cartoon_48.gif Cuti seminggu, membuat ku mempunyai waktu dipagi hari untuk berleha2 sambil melihat acara2 di televisi. Hmm, rasanya sudah lamaaa banget aku ndak pernah nonton TV dipagi hari. Satu demi satu acara ku nikmati, mulai dari Discovery Channel sampai MTV. Pas jam 10.00 channel ku pindah kan ke MetroTV yang sedang menayangkan Oprah Winfrey Show. Kali ini yang dibahas adalah tentang bahasa bayi. Ternyata .. bayi yang baru lahir hingga berusia antara 3-4 bulan memiliki bahasa bayi yang sama diseluruh dunia. Tidak peduli ras, sex dan kebangsaannya. Apakah Indonesia, Amerika, Jepang .. para bayi itu memiliki bahasa yang sama.

Bahasa bayi, secara tak sengaja ditemukan oleh Priscilla Dunstan yang sejak kecil sudah memiliki bakat unik, yaitu dapat mengingat segala macam suara atau yang dikenal dengan istilah sound photograph. Ketika Priscilla memiliki bayi, dia baru menyadari bahwa ternyata bayi juga berusaha untuk berkomunikasi dengan ibunya. Akhirnya dapat diidentifikasi bahasa bayi setelah seribu bayi diteliti.

Ada lima kata yang dikenal oleh bahasa bayi untuk berkomunikasi dengan orang dewasa yaitu :

NEH (Hungry)
Kata ini agak2 mirip dengan Heh dan Eh .. jadi mesti hati2 mendengarkannya. Jika kita tidak meresponnya dengan baik, maka bayi akan menangis lebih keras.

OWH (Sleepy)
Mungkin kata ini lebih mudah dimengerti karena diucapkan oleh sang bayi dengan bentuk mulut bundar atau O .. jadi kita lebih paham kalau bayinya sedang ngantuk.

HEH (Discomfort)
Bayi mengucapkan kata ini pasti dengan mimik yang berbeda dengan Neh .. jika kita memahami kata ini, maka buru2 buat sang bayi menjadi nyaman. Kalo ga .. bakal nangis kenceng2.

EIR (Lower gas)
Suaranya mirip orang menggumam atau grrrhhh .. gitu deh. Yang pasti kalau sang bayi sudah mengucapkan kata ini, buru2 deh posisinya diperbaiki.

EH (Burp)
Biasanya diucapkan kalau selesai mimik atau malah sedang kosong jadi masuk angin hehehe .. oya, untuk memahami bahasa bayi ini .. bisa lihat di DVD Bahasa Bayi karangan Priscilla Dunstan. Ga tau ya apa juga dijual di Indonesia.

Iklan