“Aduh kemana aja masih hidup loe?” .. kira-kira, apa reaksi mu .. kalau kalimat tersebut ditujukan kepada mu dari seorang sahabat yang sudah lama tidak bertemu?? .. balas ngeledek, marah, senyum atau apa?? .. dan gimana juga reaksi mu .. kalau kalimat itu diucapkan oleh orang yang tidak kamu kenal kepada dirimu?? .. balas ngeledek, marah, senyum atau apa?? .. Ga, ini bukan quiz koq. Ini terkait berita Marissa Haque soal Wartawan dan Atut di kompas.com hari ini. Begitulah .. kedahsyatan kata-kata, bisa memiliki multi tafsir. Kata-kata bisa ditafsirkan berbeda-beda hanya karena sebuah koma, titik, intonasi, si pengucap, si pendengar, situasi sekelilingnya dan sebagainya. Sehingga muncul istilah miscomunication atau salah paham. Kekuatan kata-kata juga banyak digunakan untuk mempengaruhi orang lain seperti pada saat kampanye, dunia peradilan, dunia periklanan … atau digunakan untuk gendam?? *halah*

Seperti hal-nya berita kasus kelaparan, dimana ketika diberitakan ada yang meninggal karena kelaparan .. maka muncul berita lainnya yang mengatakan bahwa bukan meninggal karena kelaparan tapi karena diare. Atau ada juga berita tentang seorang ibu yang membunuh anaknya karena kemiskinan .. sejurus kemudian muncul berita lainnya yang mengatakan bahwa bukan karena kemiskinan tapi karena si ibu mengidap kelainan jiwa.

Atau kabar tentang pencemaran nama baik, iklan tentang tarip murah, black campaign.dan sebagainya. Membuat sering terjadi salah paham. Atau memang sengaja dilakukan untuk tujuan-tujuan tertentu?? .. aku teringat dengan kata-kata seorang teman, sewaktu aku kuliah : “Buang air boleh sembarang, tapi kalo ngomong hati-hati” .. hmmm .. bagaimana menurut teman-teman??

Iklan