indonesianflag.gif Terinspirasi dari kutipan komentar rakyat Indonesia di harian Kompas hari ini, aku kemudian mengirim SMS ke teman2 dekat ku di seluruh Indonesia. Aku bertanya pada mereka dengan pertanyaan yang sama yaitu “Apa yang membuat mu bangga menjadi bangsa Indonesia?” .. dan reaksinya pun beragam. Ini sebagian yang ku muat disini karena sebagian lagi belum dijawab. Mungkin karena belum isi pulsa atau HP-nya sedang off jadi SMS dari ku belum diterima. Well berikut kata teman2ku mengapa mereka

Bebas menyeberang jalan dimana saja!!! karena – almost – di beberapa tempat di kota2 – selain Jakarta – jembatan penyeberangan hanya sebagai saran pasang reklame doank!!” Ade S (0818-xx-xxxx) Bogor

“Bangga karena bangsa kita rakyatnya masih penuh toleransi terhadap sesama (in positive and negative way) 🙂 dan punya pulau Bali, tentunya,” Mas Dhanny (0817-xxx-xxxx) Jakarta

“Kita mempunyai kemampuan bertahan hidup yang luar biasa diantara ancaman teroris, virus, dis-integrasi, bencana dan kriminal .. hehehe,” Budi V (022-xxxx-xxxx) Bandung

“Bangsa Indonesia menjadi dewasa karena dari pengalaman2 yang dulu menjadi hal yang berharga agar menjadi tolok ukur supaya jangan lagi terjadi. Nah, jadi kita harus bangga melewati hal2 / peristiwa yang menjadi pengalaman diberi Tuhan. Semoga kedepan bangsa Indonesia lebih baik lagi,” Alex (0813-xxxx-xxxx) Palangkaraya

“Kalau aku sih bangga karena ada Lumpur Lapindo dan nanti ada Calon Independen hahaha :D” Eka PS (0819-xxx-xxx) Pontianak

“Karena Indonesia kaya akan segalanya, kaya alam darat dan laut, bahan tambang, flora fauna, budaya, etnis, agama, bahasa, warna kulit, bangsa yang ramah, negara kepulauan terbesar di dunia. Dan menurut saya, Indonesia adalah atlantis yang telah ditemukan. Bodoh sekali orang yang tidak bangga menjadi orang Indonesia,” Mudi P (0813-xxxx-xxxx) Pekanbaru

“Cos ga ada negara yang terdiri dari ribuan pulau, macam2 budaya kecuali Indonesia. Ga ada negara yang tahan di jajah lebih dari satu abad dengan modal bambu runcing. Ga ada negara yang punya stock tenaga kerja sebanyak Indonesia 😀 .. yang pasti I Luv Indonesia,” Tia (0856-xxxx-xxxx) Jatinangor

“Selain wisata yang cukup bagus dan potensial, ga ada lagi yang bisa ku banggain. Orang yang ga lagi ramah, aset di dominasi asing, negara ga aman lagi, dll. Itu pendapatku ok. Gudlak” Irwan K (0818-xxxx-xxxx) Gorontalo

“Aku bangga bukan pada Republik Indonesia tapi bangga sebagai orang Indonesia yang multi kultur sehingga memiliki bahasa hati yang mempersatukan kita. Sepanjang budaya Indonesia tetap dipertahankan, aku bangga jadi orang Indonesia,” Shanta C (0819-xxxx-xxxx) Jember

“Yang membuat saya bangga dengan bangsa Indonesia adalah kita bisa hidup rukun dengan beragam macam budaya, bahasa, suku yang kita miliki dan kita bisa menghargai itu semua walaupun ada oknum2 tertentu yang belum bisa menghargai itu. Dan juga keragaman itu sangat unik. Alhamdulillah kita masih bisa menjaga keragaman itu. Mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf .. kaya’ pidato aja !!!” Erwin Y (0856-xxxx-xxx) Depok

“Yang membuat aku bangga: nilai luhur bangsa, norma, tradisi, adat dan budaya,” Manino R (0813-xxxx-xxxx) Kudus

“Yang membuat saya bangga: keragaman dan keunikan,” Dwi B (0811-xxx-xxxx) Duri – Riau

“Indonesia sangat luas dan indah, kaya sumber daya alam, banyak orang pintar dan punya pulau Bali .. itu yang membuat saya bangga,” Adityo N (0811-xx-xxxx) Jakarta

“Saya bangga karena alam Indonesia kaya dan keindahan serta keanekaragaman flora dan faunanya,” Anas F (0813-xxxx-xxxx) Surabaya

“Bangga dengan keragaman budaya, bahasa, suku dan agama. Bangga dengan ketahanan dalam menghadapi persoalan yang menimpa bangsa (bencana, krisis ekonomi dll) walaupun belum bisa direcovery dengan baik tapi tidak menimbulkan gejolak sosial dan ekonomi, bangga masih ada orang Indonesia yang berprestasi di ajang Internasional (Olimpiade fisika, matematika, biologi dll) walaupun kondisi negara dalam keadaan kurang baik secara ekonomi,” Daulat N (0816-xxx-xxxx) Medan

“Yang membanggakan sebagai warga bangsa adalah memiliki bahasa sendiri tidak seperti Amerika dan memiliki tanah air tidak seperti Palestina. Dan presidennya tidak outsourcing seperti Peru,” Agung G (0812-xxx-xxxx) Denpasar

“Saye bangge jadi bangsa Indonesia karena bise jadi pegawai negeri, bise makan tidok aman. Tak masok kerje pon gaji ndak dipotong,” Adi M (0811-xx-xxxx) Ketapang

“Yang simple aja, saya bangga karena Indonesia banyak mempunyai kepulauan, suku, agama, adat istiadat dan yang sangat penting adalah hasil buminya,” Hariyadi (0542-xxx-xxxx) Balikpapan

Wow .. terima kasih semuanya .. aku bangga dengan kalian semua. Sahabat2 ku dari seluruh Indonesia. Tanpa kalian .. aku bukanlah apa2.

