Alexander Kuzmin Penyakit malas – tampaknya – bukan hanya menyerang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia saja. Rusia yang dikenal sebagai negara industri maju di Eropa pun masih pusing mengatasi PNS malas yang gemar beralasan. Namun, kini Wali Kota Megion Alexander Kuzmin punya solusi jitu untuk mengenyahkan fenomena malas tersebut. Mau tahu jurus apa yang akan diterapkan oleh sang Wali Kota tersebut? .. yang siapa tahu bisa jadi ide buat diterapkan di Indonesia.

Sabtu lalu, 1 September 2007, Kuzmin mempublikasikan daftar alasan yang tidak boleh digunakan (diucapkan) di kantor selama jam kerja. Alasan terlarang versi pemimpin Megion itu ada 27 poin antara lain :
– Saya tidak tahu,
– Maaf, sekarang waktu (istirahat) makan siang,
– Jam kerja sudah habis,
– Itu bukan tanggung-jawab saya,
– Tidak ada yang memberitahukan hal itu kepada saya

Jika alasan2 itu didengar Kuzmin saat jam kerja, karir PNS yang mengucapkan dipastikan segera berakhir. “Apalagi alasan2 itu disampaikan pegawai pemerintah kota kepada atasan mereka. PNS bersangkutan sudah sepantasnya diberhentikan,” tandas orang nomor satu di kota industri minyak dan gas alam yang berada di tepi Sungai Ob tersebut, dalam pernyataannya.

Kuzmin menyatakan harus menerbitkan daftar larangan tersebut karena kinerja PNS di wilayahnya mulai mengkhawatirkan. Melalui aturan baru tersebut, dia mengharapkan layanan terhadap publik bisa lebih meningkatkan dan tidak ada lagi PNS yang menganggur selama jam kerja. (afp/bbc/hep) Jawa Pos 03.09.2007 hal.6

Iklan