microsoft3.jpg Hadiah laptop gratis yang diberikan Microsoft kepada para blogger populer mengundang berbagai kontroversi. Untuk diketahui saja, Microsoft dan produsen chip Advance Micro Devices (AMD) baru-baru ini telah mengirimkan laptop bermerek Acer Ferrari kepada 90 blogger dan berharap para penerimanya menjadikan sistem operasi Windows Vista sebagai aset pekerjaan mereka.

Para penerima laptop tersebut bervariasi, mulai dari penulis berita teknologi di blog hingga orang-orang yang berkecimpung di bidang fotografi atau video. Demikian dikutip detikINET dari AFP, Rabu (03/01/2007).

Hadiah yang diberikan sehari setelah Natal tersebut mengundang perdebatan tentang kode etik penulis blog dan motif dibalik pemberian Microsoft tersebut.

Blog Amit Argawal mendata 15 penerima laptop dan apa saja yang mereka lakukan atas barang tersebut. Jawabannya bervariasi, mulai dari tetap menerimanya hingga melelangnya dan memberikan uang hasil lelang tersebut ke badan amal.

Salah seorang penerimanya, Scott Beale, menulis di blog-nya bahwa ia tak mengerti mengapa ia terpilih menjadi penerima laptop. Laptop tersebut lalu ia lelang di situs eBay dan memberikan uangnya ke Electronics Frontier Foundation, lembaga non-profit seputar hak-hak di Internet. Sementara Argawal berencana tetap memakai laptop pemberian tersebut.

Terkait pemberian laptop itu, Microsoft angkat bicara. Menurut raksasa software asal Redmond itu, pihaknya membagi-bagi laptop sebagai bagian dari rutinitas mereka untuk para penulis software dan hardware. Laptop tersebut berlabel “no string attached” dan tidak ada perjanjian pada penerima untuk selalu menulis tentang Vista.

“Microsoft memahami kekuatan blogger dan kesibukan mereka sehingga melewatkan rilis Vista. Tujuan kami hanyalah agar mereka ikut merasakan produk kami dan mereka bebas memilih apa yang akan mereka kerjakan,” ujar Microsoft. (dwn/dwn)

(Dikutip dari detiknet.com edisi 03-01-2007)

Iklan