blok.jpg

Baru kali aku merasa kesulitan untuk memulai kata-kata. Begitu banyak hal yang berkecamuk dalam pikiran ini karena begitu banyak yang ingin aku tuliskan. Tapi kalau semuanya aku tuliskan disini, bisa-bisa kalian ogah buat membaca semuanya — perilaku yang umum terjadi pada blogger πŸ™‚ jadi, aku putuskan untuk mempersingkatnya sesingkat-singkatnya .. ya, tentang memberi arti pada aktivitas blog yang ku pikir sudah ‘terlalu banyak’ dibahas di blogsphere. Mulai dari yang hanya untuk menjalin silaturahmi sesama blogger sampai dengan menambah ‘lawan’ dengan menuliskan kata ‘pancingan’. Mulai dari yang asal nge-blog sampai dengan yang ngejar traffic. Mulai dari postingan melau katrok hingga postingan bermutu joss. Mulai dari newbie hingga yang sudah karatan bahkan mulai dari yang malu-malu kucing hingga yang narsis habis ..

Apapun arti dan motivasi kalian nge-blog .. blogsphere telah membawa fenomena baru dalam peradaban umat manusia. Hubungan manusia secara kontak langsung seperti mendapatkan saingan baru. Kita tidak perlu bertemu atau berkenalan dengan manusia lainnya, tapi kita bisa mengetahui isi pikiran orang lain .. tentunya lewat kata-kata. Kita juga bisa belajar dari siapa saja tanpa pandang usia dan latar belakangnya.

Ada beberapa teman yang specialis kopdar, mencoba membumikan jagad blogsphere ke alam nyata. Bahkan ada yang mencoba untuk menciptakan bahasa baru blogsphere. Pun yang selalu menulis dengan gaya Cilincing yang telah mendunia di blogsphere .. dan lain sebagainya. Pendek kata, blogsphere selalu meriah. Selalu ada topik yang asik disantap, sehingga mengakibatkan addicted bagi sebagian blogger πŸ‘Ώ

Begitu juga rasa kepedulian dan solidaritas yang ditunjukan teman blogger dengan cara mengadakan bakti sosial, melakukan bedah rumah, membantu ODHA, menggalang dana stop kelaparan dan lain sebagainya ..

Hidup menjadi indah dan lebih berarti. Begitu juga dengan diriku. Kehadiran blog ku di WordPress yang sudah menginjak hari ke 510 ini, telah melahirkan 232 tulisan dan telah dikomentari 4.815 kali membuat aku dapat merasakan kehangatan kalian. Sebagai bentuk tali kasih, beberapa diantara kalian, telah ku kirimkan buku sebagai tanda terima kasih ku. Dan kali ini .. aku sangat ingin memberikan apresiasi pada teman-teman yang telah setia menemani ku selama ini.

Sayangnya .. ketika aku bertanya pada Edy — tentang mencari jumlah kunjungan setiap teman — Caplang bilang di WP tidak bisa karena harus ada pluggin. Akhirnya aku putuskan untuk membuat postingan 100.000 yang intinya adalah tentang memberi arti pada blog. Karena jumlah pengunjung tidak berarti blog tersebut bermutu atau tidak. Artinya .. dikunjungi 1 orang atau 1 juta orang, tidak sebagai satu-satunya legitimasi bahwa blog tersebut jelek atau bagus.

Seperti kata Agus Bin — yang melaporkan — bahwa blog ini tidak ada dalam Indonesia Maters dan bisa jadi blog ini memang tidak berkualitas. Tapi aku merasa, ada sesuatu yang harus aku lakukan sebagai ucapan terima kasih .. dengan blog yang ‘tidak berkualitas‘ dengan rata-rata setiap postingan dikunjungi sekitar 433 orang dengan 20 komentar tentu telah mendorong saya untuk terus menulis. Buat ku, ini suatu rahmat dari Allah.

Oleh karena itu, telah ku tetapkan bahwa semua komentar yang masuk adalah benar. Dan karena hadiahnya cuma untuk 1 orang, maka dengan terpaksa aku harus memilih 1 diantara 29 teman yang sudah berceloteh. Dan untuk mewakili 28 orang lainnya, aku berencana untuk memberikan sumbangan ke mbak Hana yang sedang menggalang dana stop kelaparan yaitu berupa uang sebesar 28 blogger x Rp.5.000,- = Rp.140.000,- sehingga kehadiran kalian di blog ini telah membantu anak-anak yang kelaparan.

Dan teman yang menurut ku pantas — karena komentarnya telah mencerahkan ku — untuk mendapatkan tanda terima kasih ku kali ini adalah :

BUKA AMPLOP PENGUMUMAN

Buat teman-teman yang lain, jangan kecewa .. kalian telah turut memberikan sumbangan sebesar Rp.5.000,- buat anak-anak kelaparan. Dan tunggu tanda terima kasih saya selanjutnya. Buat yang menang, silakan pilih .. mau berupa apa? dan segera hubungi saya disini atau ke email saya sekiranya ada data-data yang rahasia.

Akhir kata .. terima kasih yang sebesar-besarnya dengan semua teman-teman ku, baik yang dekat maupun yang jauh. Tanpa kalian, saya tidak ada artinya apa-apa. Tanpa komentar kalian, blog ini gersang dan garing. Tanpa kunjungan kalian, blogsphere seperti kuburan. Dan karena kalian lah hidup ku jadi lebih berarti. πŸ™‚

UPDATE 5 MEI 2008 !!

Saya baru mendapat kabar dari mbak Hana kalo program-nya sudah berakhir .. Maaf, Bang Eby, ya, sementara ditutup dulu. Sisa dana sudah ditranfer ke teman-teman yang ada di Surabaya. Nanti lagi deh, kalau sudah ada waktu luangnya. Saat ini masih banyak pekerjaan yang harus dirampung. Terimakasih dukungan Bang Eby selama ini. Salam ya. Tuhan yang membalas semua kebaikan teman-teman.

Sehingga untuk sementara, saya masih pending pengiriman bantuannya untuk mencari alternatif lainnya. Ada saran dari teman-teman atau yang memerlukannya ??

Akhirnya, pak Deteksi memilih hadiah berupa uang Rp.100 ribu untuk ditransfer ke rekening BNI atas nama seseorang — sebelumnya rekening Bank Mandiri — semoga uangnya bermanfaat ya pak Deteksi. Maaf, jika proses pentransferannya memakai syarat dan ketentuan πŸ™‚

blok.jpg

Terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberikan kometar seperti : Mas Danalingga, neng Yoga, dik Chika, paman Goop, Edy Caplang, mbak Ira, pak Agus Bin, mas Yudhistira, pak Indra KH, mbak Rindu Dendam, cak aRul, Adipati Kademangan, dik Chiwi, pak Deteksi, dik Dwi Basuki, ibunda Edratna, neng Joerig, mbak Desmeli, pak Kapten, mas Amin, ibu Ratna, bunda Fitri, mbak Rita Subrata, dik Hangga, Said Medan, pak Koko, om Fadil Mansup, daeng Limpo dan mas Ndaru.

Iklan