdar2008.jpg Sori telat .. bukan telat datang ke kopdar. Tapi telat posting. Kalo soal datang ke kopdar sih, sejak jam 4 sore, aku sudah ‘mejeng’ di Red Pepper-nya Plaza Indonesia. Sekalian reserve tempat duduk buat Ratu Kopdar dan para hulubalangnya. Maklum, kalo menjelang jam bubaran kantor, foodcourt yang terletak di basement Plaza Indonesia, sering kali tidak menyisakan kursi kosong untuk rombongan sirkus blogger. Keterlambatan ku memposting-kan liputan dari Plaza Indonesia, pertama karena aku yakin cK pasti sudah duluan ‘mejeng’ di blogsphere. Kedua, kemaren aku pulang larut malam setelah menghadiri nonton bareng Reader’s Digest Indonesia di Blitzmegaplex. Dan ketiga .. acara hari ini berakhir sampai maghrib.

Pertama kali membicarakan rencana kopdar dengan sang Ratu, aku sarankan .. jangan terlalu rame dengan beberapa pertimbangan. Pertama, jika yang ngumpul lebih dari 10 orang, cenderung akan terbentuk kelompok2 diskusi kecil. Padahal tujuan dari kopdar kan ngobrol rame2. Kedua, sering kali yang datang lebih sedikit padahal sebelumnya sudah banyak yang bilang mau ikutan. Sehingga lebih baik, yang benar2 bisa hadir aja. Dan yang ketiga, biar bisa lebih dekat.

Jam 5 kurang beberapa menit, aku sudah melihat ratu kopdar dan para hulubalangnya bergerombol di depat Red Pepper. Karuan aja, sosok sang ratu kelihatan dari jauh. Ya iya lah, secara dia putri cewek sendirian dikelilingi para kurcaci blogger cowok. Segeralah kita akhirnya bergabung.

Kloter pertama tersebut terdiri dari cK, Caplang™, Praditya, Moerz dan Kang Rumah. Kang rumah ternyata sudah tiba di lokasi sejak jam 4 supaya bisa cuci mata dulu sebelum kopdar. Tapi karena ga punya contact number makanya ga ketahuan aroma beliau sudah ada di lokasi.

Tak lama kemudian .. tukangkopi datang, padahal kita belum mesan minuman loh. Dengan pedenya, dia langsung mendatangi tempat duduk kami untuk menanyakan pesanan kopi dan langsung ku kenal wajahnya. Karena beberapa saat yang lalu aku barusan cek blog-nya beliau.

Sejurus kemudian .. sang pendekar hukum advokat blogger datang. Benar2 bikin kaget. Selain wajahnya beda banget dengan avatarnya, dia juga datang dengan pengawalnya yang cantik. Sempat ragu. Tapi akhirnya beliau berhasil meyakinkan kami bahwa avatarnya itu adalah wajah Tan Malaka, tokoh idola bung Anggara.

Benar2 kopdar yang menyenangkan .. aku ga mengira, ternyata teman2 banyak menyempatkan waktunya untuk menyambut kedatangan ku di Jakarta kopdar. Eit .. tunggu dulu. Ternyata masih ada tiga blogger lainnya yang makin membuat suasana makin asik yaitu Ade, Mbelgedez dan ditutup oleh Mas Nino dan ternyata – pula – beberapa blogger yang hadir menyatakan bahwa kopdar sore itu adalah pengalaman pertama kopdar. Wah, benar2 kopdar yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Sore itu, aku hanya bisa bertahan sampai jam 7 .. karena mesti buru2 ke Blitzmegaplex, yang ternyata acara pokoknya baru dimulai jam 9. Dan menyesal sekali, ternyata teman2 bertahan di acara kopdar juga sampai jam 9 .. tapi gpp. Dua jam bagi ku sudah banyak manfaat yang dapat ku ambil dari kopdar tersebut. Topik yang kita bahas mulai dari software arsitektur hingga masalah perbatasan wilayah negara. Begitu juga soal makanan .. mulai dari siomay Bandung sampai ke Mie Aceh dan minumnya .. apalagi kalo bukan teh botol. *iklan banget*.

Thanks ya buat teman2 yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya buat kopdar dengan seleb Balikpapan aku. Semoga kalian sukses dan tetap semangat. Hidup blogger Indonesia.

About these ads