wushu.JPG Sambil “duduk di closet” – seperti biasa – aku menghabiskan waktu sambil membaca – kebiasaan sejak kecil – majalah edisi terbaru. Ada satu kalimat yang mengusik kenanganku “… saya merasakan pengaruh ucapan ‘apa kabar’ dan kata ‘jaga diri baik-baik’ lewat telepon atau SMS. Kata-kata sederhana itu membuat saya bisa melewati hari-hari latihan berat …” ketika teringat dengan aksi kirim SMS ku ke teman-teman dua tahun yang lalu dan hasilnya aku merasakan hal yang sama dengan apa yang dikatakan Susyana Tjhan itu, atlit wushu Indonesia. Betapa kata-kata sederhana justru mampu membuat kita bersemangat dibandingkan dengan nasehat yang bertele-tele.

Aku merasakan hal itu hingga detik ini, karena dua minggu belakangan ini – entah kenapa – teman2 lama ku menghubungi baik melalui telepon, SMS, email maupun message. Baik teman yang sudah 10 tahun, sekali lagi sepuluh tahun, tidak pernah kontak hingga teman yang tiap hari ketemu.

Dan apa yang dikatakan mereka? .. just say hello. Cuma menanyakan ‘apa kabar’ dan ditutupi kalimat ‘take care’ atau ‘jaga diri baik2 ya’ .. simple, tapi mampu membuat aku bersemangat menjalani hidup ini. Ternyata, kata sederhana mempunyai daya ledak yang luar biasa untuk memacu semangat.

Aku jadi teringat – lagi – pada temanku yang mengeluh karena dia merasa sepi, merasa ga pernah ada yang menyapa dirinya dan ga pernah ada yang kirim SMS atau message lagi kepada nya. Ketika ku tanya ‘apakah dirimu tidak mempunyai teman?’ .. dia bilang, banyak. Tapi teman2nya seperti melupakan dirinya. Aku kemudian menyemangati dan memberikan trik yang pernah ku lakukan itu.

Kesimpulannya, jangan pernah menunggu orang menyapa kita terlebih dahulu. Kalau kita sempat – dan tentu ada pulsa kalau pake HP hehehe – kita dulu yang menyapa. Dan kemudian, hidup kita akan cerah secerah matahari pagi. Hidup jadi semangat lagi. Dan salah satu bank termuka di Indonesia, tahun 2007 dicanangkan sebagai tahun menyapa .. tuh kan, karena menyapa itu dengan kata2 yang sederhana diyakini mempunyai daya ledak yang oke daripada bom teroris hehehe – kalo yang ini just kidding, jangan dibahas.

Iklan