blok.jpg

Bukan, bukan hari ulang tahun ku .. tapi hari ulang tahun bapak ku. Beliau hari ini berulang tahun yang ke 69. Dan tadi pagi, ketika aku menelpon beliau .. terasa ada kesan haru diseberang sana. Maklum, sudah beberapa kali beliau berulang tahun, aku selalu tak bisa hadir karena hari jadi beliau berada pada penghujung tahun dimana seperti biasa setiap akhir tahun rasanya sulit untuk mengajukan cuti untuk pulang kampung.

Seperti biasa, aku hanya bisa mengirimkan beliau hadiah ulang tahun — biasanya berupa kue untuk penghias perayaan bersama keluarga disana. Syukurnya, seluruh saudaraku tidak merantau seperti ku. Sehingga pada saat perayaan — yang bersamaan dengan kakak lelaki ku yang berulang tahun dua hari sebelumnya — menjadi ramai karena sekarang sudah mendapat tambahan anggota baru .. menantu dan cucu🙂

Walaupun usia beliau hampir menginjak angka 70. Tapi semangatnya tak pernah padam. Ketika aku tanyakan kegiatan beliau hari ini. Ada beberapa pertemuan yang harus dihadirinya. Dan seperti biasa, beliau menyetir sendiri kendaraannya. Aku kadang kasihan juga. Tapi kalo dilihat dari phisiknya, beliau masih sangat kuat untuk berkarya.

*kadang aku berpikir, apakah aku akan sekuat itu jika berumur segitu juga nantinya*

Dan yang membuatku sedih, saat ini .. dirumah orang tua ku hanya tinggal ibu dan bapak saja. Karena beberapa waktu yang lalu, kedua adik ku yang tadinya masih menemani beliau sekarang sudah pindah ke rumah mereka masing² .. dan terakhir, seorang keluarga — yang sering membantu dan menjaga kedua orang tua — pulang kampung sehingga praktis hari ini dirumah hanya tinggal mereka berdua.

*sedih deh*

Tapi nanti malam … saudara² ku akan ngumpul koq .. akan ada sedikit selamatan seperti tahun² sebelumnya.