Lebaran sebentar lagi
Tak ada miskin tak ada kaya
Semua sama di depan Tuhan
Yang berbeda Cuma amalnya
Semua ingin Lailatul Qadar
Semoga kita mendapatkannya

Begitu .. sepenggal lagu karya abadi BIMBO yang masih sangat relevan hingga saat ini. Ya iya lah, secara tinggal seminggu lagi lebaran tiba. Masalahnya adalah .. apakah lebaran itu tanggal 12 Oktober atau 13 Oktober? Tentunya, semua kembali pada keyakinan kita masing2 individu. Tapi yang pasti, lebaran itu jatuh pada tanggal 1 Syawal 1428 H.

syawal_visib.jpg Perbedaan pelaksanaan lebaran kali ini tidak saja terjadi pada saat ini. Tapi sudah pernah terjadi beberapa kali pada tahun2 yang silam. Perbedaan tersebut disikapi dengan kata2 bijak : “Perbedaan itu indah” .. “Perbedaan itu rahmat” .. dlsbnya. Jika membaca tulisan Pak Dhe yang membahas dari berbagai segi, dan melihat citra rukyatulhilal seperti gambar disamping ini, menggelitik pikiran saya untuk berpendapat : “Mengapa tidak ditetapkan saja, untuk Indonesia Bagian Barat (Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Selatan dan Nusa Tenggara ) lebaran pada tanggal 12 Oktober 2007 sedangkan Indonesia Bagian Timur (Kalimantan bagian Utara, Sulawesi bagian Utara, Maluku dan Papua) berlebaran tanggal 13 Oktober 2007. Sehingga tidak dijumpai dalam satu kota ada perbedaan.” Tapi – setelah saya pikir2 lagi – ide ini terlalu mengada2 dan mungkin banyak yang ga setuju. Lebih baik serahkan kepada yang ahlinya.

Sedangkan hal yang sama setiap menjelang lebaran, adalah : orang2 sudah pada sibuk berbelanja untuk membikin kue lebaran, mempersiapkan ketupat lebaran, mengirimkan kartu lebaran kepada sanak saudara dan handai taulan atau sedang siap2 buat mudik lebaran dan bahkan sudah punya rencana berwisata ke Dufan karena cuti bersama , waktunya diperpanjang oleh pemerintah.

Kemeriahan semua itu semoga tidak mengurangi arti perjuangan sebulan penuh berpuasa semata2 mengharapkan ridho Allah.

MINAL AIDIN WAL FA’IZIN

Iklan