blok.jpg

Sudah hampir dua minggu aku tidak jalan-jalan ke toko buku. Hari minggu ini, ku luangkan waktu untuk mampir ‘sebentar’ di TB Gramedia yang terletak di lantai satu Balikpapan Plaza. Aku segera ‘beredar’ dari satu tumpukan buku yang satu ke tumpukan buku yang lainnya. Aku hanya melihat-lihat cover dan judul buku yang ada .. hmm, jadi ingat pepatah : “Jangan menilai buku dari sampulnya” sehingga ku putuskan untuk membaca satu dua halaman buku yang menurut ku menarik. Sayangnya .. tidak semua buku dapat ku baca, karena terbungkus plastik segel hehehe :mrgreen:

Secara sepintas, buku-buku yang ada — disamping buku-buku pelajaran dan konvensional — kebanyakan tentang bagaimana mencapai sukses .. baik sukses finansial, karir maupun sukses kehidupan. Saking banyaknya .. aku sampai tidak tahu, mana buku-buku yang layak untuk aku beli.

Dan aku kemudian berpikir .. apakah Bill Gates, Andrea Hirata, JK Rowling, Oprah G.Winfrey dan lain sebagainya menjadi sukses seperti sekarang karena membaca buku-buku seperti ini atau karena mereka memang mempunyai bakat untuk sukses? .. aku yakin, mereka tidak pernah membaca buku-buku ini.

Padahal .. pada buku-buku tersebut, disebutkan bahwa orang-orang sukses tersebut telah menerapkan apa yang mereka tuliskan. Jadi .. sebenarnya mereka sukses karena karunia Allah atas otak yang diciptakan-Nya untuk mereka atau karena mereka membaca buku dan teori cara menjadi sukses ??

Ada yang bisa membantu menemukan jawabannya??

