blok.jpg

Believe it or not, percaya atau tidak. Sering kali kita dihadapkan pada sesuatu — yang didepan mata kita — yang tidak dapat diterima oleh akal kita. Seperti demo kekebalan, sulap atau keyakinan sesuatu aliran dengan ritual yang menurut kita aneh dan sebagainya. Begitulah .. ketika sudah percaya, akal sehat sering menjadi nomor dua. Baca saja berita-berita kriminal bagaimana orang yang kita percaya malah justru yang melakukan penipuan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, percaya adalah : 1). mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata: 2). menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ada: 3). menganggap atau yakin bahwa seseorang itu jujur (tidak jahat dsb): 4). Yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb): .. Oke .. seperti apa sih, menurut mu tentang percaya itu?

Apakah seperti kita percaya bahwa blue energy berasal dari air biasa yang kemudian cukup ditambahkan dengan zat tertentu kemudian dipanaskan akhirnya menjadi BBM untuk kendaraan?

Atau seperti kisah jaman dulu tentang seorang ratu dan raja palsu yang dihormati oleh sebuah negara, pada raja itu hanyalah seorang tukang becak.

Mungkin juga kita percaya, tentang SMS merah yang dapat membunuh atau menjadi santet buat yang menerima SMS atau telpon merah tersebut. Bisa juga .. kita percaya, ketika menerima SMS atau telpon dari seseorang yang menyatakan bahwa kita memenangkan undian mobil BMW padahal kita tidak pernah mengirimkan apapun untuk mengikuti undian tersebut?

Percaya atau tidak? memang sesuatu yang sering diluar nalar. Sehingga, sering kali seseorang memaksakan apa yang dipercayanya kepada orang lain. Atau sebaliknya … bisa juga seorang teman yang selalu tidak percaya dengan apapun yang aku katakan. Walaupun aku sudah berusaha untuk menjelaskannya sejelas-jelasnya.

Percaya atau tidak memang sulit untuk diprediksi. Suka bikin gemes dan kesal. Baik buat yang suka percaya maupun untuk tidak percaya.

blok.jpg

UPDATE !! 4 Juni 2008

Kemarin, aku nonton serial LIFE di StarWorld .. ada kata² yang menarik — kira² begini intinya : bahwa hidup itu adalah kepercayaan. Jika kita tidak percaya pada apapun, hidup menjadi tidak menyenangkan.

UPDATE !! 10 Juni 2008

Percaya membuat orang² suka menerima kisah² yang seru .. seperti berita tentang sebuah lagu misterius yang diciptakan dan dinyanyikan seorang wanita yang kemudian bunuh diri. Kehebohan lagu tersebut sebenarnya sudah berbulan² memenuhi jagad blogsphere di awal tahun 2008.

Tapi .. belakangan ini, kabar tersebut, baru jadi berita hangat di detik.com — hmm, ternyata blogger di WordPress lebih hebat dari detik.com — dimana, kabar terakhir diberitakan bahwa lagu tersebut sebenarnya diciptakan oleh Rifai Ilyas atau Pay, seorang gitaris dari group band asal Makasar yaitu Caramel Band.

So .. tapi tetap saja banyak yang percaya bahwa lagu itu dinyanyikan wanita yang telah mati bunuh diri. Atau bahkan ada yang percaya bahwa kisah misterius tersebut sengaja dibuat oleh Caramel Band untuk mendongkrak popularitas. Aya .. aya .. wae lah 🙂

Bahkan lagunya ada part-2 segala .. dan versi cerita tentang Geby pun beragam. Jadi, tetap mau percaya bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Pay atau Geby? .. percaya sering kali tak perlu logika 🙂

Iklan