blok.jpg

Ada hal yang menarik, yang disampaikan oleh Menteri Perdagangan Dr Mari E Pangestu dalam wawancara di salah satu stasiun televisi beberapa hari yang lalu, yaitu tentang rencana pemerintah Indonesia untuk merebut peluang ekonomi kreatif menjadi sumber kekuatan baru ekonomi di Indonesia dengan mulai membangun visi dan mindset menuju ekonomi gelombang keempat. Jujur .. istilah ekonomi kreatif itu baru aku dengar. Karena selama ini yang ku tahu adalah ekonomi pertanian, industri dan informasi.

Ternyata .. dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreatif yang berbasis budaya telah menjadi gelombang ekonomi keempat setelah tiga gelombang ekonomi sebelumnya (pertanian, industri dan informasi) .. hal ini mudah²an dapat menjadi salah satu penolong bangsa ini untuk keluar dari krisis global.

Adapun menurut beberapa sumber yang ku peroleh .. ekonomi kreatif bertumpu pada 14 subsektor industri kreatif yaitu :

01. Periklanan,
02. Penerbitan dan percetakan,
03. Televisi dan radio,
04. Film,
05. Video dan fotografi,
06. Musik,
07. Seni pertunjukan,
08. Arsitektur,
09. Desain,
10. Fesyen,
11. Kerajinan,
12. Pasar barang seni,
13. Permainan interaktif, layanan komputer dan piranti lunak,
14. Penelitian dan pengembangan.

Lihat saja .. sebagian dari generasi muda jaman sekarang sudah tidak tertarik lagi menjadi pegawai negeri, karyawan perusahaan atau bekerja dengan orang lain .. banyak sekali yang kulihat — terutama teman² di jagad blogsphere — yang memiliki talenta seperti yang disebutkan dalam subsektor ekonomi kreatif diatas.

Rencananya, gerakan ekonomi kreatif itu akan dicanangkan oleh pemerintah pada hari ini. Ketika pewawancara menanyakan apakah pemerintah hanya mendompleng industri kreatif? karena selama ini — tanpa campur tangan pemerintah — ekonomi kreatif itu sudah berjalan.

Dan seperti biasanya, jawabannya diplomatis .. bahwa untuk memajukan suatu ekonomi tidak saja bertumpu pada pelaku bisnisnya tapi juga pemerintah harus ikut andil. Jadi .. kita lihat saja nanti. Maklum .. tahun depankan ada pesta rakyat🙂