blok.jpg

Kehebohan terjadi pagi ini. Balikpapan banjir lagi. Kali ini lebih ‘dahsyat’ dari banjir yang sebelumnya. Hujan sudah turun sejak pukul 6, tadi pagi. Berdasarkan pengalaman ku selama di Balikpapan, hujan yang baru turun itu tidak terlalu berpengaruh terhadap banjir. Tapi, dugaan ku meleset. Ketika kendaraan ku arahkan ke pintu keluar komplek, kendaraan ku dihalang oleh pak Satpam dengan latar belakang Jl.MT.Haryono sudah berubah menjadi Sungai MT.Haryono .. OMG !!! air mengalir deras dari arah utara ke selatan. Tak ada satu pun kendaraan yang lewat, seperti pagi² sebelumnya jalanan tersebut selalu macet dengan kendaraan.

Ku putuskan untuk menempuh jalan memutar lewat jalan tikus di depan masjid. Disana .. kendaraan antri untuk menghindari banjir. Jalan yang langsung tembus ke akses jalan bandara ternyata tak luput dari genangan air. Sepanjang jalan kulihat banyak kepanikan. Karena air tak dapat diantisapasi. Ketika sudah berada di jalan bandara .. kendaraan merayap pelan. Ternyata dibeberapa tempat terdapat genangan banjir. Syukurnya kendaraan masih dapat lewat meskipun merayap.

Foto diambil di Jl.MT.Haryono diatas jembatan dekat PDAM pada tanggal 5 Juli 2007 sekitar pukul 17:22 Wita. Jalan ini adalah jalan menuju ke komplek perumahan saya.

Berbeda dengan banjir pada sabtu kemaren .. yang hanya menggenangi sebagian kota saja walaupun hujan sejak tengah malam — kali ini, hampir sebagian besar kota tergenang walaupun hujan baru dimulai tadi subuh. Kemungkinan besar banjir kali ini, karena kiriman air dari daerah utara Balikpapan yang memang berbukit².

Sampai postingan ini dibuat .. hujan masih mengguyur kota. Beberapa teman kantor tidak dapat masuk kantor karena rumah mereka tergenang air. Ada yang sekitar mata kaki, setengah meter bahkan satu meter. Beberapa teman ke tempat mereka untuk membantu menyelematkan barang².

blok.jpg

UPDATE !!! 9 Juli 2008 pukul 15:00 Wita

Sejak pagi, saluran TELKOM terputus sama sekali — termasuk jaringan Speedy dan Flexi. Sehingga untuk komunikasi hanya dapat menggunakan selular seperti Telksomsel dan XL. Bahkan untuk dibeberapa titik XL juga tidak bisa ‘berbicara’ 😦

Untung aku punya Flash sehingga postingan ini bisa ku publish kan karena Speedy-nya mati total. Tak bersuara. Mungkin karena Kanwil Telkom yang terletak di Jl.MT.Haryono ikut terendam banjir.

Cuaca sangat cerah. Matahari bersinar full .. kontras banget dengan cuaca tadi pagi yang gelap dan basah. Hanya dalam waktu beberapa jam, cuaca bisa berubah total. Subhanallah .. sebuah pemandangan yang sangat kontras sekali !!! 😦

Barusan diberitahu sahabat ku yang kebetulan bekerja di Dinas PU dan sedang berada di Jl.RE Martadinata yang mengabarkan telah terjadi tanah longsor dibelakang PDAM dan sedang melakukan penggalian untuk menemukan 2 orang yang tertimbun.

Hujan lebat di Balikpapan, selain terjadi banjir juga sering diikuti dengan tanah longsor dan pohon bertumbangan.

Innalillahiwa’innalillahirojiun …

blok.jpg

UPDATE !!! 10 Juli 2008

Saluran TELKOM sudah dapat digunakan, tapi Speedy-nya masih ngadat. Flash yang kemaren dengan suksesnya berselancar. Hari ini mati kutu dan hanya mampu melayani setingkat GPRS. Sehingga aku komplain ke Telkomsel, agar pelanggan diberikan diskon akibat layanan HSDPA hanya diberikan GPRS.

Berita di Kaltim Pos pagi ini benar² membuat ku terhenyak !! .. banjir kali ini lebih dahsyat dari banjir² sebelumnya yang pernah ku ketahui selama di Balikpapan. Tak terbayangkan sebelumnya kalo Plaza Rapak bisa terendam banjir begitu juga dengan seputaran tugu Adipura.

Berhubung, browsing hanya bisa dengan GPRS, maka untuk beberapa waktu aku tidak dapat blogwalking dan menjawab komentar teman² sekalian. Mohon maaf.

Iklan