Saya sedih .. membaca blog teman2 yang dihujat karena tulisan2 mereka yang ‘ga seperti biasanya’. Kenapa kita harus saling menyalahkan? padahal ada pendapat bahwa kebenaran itu hanya MILIK ALLAH. Manusia itu cuma keliru semata. So, kalau memang sudah yakin dengan pendapat tersebut, mengapa juga mesti merasa paling benar?

Contoh lainnya, ada juga pendapat bahwa rejeki, jodoh, maut itu ditangan Allah – maksudnya mungkin ditentukan Allah kali ya – nah, sering kali kita cemburu, iri, dengki ketika kita melihat atau mengetahui orang lain rejekinya melimpah, trus dapat pacar yang cantik dan bahenol dan sebagainya. Loh, kalo memang kita percaya bahwa itu semua ditentukan oleh Allah, mestinya kita mensyukuri.

Saya sedih .. saya tidak bisa apa-apa. Saya cuma bisa istighfar. Semoga saya diberi penerang hati agar dapat selalu menerima perbedaan. Karena dengan perbedaan saya bisa melihat lebih jernih. Coba bayangkan kalau dunia ini hanya ada hitam dan putih. Ada pendapat benar dan salah .. saya berharap, teman2 tetap menulis apa adanya. Yang penting, kita sama2 menghormati pendapat orang lain tanpa harus menyakiti dan menghujat.

Semoga Allah memberikan rahmat-Nya atas perbedaan tersebut. Semoga blog mendatangkan manfaat untuk menebal keimanan. Berdiskusi terus. Tanpa harus ada yang mengundurkan diri karena merasa diancam. Semoga kita semua dapat menahan diri. Amien.

