blok.jpg

Awal Juli 2008, aku mencoba untuk mengubah theme blog ku .. ada 3 pilihan yang ku miliki, yaitu : Emire, Redoable Lite dan Sunburn. Pertama kali aku mencoba theme Emire dan hanya bertahan setengah hari. Banyak hal yang aku harus sesuaikan. Selanjutnya aku mencoba Sunburn yang bertahan sehari dan mendapat komentar dari beberapa teman yang terbagi dalam dua pendapat. Ada yang bilang .. ga ‘erander’ banget, dan ada yang bilang .. mau cari suasana baru ya? — hmm, tanpa pendapat kaya’nya. Apapun komentar teman², aku kemudian mencoba theme terakhir yaitu Redoable Lite yang juga hanya bertahan setengah hari untuk selanjutnya aku kembali ke theme yang lama ini.

Perubahan dalam hidup memang sudah selayaknya kita pikirkan. Bagaimana jika sudah mapan? apakah masih perlu sebuah perubahan? .. Karena biasanya kita berpikir, bahwa perubahan yang kita lakukan selama ini adalah menuju ke kemapanan. Setelah mapan, orang biasanya cenderung akan ‘malas’ untuk berubah lagi.

Tapi .. dijaman sekarang, dengan persaingan yang sangat ketat. Perubahan — mau tidak mau — tetap harus kita lakukan walaupun sudah mapan sekalipun. Kemapanan hanya membuat diri kita terkucil dari belantara kerasnya kehidupan. So, bukan berarti kita harus mengikuti ‘gendang tarian’ orang lain sehingga meninggalkan jati diri kita sendiri.

Untuk beberapa hal, ada yang tetap kita pertahankan yaitu prinsip. Yang kita ubah adalah nilai. Karena nilai dari waktu ke waktu selalu berubah mengikuti perkembangan kehidupan umat manusia.

Saya jadi ingat cerita seorang teman, tentang perubahan nilai. Ketika rokok A Mild pertama kali muncul di pasaran, kalo ada cowok yang merokok A Mild, pasti ditertawakan karena dianggap sebagai rokoknya kaum cewek. Tapi sekarang, jika ada teman yang menghias rokok kretek, langsung dikomentarin : “Pulang dari nyangkul ya mas?” .. begitu cepatnya nilai berubah. Tapi .. prinsip tidak pernah berubah .. yaitu aku tetap tidak merokok 🙂

Aku juga ingat, dulu .. ketika pertama kali MTV siaran .. content logonya selalu diisi dengan ilustrasi yang aneh² dan berubah² setiap saat. Begitu juga dengan iklannya. Tapi belakangan ini .. sudah monoton. Paling² akan berubah ketika ada moment² tertentu saja, misalnya pada saat valentine day.

Apalagi dalam persaingan dunia usaha. Jika tidak mengikuti selera pasar dan hanya mempertahankan kemapanan, lambat laun akan tergerus pasar. Makanya Pizza Hut, selalu mengeluarkan produk² baru. Begitu juga McD atau Nokia dengan seri² anyarnya. Karena kalo merasa mapan .. cenderung seperti menunggu mati.

Postingan ku yang terkait :
1. Cape’nya berubah
2. Memilih berubah
3. Dan 21 postingan lainnya yang berkaitan dengan berubah.

