.. dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu dari permulaan .. (QS 93 : 5)


kalig-bw052.jpg Matahari barusan memancarkan sinarnya menerangi bumi, sepenggelan naik .. yang semalaman diselimuti pekat, apabila telah sunyi .. Tak terasa, perjalanan ramadan kali ini telah hampir sampai ditapal batas. Ada rasa kehilangan yang teramat sangat. Tak dapat ku lukiskan dengan kata2 untuk menggambar kan rasa kesedihan ini. Walaupun ku tahu, Dia tidak meninggalkan ku dan tiada (pula) benci pada ku.

Aku tak tahu. Apakah ini ramadan ku yang terakhir kali. Jika ini ramadan ku yang terakhir .. bukankah akhir itu lebih baik dari permulaan. Seperti hari ini .. hari terakhir kantor ku buka karena besok hingga tanggal 21 Oktober libur panjang. Seperti hari ini .. berarti hari terakhir aku berkantor di Madiun karena pada tanggal 22 Oktober aku harus sudah berkantor di Balikpapan. Yang pasti, Dia mendapati ku seperti orang bingung dan Dia memberi ku petunjuk. Dia mendapati ku seperti orang yang kekurangan lalu Dia memberiku kecukupan.

Akhir itu lebih baik dari permulaan .. hanya Dia lah yang tahu, yang terbaik untuk ku. Karena apapun di dunia ini akan berakhir. Kembali ketitik nadir. Sepi dan hening … Subhanallah

Iklan