olmsted.jpg Sudah sering kita jumpai, blog yang di-mati-kan oleh pemiliknya dengan berbagai alasan. Mulai dari sudah merasa ga nyaman nge-blog terus2an sampai dengan dipaksa pihak lain untuk menutup blog-nya. Dan biasanya, setelah blog tersebut mati, si pemilik blog akan pindah rumah baru. Nge-blog lagi. Gitu deh. Tapi .. hari ini, aku kaget membaca kabar di Kompas hal.14 rubrik Humaniora – portal yang mewartakan ada blogger yang mati beneran. Bukan karena bunuh diri. Tapi karena tewas di medan perang, Irak. Mungkin baru pertama kali, seorang blogger tewas di medan perang. Dan sebelum meninggal, blogger tersebut berpesan kepada teman-nya agar mempostingkan tulisan terakhir-nya yang menceritakan tentang kematiannya jika ia gugur di medan perang Irak.

Namanya Mayor Andrew Olmsted (37). Selain mempunyai blog pribadi, beliau juga menulis di blog Rocky Mountain News sejak 21 Mei 2007. Sang Mayor tewas bersama tentara Amerika Serikat lainnya oleh sebuah serangan mematikan para gerilyawan di Sadiyah, Propinsi Diyala, timur laut Baghdad, Irak. Dalam tulisan terakhirnya itu, Olmsted mengingatkan agar tidak beragumen tentang kematiannya atau beragumen menentang perang.

“Hidup saya bukanlah catatan untuk digunakan sebagai penggada bagi orang2 yang diam,” tulis Omlsted. “Saya punya pandangan tersendiri mengenai apa yang harus saya lakukan mengenai Irak. Akan tetapi, sejak saya bertekad untuk tidak menceritakannya secara rinci, saya lebih suka orang lain tidak mencoba dan menggunakan saya sebagai ‘modal moral’ untuk mendukung sebuah posisi dimana saya tidak mungkin mendukungnya,” tulis Omlsted lebih lanjut.

Dalam Final Post tersebut, ia juga mengutip ucapan filsuf besar Plato dengan mengatakan, “Hanya orang mati yang dapat melihat akhir sebuah perang.”

Departemen Pertahanan AS mengungkapkan, seperti yang dikutip Kompas, Olmsted ditugaskan sebagai tim transisi militer pada brigade pertama, First Infantry Division Fort Riley, Kansas. Olmsted yang berasal dari Fort Carson, Colorado Springs, tewas meninggalkan istri dan seorang putri yang berusia 10 tahun.

