110170514_120.jpg TIME edisi 14 Mei 2007 baru tiba ditanganku. Tumben. Biasanya ku terima pas tanggal edisinya bahkan tak jarang telat 1 minggu dari tanggal edisi. Padahal, cap pos yang tercetak di sampul depan itu seminggu sebelum tanggal edisi. Hmm, lama betul ya? Padahal 10 tahun, 20 tahun lalu ketika aku masih bermukim di Kalimantan, datangnya kiriman pos malah bisa lebih cepat. Aneh. Ketika di Jawa malah lebih telat. Ada apa dengan Pos? .. posting ini ga bermaksud ngebahas Pos tapi mau ngebahas tentang hal yang mempengaruhi kehidupan kita seperti headline TIME tentang The Most Influential Peopel in The World.

Mengapa mereka terpilih jadi orang2 yang berpengaruh di dunia. Mengapa tidak ada bangsaku dalam daftar tersebut? sedangkan orang Asia lainnya ada. Mulai dari Arab Saudi sampai China? Bush aja ga masuk dalam daftar. Bisa ga, aku jadi orang berpengaruh? atau anda kali? ya .. ya .. mengapa aku hanya bisa jadi penonton? atau anda juga?

Jangan kecil hati sobat. Ku pikir, hal yang terbesar yang paling berpengaruh untuk kita lakukan adalah menjadi teladan buat anak2 kita (untuk yang sudah berkeluarga) agar anak2 kita tumbuh menjadi orang yang penyabar, orang yang tidak sombong, orang yang dapat membedakan mana yang baik dan buruk, orang yang dapat menerima perbedaan, orang yang tidak mementingkan diri sendiri, orang yang berbhakti .. nah, kalo yang belum berkeluarga? gampang .. itu kita terapkan pada diri kita .. ntar kalo sudah punya anak, ga perlu repot2 mengajarkan karena mereka sudah melihat kita melakukan hal itu.

Insya Allah .. ga perlu masuk majalah TIME. Tapi kita telah melahirkan dan membesarkan satu anak manusia unggulan. Yang dapat memelihara alamnya, yang dapat menjaga keluarganya, yang dapat berhubungan dengan masyarakat secara baik, yang mengerti akan kebesaran Allah dan yang tahu bahwa kehadiran dia didunia ini hanya sementara saja.

Iklan