blok.jpg

Tuntas sudah perhelatan piala Eropa 2008 yang dimenangkan oleh Spanyol tadi subuh saat aku usai bersantap sahur. Matahari belum terbit, ketika dari layar kaca terasa kegembiraan tim Spanyol merayakan kemenangannya. Lengkap sudah, kemenangan yang diperoleh Spanyol sejak awal pertama pluit — 3 minggu yang lalu — dibunyikan hingga pluit diterakhir tadi subuh ditiup. Kemenangan yang sempurna karena Spanyol adalah salah satu kesebelasan yang tidak terkalahkan pada putaran final kali ini. Dan menjadikan negara ketiga — setelah Jerman Barat dan Prancis — yang dua kali menjadi juara Piala Eropa.

Kata sem·pur·na [a] menurut kamus besar Bahasa Indonesia, berarti : 1). utuh dan lengkap segalanya (tidak bercacat dan bercela); 2). lengkap; komplet; 3). selesai dengan sebaik-baiknya; teratur dengan sangat baiknya; 4). baik sekali; terbaik. Aku tiba² teringat lagunya Andra & the Backbone, Sempurna. Ya, begitulah rasa yang tergambar dalam hati ketika semua menjadi lengkap.

Sepertinya hari ini .. tanggal 30 Juni adalah genap satu semester perjalanan tahun 2008. Tidak terasa separuh waktu telah ditempuh. Dan seperti biasa, ketika berada ditengah aku mulai mengukur² sejauh mana aku telah ‘berjalan’ dan masih berapa upaya lagi agar ‘sasaran’ tercapai. Semoga semua dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Kesempurnaan juga telah dicapai oleh bunda Leila Ch.Budiman yang kemaren pamit dari kolom konsultasi psikologi yang sudah menemani pembaca Kompas selama seperempat abad. Aku sebagai pembaca setia bunda, jadi terharu .. karena aku dapat merasakan begitu berat rasanya sebuah perpisahan.

Seperti halnya perpisahan tadi pagi .. berita mengabarkan seluruh korban pesawat Casa 212 yang jatuh di Gunung Salak, telah dikebumikan hari Minggu kemarin — para korban meninggal pada saat menjalankan tugas. Semoga para arwah diterima disisi-Nya sesuai dengan amal almarhum semasa hidupnya. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan lahir dan bathin. Kejadian ini menjadikan dunia penerbangan Indonesia berduka khususnya TNI AU.

Iklan