blok.jpg

Aku sebenarnya lagi males banget buat postingan .. beberapa hari ini selain sibuk soal kerjaan, juga persiapan untuk perubahan organisasi. Sehingga sedikit banyak tenaga dan pikiran sudah terkuras sehingga tidak ada cukup waktu lagi untuk menulis di blog. Dan satu lagi .. Facebook juga semakin banyak memakan waktu ku. Tapi, ketika membaca Kompas edisi hari, aku melihat di halaman 11 sebuah iklan partai politik yang membuat ku kaget. Bukan soal partainya atau pesan yang ingin disampaikan .. tapi ada gambar yang mengingatkan pada sesuatu.

Ya .. gambar itu mengingatkan ku pada peristiwa pertempuran antara pasukan Amerika Serikat dengan Jepang antara Februari hingga Maret 1945, ketika berkecamuknya Perang Dunia II.

iwo_jima_flag_raising Dalam pertempuran tersebut, Amerika Serikat berhasil merebut Iwo Jima, termasuk pangkalan udara yang ada di pulau milik Jepang tersebut. Pertempuran ini menjadi lebih terkenal dengan sebuah foto yang menggambarkan sejumlah tentara Amerika yang sedang menegakkan bendera Amerika Serikat di puncak Gunung Suribachi saat pertempuran berlangsung.

Nah .. moment tersebut dipakai partai Demokrat sebagai ilustrasi dari iklan kampanyenya. Sebenarnya aku males buat ngebahas masalah ini. Tapi karena ini sudah menyangkut hak karya seseorang, sepertinya aku harus mengulasnya disini.

kampanye Aku tak habis pikir, bagaimana team kreative-nya memutuskan menggunakan visualisasi peristiwa Iwo Jima tersebut? .. Yang pertama .. apa yang ingin mereka sampaikan? Apakah ingin menyampaikan pesan bahwa Indonesia itu sama seperti Amerika Serikat atau simbol menegakkan kedaulatan atau sebagai simbol dari keberhasilan merebut ‘daerah’ musuh?? .. kalo penjelasan terakhir sebagai alasannya, aku pikir team kreative-nya benar² tidak kreative. Apa kurangnya sih .. sumber inspirasi anak bangsa yang berhasil merebut daerah musuh .. seperti pengibaran bendera merah putih di atap Hotel Orange Surabaya?? — sekarang Hotel Majapahit — bisa dipakai untuk mengobarkan semangat — tentunya harus seizin yang empunya foto.

Yang kedua .. walaupun hanya menampilkansilhouette dan bukan foto langsung karya Joe Rosenthal dari Associated Press tapi persepsi orang yang pernah melihat foto tersebut akan menganggap bahwa silhouette tersebut adalah peristiwa di Iwo Jima. Dan itu adanya di Jepang sana. Bukan di Indonesia. Apakah partai Demokrat sudah ekspansi sampai kesana??

Yang ketiga .. sepertinya negara ini sudah tidak ada lagi yang dapat dibanggakan .. sampai² harus menggunakan peristiwa bersejarah bangsa lain. Mau kemana sebenarnya partai tersebut? .. ku pikir, yang keliru adalah yang meng-ACC iklan tersebut, bukan partainya.

Hmmm .. ato jangan² takut diprotes bila menggunakan figur para pahlawan bangsa ini seperti yang digunakan salah satu partai, sehingga akhirnya menggunakan ‘milik’ bangsa lain agar tidak mudah diprotes?? .. tahu ah gelap !!!