flower.jpg Setelah dua belas hari enggak online .. aku dikejutkan dengan kabar kalau wadehel mengundurkan diri dari dunia tulis menulis di Word Press. Ada apa gerangan dengan Teguh? apa sedang menyelesaikan skripsinya yang sudah dibatas waktu atau karena sesuatu telah terjadi pada mata bathinnya? atau karena Teguh terlalu berani berkata2sehingga banyak orang yang tidak – terlalu – suka atau kurang sreg dengan isi blognya tersebut? .. aku tak tahu pasti. Karena Teguh, langsung kabur setelah meninggalkan pesan terakhirnya dengan wanti2 apapun komentar orang di blog-nya tersebut tidak akan dibacanya lagi.

Terlepas dari isi tulisan beliau – yang kerap mengundang kontroversi – bagiku dia adalah orang pertama yang meletakkan kata di blog ku ini. Aku memang bukan salah satu ‘pengikutnya’ tapi juga bukan salah satu ‘penentangnya’ .. bagiku Teguh ada salah satu ciptaan Allah. Dan aku percaya – apapun ciptaan Allah – pasti ada manfaatnya. Karena Allah tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia .. walau itu membawa petaka dalam hidup manusia.

Aku termasuk orang yang percaya, bahwa apa yang ada di muka bumi ini pada akhirnya akan binasa. Ada kelahiran ada kematian. Seperti kata pepatah .. “Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading” .. kalau manusia mati? dapat meninggalkan apa saja. Mulai nama, harta hingga masalah 🙂 Sehingga, ketika nyawa masih bersenggama dengan tubuh, ketika masih banyak waktu untuk berbuat baik, mengapa tidak kita lakukan. Agar ketika kita tiada, yang dikenang adalah kebaikan. Mungkin sebagian dari kita lebih senang dikenang dengan kejahatannya. Tidak mengapa .. bukankah hidup itu pilihan. Dan Allah memang telah menciptakan-Nya. Jika tidak ada Firaun .. mungkin kita tidak bisa belajar tentang kezaliman.

Begitu juga dengan keputusan sahabatku .. Teguh, untuk mengakhiri semua kata2nya. Dan aku percaya, walau Wadehel tiada, tapi tulisannya akan tetap dikenang. Walau nanti blog-nya di delete, para ‘pengikutnya’ sudah pasti punya copy tulisannya. Karena Teguh telah meninggalkan banyak kata untuk dikenang dan disimpan secara digital. Teguh boleh tiada, tapi tulisannya akan tetap hidup.

Selamat jalan sobat. Terima kasih telah menjadi yang pertamax meletakkan kata di blog ku ini. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Iklan