blok.jpg

Lihat sekitarmu .. apakah cukup menyenangkan? … udara yang segar, pemandangan yang indah — karena jarak dari rumah ke rumah dibatasi oleh halaman mungil dengan rumput yang hijau dan dipagari tumbuhan perdu. Pohon buah²an juga terdapat dimasing² rumah. Seperti berlomba² menutupi rumah agar adem. Suara burung yang bertenger dipohon itu, selalu terdengar nyaring. Belum lagi .. jalanan di depan rumah, aspalnya ‘mengkilap’ seperti baru selesai di pel. Air di got-pun mengalir lancar, tanpa terhambat sampah dan tidak butek dan apek.

Mungkin .. kalo hal ini saya tanyakan 30 tahun yang lalu .. banyak yang menyatakan senang dengan lingkungannya. Hidup terasa nyaman dan tidak ‘berdesak²an’ .. bahkan seorang teman yang tinggal di Bandung atau Bogor mengisahkan bahwa kedua tempat itu sudah tidak ‘sedingin’ 30 tahun yang lalu.

Betapa .. waktu telah mengubah segalanya. Jalanan macet. Asap kenalpot seolah berebut dengan oksigen untuk kita hirup. Belum lagi air yang bercampur dengan segala macam zat kimia yang mencoba masuk kerongkongan kita. Dan yang paling menakutkan .. radiasi yang tanpa kita sadari, masuk ke dalam tubuh ini.

Lihat sekitarmu .. cukup sehat kah untuk kita bertahan hidup secara sehat ? Sering kali kita tidak punya pilihan lain. Dilahan yang sempit, kita ‘memaksa’ diri untuk berdesak²an karena berbagai macam pertimbangan .. mulai karena lebih dekat dengan tempat kerja sampai tidak ada dana untuk membeli lahan yang lebih luas.

Apapun .. ketika pilihan semakin sedikit, seharusnya kita semakin kreatif. Dengan sumber daya yang terbatas, memang kita tidak bisa seenaknya lagi. Semua harus diatur dan ditata. Masalahnya .. banyak yang ogah diatur dan ditata. Seakan² menjadi belenggu untuk sebuah ‘kemerdekaan’ yang sebenarnya justru ‘mengiring’ kita pada kepunahan.

Tragis !!

blok.jpg

UPDATE !! 5 Juni 2008

Iklan