outofbox.jpg Sebelum memasuki tahun 2008, banyak teman2 blogger yang membuat resolusi. Tapi ada juga yang tidak membuat resolusi. Apapun .. intinya adalah ada keinginan untuk berubah menjadi lebih baik di tahun 2008. Keinginan2 tersebut sah2 saja. Karena perubahan dapat dilakukan kapan saja .. ada yang mengambil momentum pergantian tahun, ada yang berdasarkan shock moment, ada juga karena ‘terpaksa’ dan lain sebagainya. Hanya saja .. sering kali perubahan itu sulit serta merta diwujudkan. Bahkan .. ada yang kembali ke habit yang semula setelah sempat berubah. Apa yang menyebabkan, resolusi tidak terwujudkan dan hanya tinggal kata2 diatas kertas atau tertulis di blog saja??

Menurut ku .. semua itu disebabkan karena keinginan berubah tidak diikuti dengan perubahan paradigma. Kita menuliskan resolusi atau mempunyai niat untuk berubah – biasanya – karena kita merasa apa yang kita jalani saat ini, ada yang kurang ‘beres’ sehingga kita ingin memperbaikinya. Sayangnya .. keinginan tersebut – sering kali – banyak tantangan dan berat. Dan ujung2nya .. gagal untuk mewujudkan resolusi. Kegagalan tersebut dapat terjadi .. antara lain karena kita masih terbelenggu dengan kebiasaan yang lama atau paradigma yang lama.

Oleh karena itu – empat hari belakangan ini – aku memposting hal2 yang berkaitan dengan perubahan paradigma. Bagaimana menurut teman2??

Iklan