blok.jpg

Aku mencoba untuk menelusuri makna dari kata tersebut di wikipedia yang digambarkan ‘generally regarded as very difficult to translate’ dan kata FITNAH — dengan huruf H dibelakangnya — yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti : perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang). Jika menilik pengertian ini, rasa-nya koq kurang pas dengan maksud dari si pembuat video — atau film ya?? — untuk menyampaikan misinya. Bukan kah itu berarti si pembuat video mengakui bahwa isi video tersebut adalah perkataan bohong atau ingin menjelekkan orang lain??

Akhirnya aku mencoba merujuk pada pengertian kata fitnah, yang berasal dari bahasa arab. Dan ternyata, kata tersebut memiliki arti yang beragam tergantung dalam konteks kalimat yang menyertainya. Coba perhatikan penjelasan dari ayat-ayat yang memiliki kata FITNAH dalam ayat tersebut :

Penjelasan arti kata Fitnah dalam surah At Taubah (9) ayat 49 :
Ada beberapa orang munafik yang tidak mau pergi berperang ke Tabuk (daerah kekuasaan Romawi) dengan berdalih khawatir akan tergoda oleh wanita-wanita Romawi, berhubung dengan itu turunlah ayat ini untuk membukakan rahasia mereka dan menjelaskan bahwa keengganan mereka pergi berperang itu adalah karena kelemahan iman mereka.

Penjelasan arti kata Fitnah dalam surah Al Baqarah (2) ayat 217 :
Penganiayaan dan segala perbuatan yang dimaksudkan untuk menindas Islam dan Muslimin.

Penjelasan arti kata Fitnah dalam surah Al An’aam (6) ayat 23 :
Jawaban yang berupa kedustaan.

Penjelasan arti kata Fitnah dalam surah Al Baqarah (2) ayat 191 :
(menimbulkan kekacauan), seperti mengusir sahabat dari kampung halamannya, merampas harta mereka dan menyakiti atau mengganggu kebebasan mereka beragama.

Penjelasan arti kata Fitnah dalam Al Anfaal (8) ayat 39 :
Gangguan-gangguan terhadap umat Islam dan agama Islam.

Penjelasan arti kata Fitnah dalam Al Ahzab (33) ayat 14 :
Murtad, atau memerangi orang Islam.

Sampai disini, aku hanya bisa terdiam. Merenungi semua makna yang ada. Video itu memang belum aku lihat utuh. Cuma beberapa cuplikan dari beberapa berita yang ada. Yang pasti, tentu ada pesan yang ingin disampaikan oleh si pembuat video itu. Seperti kata Daeng Limpo, mengapa kita harus marah??

Kalo memang yang dikutip dalam video itu adalah ayat-ayat Al Qur’an dan tidak diubah-ubah, ya biarkan saja. Kecuali ayat-ayat tersebut diubah oleh mereka. Beda hal-nya jika mereka menafsirkan sekehendak pemikiran mereka. Maka harus kita jelaskan arti sebenarnya dari ayat-ayat yang mereka kutip tersebut. Misalnya .. jelaskan bahwa perintah perang itu untuk menghentikan fitnah bukan untuk menyerang orang tak bersalah. Jika mereka tidak memusuhi Islam, ga mungkin Islam akan berperang. *emangnya berperang itu enak??*

Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim. — Surah Al Baqarah (2) ayat 193.

Catatan : Ku pikir .. pengertian ber’perang’ tidak berarti harus tembak-tembakan kan?. Kan bisa berupa perang opini, perang diplomasi, perang dingin atau perang seperti melawan narkoba, korupsi, kemaksiatan, kemiskinan dan lain sebagainya.

blok.jpg

UPDATE !! 31 Maret 2008

Dalam wawancara dengan surat kabar Vatican — L’Osservatore Romano — Monsignor Vittorio Formenti mengatakan bahwa untuk pertama kali-nya dalam sejarah, jumlah pemeluk agama islam lebih banyak dibandingkan dengan pemeluk agama katolik roma yaitu 19,2% berbanding 17,4% bisa jadi hal ini lah yang memicu ketakutan anggota parlemen belanda tersebut.

Postingan seorang sahabat yang membahas tentang terjemahan ayat Al Qur’an yang ada di video fitna dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang ternyata memiliki perbedaan makna.

Iklan