blok.jpg

Seorang teman, sering mengeluh sakit. Padahal dia sudah berusaha untuk menjaga kesehatan-nya. Seorang teman yang lainnya, jika sudah jatuh sakit, recovery-nya berlangsung sedikit lebih lama dari orang lain dengan penyakit yang sama. Boleh jadi — salah satunya — disebabkan karena kondisi kamar mereka yang kurang sehat. Kamarnya hanya berupa dinding masif dengan hanya satu pintu yang diatasnya diberi ventilasi udara selebar daun pintu. Sehingga dapat dipastikan aliran udara enggan mampir ke kamarnya, apalagi sinar matahari. Yang ada cuma cahaya lampu 25 watt saja. Udara pengap langsung menyergap setiap kali masuk ke kamarnya.

Jenis kamar seperti ini banyak sekali aku jumpai. Terutama kamar-kamar kost. Kondisi sirkulasi udara dapat membuat oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh menjadi tidak optimal sehingga badan menjadi cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Bagaimana cara mengatasinya?? .. ya, yang paling gampang sih, pindah kost aja. Cari kamar yang memiliki jendela atau sirkulasi udara-nya yang lebih baik.

Jika terpaksa harus tetap stay, mungkin yang bisa dilakukan adalah dengan menambah exhaust, mengganti dengan lampu hemat energi dan pintu kamar sedapat mungkin selalu dibuka. Disamping itu, kondisi kan kamar agar tidak terlalu lembab dengan sering menjemur kasur dan tidak menggantung pakaian di luar lemari. Apabila semuanya tidak mungkin dilakukan .. ya, pasrah menerima keadaan. Oya, kata teman saya, cara lain yang lebih ampuh adalah sering-sering keluar kamar aja :) jangan dikamar mulu.

Kemaren .. mbak Anna, telah membuat postingan desain untuk master room alias kamar utama. Jadi .. kalian bisa juga tanya-tanya mbak Anna untuk mendapatkan kamar yang sehat. Dan di rubrik tips Kompas, disarankan juga untuk membuat lubang berbentuk kotak yang ukurannya 20 x 20 di dinding bagian atas.

Jika rumah berdempetan dengan rumah tetangga atau berbentuk ruko, memang sangat sulit untuk mendapatkan kamar yang sehat. Yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan kamar saja agar tidak terlalu lembab dan sering di pel dengan karbol anti septik. Selamat menempati kamar yang sehat bro.

About these ads