blok.jpg

Tadi siang, aku berjumpa dengan kawan lama di Blue Sky Lounge, Bandara Samsyudin Noor, Banjarmasin. Kami ternyata, akan satu pesawat ke Balikpapan. Mungkin sudah sekitar 4-5 tahun sudah tidak pernah ketemu. Ku lihat, dia tidak berubah sama seperti dulu. Tetap semangat dan energik. Ya .. antara tahun 2002-2003, ketika aku ditempatkan di Surabaya, aku berada dalam satu area kerja, walaupun berbeda unit. Dan karena unit-nya di likuidasi dan masa kontraknya sudah usai, dia pun terhenti bekerjanya. Aku masih ingat, ketika dia beserta 3 rekan senasib lainnya, berbincang-bincang dengan ku tentang masa depan mereka.

Waktu berlalu, keadaan pu berubah. Satu temannya, kembali masuk ke perusahaan tempat ku bekerja, setelah melewati test kembali. Satu lainnya, hijrah ke perusahaan pesaing dan saat ini sedang menapak karir. Dan satu-satunya wanita diantara mereka, sekarang sebagai ibu rumah tangga dan ikut suami.

Sedangkan dia .. saat ini bekerja di salah satu operator selular terbesar di Indonesia. Dia mengatakan, bahwa saat ini dia telah memiliki segalanya. Pekerjaan yang mapan, istri yang cantik, rumah yang siap huni, karir yang cemerlang dan semua impian telah tercapai.

Entah apa jadinya, seandainya .. unit yang dulu itu tidak di’likuidasi’ .. mungkin dia masih terus berjuang dibawah. Ketika aku tanyakan .. mengapa dia bisa masuk ke operator selular itu di Balikpapan, bukan di Surabaya??

Setelah PHK, dia mengirimkan beberapa lamaran dan salah satunya ke Balikpapan. Dengan tiga kali test — dan dia mesti bolak balik Surabaya Balikpapan — akhirnya dia diterima di operator selular tersebut dan saat ini sudah berjalan 3 tahun, dan membawahi area se Kalimantan, makanya dia sekarang sering jalan-jalan ke Pontianak, Palangkaraya dan Banjarmasin.

Aku jadi teringat dengan teman-teman ku, yang saat ini sedang berjuang mencari pekerjaan, teman-teman ku yang saat ini di PHK karena perusahaannya bangkrut karena kenaikan BBM, teman-teman ku bergulat dengan usahanya agar tetap eksis.

Semoga kalian semua dirahmati Allah, dilindungi-Nya dengan segala kebesaran-Nya. Terus lah mencoba, tanpa pernah menyerah. Biarlah Dia yang memilihkan yang terbaik untuk kalian. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Amin.

Iklan