blok.jpg

Krrriiiiinggg .. handphone ku berbunyi dan lalu ku angkat : “Bang, masa kata teman ku, aku kaya’ cewek gara-gara dia tahu aku punya blog !!” terdengar suara cowok garang di seberang sana. “Emang cowok itu ga boleh nge-blog ya bang??” lanjut suara itu makin kencang. “Dia bilang, blog itu cuma buat cewek” .. OMG!! *tepuk jidat* .. siapa yang mengklaim kalo blog itu khusus hanya buat cewek. Siapa pula yang bilang kalo cowok nge-blog berarti cowok itu seperti cewek?? .. Aku tiba-tiba ingat kasus blogger yang dikatain sebagai penipu dan bodoh. OMG!! .. Teman ku masih ngomel-ngomel di telpon, aku cuma bisa bengong.

Akhirnya terpaksa lah aku menapak tilas tentang asal mula blog itu muncul. Pertama-tama aku samperin mbah wiki pribumi. Si mbah cuma bilang kalo nge-blog itu dipopulerkan oleh blogger.com. Tahunne pinten mbah?? .. embuh, jawab si mbah.

Dari pada pusing-pusing .. aku ke Lae Enda Nasution aja. Karena dari situ aku bisa tahu, mulai kapan lae Enda nge-blog mengingat — konon katanya — beliau adalah mahluk Indonesia pertama yang nge-blog. Nah, dari situ aku jadi tahu kalo postingan perdana-nya lae Enda itu pada 26 September 2001 tapi tidak dapat dipastikan bahwa tanggal tersebut adalah tanggal pertama weblog ada.

Penasaran .. aku tanya tetangga kiri kanannya lae Enda .. sama neng Rebecca yang sedang nyiram kembang dan kang Jorn Barger yang sedang duduk-duduk dikursi goyang. Ternyata .. tetangga lae Enda ini lah yang merintis weblog. Waktu itu — Desember 1997 — website buatan kang Jorn belum dinamakan sebagai weblog.

“Jadi .. buat siapa sebenernya Blog !!!” sergah teman ku

“Aduh, sorry fren .. aku koq malah cerita sejarah ya?” :mrgreen:

Menurut lae Enda .. blog pada awalnya digunakan untuk filter informasi yang ter-compile oleh seseorang dengan preference, kesenengan, dan sentiment orang tersebut. Jadi sifat-nya personal. Tapi kemudian ada beberapa website blog yang kemudian jadi ngetop banget — istilah jaman sekarang seleb blog — yang kemudian, apa saja yang ditulis oleh si pemilik blog akan diikuti oleh orang lain.

Nah mungkin teman-nya teman ku itu, tahu blog dari cewek-nya. Sehingga dia beranggapan bahwa kerjaan nge-blog itu kerjaan cewek. Apalagi .. blog sempat diposisikan sebagai sebuah diary di internet. Lengkap sudah stigma seperti itu. Padahal blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

