Pernah dooong bermimpi. Ato punya mimpi?? Ya, setiap kita pernah bermimpi baik dalam arti sebenarnya maupun kiasan. Mimpi muncul pada saat kita tidur. Mimpi juga sering digunakan untuk menggambarkan cita-cita atau keinginan kita. Ada yang mengabaikan mimpi, ada pula yang tersangkut dalam mimpi. Untuk yang terus mengejar mimpi dan banyak bermimpi, hidup terasa hiruk pikuk .. selama mimpi belum terwujud, segala upaya dikerahkan untuk mencapai impian. Seperti kata Billi PS Lim dalam buku-nya Berani Gagal : “Jatuh tujuh kali, ke delapan berdiri.” Artinya, untuk mewujudkan impian, kita harus jatuh bangun untuk meraihnya.

Boleh jadi, memang itu yang harus kita lakukan. Tapi .. sering kali kita terjebak oleh waktu. Berulang-ulang gagal dan tidak pernah terwujud impian yang kita inginkan. Mengapa?? .. mungkin kata-kata Billi PS Lim berikut, di dalam buku yang sama, bisa sedikit menjawab pertanyaan tersebut :

“Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; tetapi kita seringkali terlalu lama memandang dengan kecewa pintu yang tertutup itu sehingga kita tidak melihat pintu yang terbuka bagi kita.”

Sepertinya kontradiktif .. karena mungkin kita akan tetap ‘setia’ pada satu pintu tertutup itu untuk masuk ke dalam ruangan. Padahal ada pintu lain (baca : cara lain) yang terbuka dan kita tidak mau mencobanya. Mungkin sudah saat-nya mimpi yang tak mungkin terwujudkan harus kita hapus.

Iklan