Kenaikan gaji ternyata tak hanya dipengaruhi performa kerja semata. Menurut sebuah penelitian, tinggi badan ikut menentukan. Begitu juga soal jodoh. Masa’ sih?Penelitian unik ini digelar oleh London Guildhall University. Dikutip detikhot dari BBC, Jumat (17/11/2006)

Tinggi badan ternyata cukup mempengaruhi penghasilan seseorang. Tak hanya itu saja, pria yang pendek, kurang menarik, atau wanita gemuk ternyata berpenghasilan lebih rendah ketimbang orang dengan proporsi tubuh sebaliknya.

Ksimpulan ini diambil setelah para peneliti mengumpulkan data dari National Child Development. peneliti mengambil data dari 17.733 orang yang lahir tahun 1958. Seluruh sampel tersebut kemudian diikuti perkembangannya dan diwawancara pada tahun 1991. Mereka juga dinilai oleh guru sekolah mereka pada usia 7 dan 11 tahun.

Hasilnya, kira-kira seperti ini:
1. Pria yang kurang menarik secara fisik berpenghasilan 15% lebih rendah.
2. Wanita yang kurang menarik secara fisik 11% lebih rendah.
3. Pria berbadan tinggi berpenghasilan 5% lebih tinggi dari pria bertinggi rata-rata dan 10% lebih dari pria pendek.
4. Wanita bertubuh gemuk berpenghasilan 5% lebih rendah.
5. Pria bertubuh gemuk berpenghasilan sama dengan pria bertubuh kurus.

Begitu juga dengan profesi sekretaris. Sekretaris yang seksi dan cantik, terbukti berpenghasilan lebih tinggi 15% dari mereka yang berpenampilan biasa-biasa aja atau kurang menarik.

Ternyata, tak hanya soal penghasilan. Cepat atau lambatnya seseorang menikah juga dipengaruhi oleh faktor tinggi badan. Studi soal ini dilakukan pada 11 ribu orang dengan usia 33 tahun. Pada usia 33 tahun, wanita bertubuh tinggi semampai dan pria bertubuh pendek lebih banyak yang belum menikah.

Soal berat badan ternyata efeknya berbeda pada masing-masing jenis kelamin. Wanita bertubuh gemuk lebih banyak yang belum menikah. Sedangkan. pada pria, bobot tubuh tidak terlalu berpengaruh. “Efek penampilan benar-benar berpengaruh secara umum. Penampilan seseorang bisa menimbulkan kesan yang menghasilkan efek tertentu,” ujar juru bicara penelitian ini.

(Puteri Fatia – detikhot 17/11/2006 17:10 WIB)

Iklan