courtesy appetitejourney Hari pertama puasa. Alhamdulillah, sahurnya tepat waktu. Ga terlalu dini, ga terlalu telat. Pas. Usai sholat subuh, tidur lagi hehehe .. jam 07:15 WIB baru berangkat ke kantor. Ya iya lah, kan jarak rumah – sekarang – ke kantor cuma 700 meter aja. Jadi .. tiba dikantor belum jam 07:30 WIB. Beberapa teman sudah menampakan dirinya di kantor. Tumben. Secara, jalanan masih lengang. Toko2 masih banyak yang belum buka. Beda dari hari kemaren .. jam segitu, orang2 sudah hilir mudik. Sibuk kabeh.

Di atas meja kerja ku .. gelas air putih yang biasanya nangkring, kali ini sudah tidak ada lagi. Kebiasaan setiap pagi. Kalau sampai di kantor, aku langsung minum air putih. Kemudian aku melihat sepucuk surat. Ah .. surat undangan, rupanya. Langsung ku baca .. ternyata undangan buka puasa bersama sekaligus tarawih berjama’ah .. syukurnya buat besok, karena hari pertama puasa – biasanya – aku khusus kan berbuka puasa dengan keluarga.

Bagaimana dengan hari ketiga dan selanjutnya? Kalau kamu .. dimana? Kalau saya .. ga ada rencana khusus. Biasanya tergantung kerjaan .. kalau pas sedang ada tugas keluar kota hingga malam, ya sering berbuka puasa di jalan atau di masjid yang kebetulan dilewati. Tapi kalau sedang pelatihan atau meeting .. ya berbuka puasanya di mess kantor atau di hotel. Tergantung akomodasi yang disediakan.

Seminggu sekali – biasanya – buka puasa bareng teman2 kantor bersamaan dengan tarawih berjama’ah. Sekali dua, saya mengundang sahabat atau saudara untuk buka puasa di rumah. Selebihnya .. buka puasa di rumah bareng keluarga. Dan ritual yang aku lakukan ketika berbuka, minum segelas air putih dan beberapa biji kurma. Jika masih “cukup tempat” .. baru aku minum minuman lainnya dengan satu dua wadai (bahasa banjar untuk menyebut kue2 basah) setelah itu sholat maghrib berjama’ah.

Makan malam baru ku lakukan usai sholat maghrib. Dimana kondisi perut sudah siap untuk diisi. Beberapa sahabat – kalau kebetulan berbuka di rumah ku – selalu aku katakan kalau berbuka tidak langsung menyantap hidangan utama. Maklum, ada beberapa orang yang punya kebiasaan kalau berbuka langsung makan nasi. Bagaimana dengan kamu?

Iklan