blok.jpg

Seorang sahabat berkata: “Aku sangat semangat jika begitu banyak peluang yang ada yang bisa aku raih” sementara sahabat yang lainnya berkata: “Aku bersemangat untuk bekerja karena anak istriku menunggu dirumah” dan pada kesempatan lain seorang teman lama pernah berkata: “Aku begitu bersemangat, ketika aku mendengar kabar bahwa aku diberikan kesempatan untuk ke luar negeri” .. ya, menurut kamus besar bahasa Indonesia, semangat dapat berarti kekuatan — kegembiraan, gairah — batin atau nafsu — kemauan, gairah — untuk bekerja, berjuang. So, bagaimana dengan mu?

Apakah saat ini dirimu sedang bersemangat? biasa saja? ato malah kehilangan semangat? Kita bersemangat karena adanya suatu harapan. Bagaimana, kalo kemudian harapan yang kita bayangkan itu ternyata tidak sesuai dengan harapan kita? hmmm .. hampir pasti, kita pasti langsung nge-drop semangatnya.

Jadi .. bagaimana caranya, agar kita tetap bersemangat? walau pun kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Ato tidak ada tantangan baru lagi. Ato terlalu banyak kendala atau hambatan dalam hidup sehingga kita merasa berhadapan dengan dinding yang tak dapat kita tembus?

Beberapa waktu lalu, ada teman yang berkata: “Aku sekarang sedang tidak bersemangat untuk meng-update blog ku. Entah kenapa aku kehilangan ide sama sekali.” hmm .. ato ada seorang rekan yang berkata: “Aku sudah tidak bersemangat lagi meneruskan pekerjaan itu, karena tidak ada manfaatnya buat ku”

Kehilangan semangat yang terus menerus, konon, dapat menyebabkan depresi yang berkepanjangan. Bukankah .. sering kita membaca berita orang yang bunuh diri karena sudah tidak ada semangat lagi atau kisah heboh seorang penyanyi / pencipta lagu yang bernama Geby karena ditinggal mati oleh sang kekasih?

Come on .. tetap semangat sobat.

Iklan