102stpdn.jpg Kembali terjadi, seorang praja – siswa – IPDN tewas. Inilah potret bangsa yang ‘malas belajar’ dari pengalaman masa silam. Seperti menderita amnesia. Mudah melupakan masa silam. Apakah bangsaku adalah bangsa yang menderita amnesia? I don’t know. Aku kagum dengan bangsa Jepang, yang selalu mengingat terus menerus penderitaan mereka akibat di bom oleh Amerika pada masa perang dunia II. Atau bangsa2 lain yang langsung melakukan perubahaan mendasar bagi bangsanya. Seperti Malaysia, Singapura, yang dulu bergetar dengan slogan “Ganyang Malaysia” tapi sekarang, mereka lebih dahsyat dari bangsa ini.

Kita juga ‘lupa’, bagaimana cara Belanda menjajah kita sampai 350 tahun yang dimulai dari perdagangan rempah2 oleh VOC. Bagaimana bisa, orang yang datang berdagang ke negeri ini, kemudian bisa menguasai negeri ini begitu lama? dan lagi2 .. kita amnesia. Atas nama globalisasi dan menarik investor, kita membuka lebar2 ‘tetangga’ kita untuk jadi tuan rumah di rumah kita. But it’s oke, yang penting makmur .. mungkin itu yang ada dalam benak kita.

Jadi ingat slogan Soekarno tentang Jasmerah – jangan sekali2 melupakan sejarah – yang bukan berarti kita harus menghafal pelajaran sejarah – wong di Amerika saja, ketika dilakukan survey kecil2an dan ditanya siapa presiden Amerika yang kesekian, pada ga bisa jawab – tapi bagaimana belajar dari pengalaman agar tidak terulang dimasa depan. Atau jangan2 bangsa ini hanya punya memori short term aja? “Mikirin hari ini aja susah .. soal besok, ya urusan besok lah” … hmmm *sambil menghela napas panjang*

Iklan