Sudah lebih satu tahun aku terdampar di WordPress. Satu hal yang membuat WP berbeda dengan domain sejenis lainnya adalah tersedianya informasi tentang postingan atau blog terpopuler saat ini alias Blog Of The Day (BOTD). Hal ini – yang menurut pengamatan ku – menjadi daya tarik tersendiri bagi para blogger yang menggunakan WordPress. Terbukti dari banyaknya postingan yang berisi kiat dan trik agar masuk dalam BOTD. Dan banyaknya postingan dengan nada bangga, menyatakan bahwa blog-nya sudah menembus BOTD. Baik itu berasal dari seleb blog maupun blogger pemula. Sama2 merasa senang jika blog-nya dapat masuk BOTD lebih2 bisa masuk ke 7 besar atau 4 besar yang artinya langsung terpampang di dasbor semua blogger. Apa ga bangga tuh.

Fenomena ini menarik untuk aku tulis kali ini. Bukan karena ingin mencari sensasi. Tapi justru karena keprihatinan ku atas gejala ini .. sehingga sampai ada blogger yang minta maaf karena sudah menipu pengunjung blog-nya karena ingin mendapatkan trafik terbanyak bahkan sampai ada blogger yang merasa telah terjerat oleh keinginannya untuk tetap eksis sehingga mengalahkan segala2nya.

Setelah aku amati, blogsphere ternyata hampir mirip dengan atmosphere. Banyak keinginan manusia untuk menjadi kaya, terkenal dan hebat. Siapa yang ga ingin blog-nya menjadi kaya kunjungan. Terkenal selayaknya seleb blog?? dan hebat seperti pejabat??

Apakah salah untuk mencapai cita2 tersebut. Rasa2nya tidak. Hanya saja – seperti halnya di atmosphere – keinginan kaya dan terkenal, sering kali membuat orang buta hatinya. Sehingga segala cara dihalalkan. Ga penting proses mencapai kekayaan dan ketenaran – benar atau tidak. Ga penting postingan yang terkandung didalam ‘kekayaan” tersebut – halal atau tidak. Yang penting kaya, terkenal dan hebat.

Sampai berapa lama blog-nya bisa bertahan terus di dalam BOTD?? jika menulis / postingan hanya untuk mengejar trafik?? .. karena BOTD di update terus menerus oleh Matt.

Sampai seberapa jauh blog-nya bisa kuat bertahan di dalam list BOTD?? jika menulis / postingan sebanyak2nya tanpa peduli isinya?? .. karena BOTD di revisi terus menerus oleh Matt.

Pada akhirnya semua tiada. Datang dan pergi. Naik dan turun. Pada akhirnya semua mati. Yang kemarin menjadi Top Blog, sekarang tenggelam. Karena pada akhirnya semua ada batasnya. Yang tinggal hanyalah amal – postingan bernilai .. Wajar kalau kemudian ada blogger yang sudah merasa ketakutan jika nanti ketemu dengan malaikat kemudian akan ditanya soal blognya ..

Padahal aku tahu sipemilik blog benar2 menulis yang apik .. isi blog-nya jauh dari mencari sensasi malah mencerahkan, jauh dari mengejar trafik malah dikejar trafik, jauh dari keinginan menjadi seleb blog malah disegani. Blogger sehebat dia saja bisa takut. Apakah blogger2 yang hanya mengejar trafik dan ketenaran tidak takut akan ditanya oleh Malaikat??

Tapi .. semua kembali pada blogger sekalian. Mau apa sebenarnya. Aku cuma prihatin. Justru blogger2 bermutu .. sekarang banyak yang hiatus. Sedih sekali. Blogsphere sepertinya terkena dampak Global Warming. Menjadi panas dan tidak nyaman. Tapi aku tetap optimis, masih banyak blogger2 yang masih punya hati nurani. Nge-blog untuk berkarya indah, berkarya manfaat, berkarya silaturahmi. Semoga badai segera berlalu.

Tulisan lainnya :
Sekuel-nya Rozenesia

Iklan