tata-nano2.jpg Sudah tahu belom ada mobil murah?? kata sobat ku lewat emailnya pagi ini .. ku pikir, mobil paling murah – jaman sekarang – sekitar Rp.100 juta-an gitu deh. Tapi, perkiraan ku meleset. Saat aku jalan2 di showroom mobil jagad maya, aku dapati beritanya di Liputan 6 SCTV lima hari lalu, yang memberitakan bahwa salah satu produsen otomotif India – Tata Motor – meluncurkan sebuah mobil super murah .. Tata Dado Nano, namanya *nama yang aneh!!* dan dihargai cuma US$ 2.500 atau kurang dari Rp 25 juta. Gile beneerr. Eit, jangan senang duluan. Itu kan harga di India. Ntar kalo masuk ke Indonesia?? .. mahal kaleee .. wong yang mahal aja ludes dibeli. Jadi ngapain mesti jual murah😈

Ide membuat mobil murah muncul saat Chairman Tata Motors, Ratan Tata melihat satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan seorang anak berboncengan mengendarai sepeda motor. Tata mengaku prihatin dengan tingginya kecelakaan motor di India. “Saya mengobservasi keluarga yang mengendarai sepeda motor roda dua, ayah di depan, anak di depan dan istrinya di belakang memeluk seorang bayi,” kata Tata dalam pernyataannya saat peluncuran Nano, seperti dikutip detik. “Ini membuat saya heran, bagaimana seseorang bisa mendapatkan keamanan, bertahan dari berbagai cuaca buruk dengan alat transportasi seperti itu untuk sebuah keluarga,” ujar Tata yang disebut-sebut sebagai Henry Ford-nya India itu.

Body Tata Nano seluruhnya terbuat dari alumunium dengan ukuran panjang 3,1 meter; lebar 1,5 meter dan tinggi 1,6 meter tapi – katanya – muat untuk 4 orang seperti deKing, Moerz, Caplang dan cK .. Mobil ini dipacu oleh mesin dua silinder, 623 cc, 33 PS, 4 kecepatan manual, 2 rem cakram, 2 rem tromol, multi point injection BBM dengan konsumsi bensin 1 liter untuk setiap 20 kilometer. “Tata Nano adalah ‘hijau’, global dan India banget,” puji Hindustan Times.

Selain mendapat pujian, mobil imut ini juga mendapat kritikan dimana banyak kalangan mengkhawatirkan kalo kehadiran mobil tersebut akan berdampak buruk pada lingkungan, terutama di negara dengan standar emisi yang buruk dan juga akan semakin membuat kemacetan di jalan raya. Bahkan, ada kecurigaan kalo harga yang super murah itu diperoleh dari penurunan standar kualitas dan keamanan mobil.

Semua kritikan itu dibantah pihak Tata Motor. Mereka menjamin mobil tersebut justru menghasilkan polusi paling rendah karena telah lolos uji emisi EuroIV. Peluncuran Tata Nano telah mendorong Renault dan Nissan untuk menjajaki kemungkinan memproduksi mobil kompak dengan harga jual kurang dari tiga ribu dolar AS atau sekitar Rp 30 juta. Wah .. kalau semua pabrik berlomba2 memproduksi mobil murah, kita lihat aja nanti dampaknya.😈

blok.jpg

UPDATE !!! 13 Mei 2008

Setelah Tata Nano meluncurkan mobil murah, perusahaan lain yang berasal dari India juga tidak mau kalah. Kali ini Bajaj — pasti langsung ingat kendaraan roda tiga itu kan?? — bekerja sama dengan Nissan dan Renault dalam waktu dekat akan memproduksi mobil mini dengan sanda UCL — eit, bukan Unga Cinta Lestari loh🙂

Produksi akan dilaksanakan lewat sebuah perusahaan baru berbentuk join ventura dimana pihak-pihak tersebut bagi kepemilikan, 50 persen saham Bajaj dan 25 persen masing-masing dimiliki Nissan dan Renault.

Direncanakan mobil UCL akan dijual dengan harga US $ 2.500 – 3.000 tersebut diproduksi di sebuah pabrik di Chakan, India. Pabrik baru akan mulai beroperasi pada tahun 2011 dengan kapasitas produksi per tahun sebanyak 400 ribu unit.

Hmmm, harganya ga berbeda jauh dari Tata Nano ya, sayangnya .. belum diperoleh spesifikasi mobil UCL tersebut.

UPDATE !!! 25 Maret 2009

tata-nano