blok.jpg

Akhir 1973, liburan kenaikan kelas — Sebelum 1978, tahun ajaran baru di mulai pada bulan Januari dan selesai Desember — Untuk pertama kali aku diajak orang tua ku ke Jakarta. Saat itu, aku duduk di kelas 2 SD. Senang sekali rasanya. Karena aku akan berkesempatan melihat televisi Indonesia untuk pertama kali. Maklum .. kota Pontianak waktu itu belum ada televisi. Kalo pun ada, yang bisa ditangkap hanya siaran RTM (Radio Television Malaysia) dan aku ke Jakarta dengan menggunakan pesawat DC-3 alias Dakota seperti pesawat pertama ibu pertiwi.

Waktu itu .. pesawat Dakota ku mendarat di Lapangan Terbang Kemayoran. Rasanya, perjalanan begitu lama, mungkin sekitar 2 jam lebih .. padahal saat ini cukup ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit 🙂 .. maklum, masih jaman bahari hehehe 🙂 .. dari lapangan terbang aku ke daerah Kramat, tempatku menginap. Dan yang paling ku ingat adalah bioskop Rivoli hehehe bioskop yang banyak memutar film India hehehe.

Selama di Jakarta, waktu liburan ku hanya ku habiskan di depan televisi. Menonton acara TVRI hehehe secara waktu itu tidak ada stasiun televisi lainnya dan belum ada yang namanya Mal serta Taman Mini Indonesia Indah belum selesai dibangun apalagi Dunia Fantasi. Satu-satunya pusat perbelanjaan saat itu yang aku kunjungi, Pasar Senen sebelum terbakar pada waktu peristiwa Malari 1974.

Pokoknya .. Jakarta diakhir 1973 jauuuuuuhhhh banget bedanya dengan sekarang. Jadi saat ini usia Jakarta sudah 481 tahun sudah sangat berbeda ketika masih berusia 446 tahun.

Dirgahayu Jakarta.

Iklan