blok.jpg

Ada sebuah pertanyaan dari Mario Teguh yang menggelitik pikiran ku .. “Apa yang akan kita lakukan, seandainya ada jaminan dari Tuhan kalo kita tidak akan gagal?? “ .. pertanyaan ini dilontarkan beliau di acara Golden Way di Metro TV pada 15 Maret 2009 yang lalu. Dan semua penonton tidak ada yang menjawabnya. Boleh jadi shock:mrgreen: dengan pertanyaan tersebut atau malah ga percaya kalo memang benar² Tuhan memberikan garansi tersebut🙂

Disini aku tidak bermaksud menjawab ‘langsung’ pertanyaan tersebut. Tapi aku mencoba membayangkan .. seandainya aku dilahirkan dari keluarga kaya raya. Apa saja tersedia. Sekolah diluar negeri. Semua berjalan lancar² saja dan baik² saja. Apa saja yang ku rencanakan pasti sukses. Dan apa saja yang ku inginkan pasti tercapai.

So .. jika hal tersebut memang nyata .. timbul satu pertanyaan. Apakah aku bahagia?? apakah itu arti hidup sebenarnya??

Aku sering membaca buku² tentang orang sukses. Aku sering menonton talk show yang menghadirkan orang sukses untuk dimintakan berbagi pengalaman dengan penonton. Aku pernah mendengar langsung kisah sukses dari mulut mereka sendiri.

So .. tak ada satu pun dari perjalanan hidup mereka itu yang seperti aku andaikan tersebut. Selalu saja, kisah hidup mereka diawali dengan keterpurukan. Kesedihan. Kenestapaan. Kekurangan dan sebagainya. Dan karena mereka berjuang dengan keringat dan air mata .. sampailah mereka pada kesuksesan hidup.

Jadi .. apa sih sebenarnya keindahan dalam kehidupan?? apakah hidup dari kecil bermain², remaja hura², dewasa kaya raya dan mati masuk surga??

Bukankah kita bisa terharu bahagia ketika kita berhasil mencapai sesuatu setelah berjuang mati²an .. bukankah kita meneteskan air mata ketika kita mendapatkan atau menemukan sesuatu yang sudah lama kita tunggu²??

Tapi mengapa kita sering mengeluh dengan segala ‘cobaan’ hidup dan merasa hidup tidak bahagia?? .. kita merasa takut tidak bahagia. Takut sendiri. Takut kekurangan?? .. apakah kita tidak percaya dengan Tuhan?

Boleh jadi .. ada yang tidak percaya. Karena apapun yang ku dapat adalah atas usaha ku sendiri. Apakah pernyataan itu dapat kita yakini?? .. apakah tidak ada campur tangan ‘Sesuatu’ sehingga kita berhasil??

Life is beautiful .. bersyukurlah orang² yang diberikan cobaan oleh-Nya karena itu berarti kita sedang diuji kesabaran oleh-Nya :

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Al Baqarah : 155)

Jadi .. buat siapa saja, yang sedang merasakan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan makanan .. percayalah bahwa itulah kehidupan yang terindah .. dengan kesabaran dan keuletan kita untuk tetap bertahan dan mensyukuri segala nikmat yang diberikannya .. insya Allah akan ditambahkan nikmat-Nya.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim : 7)

Siapa tahu .. setelah kita berhasil keluar dari kesulitan kehidupan, kisah tersebut bisa ditulis menjadi buku seperti Laskar Pelangi, Biografi tokoh² sukses dan sebagainya.

Jadi .. apakah siap menerima segala pemberian-Nya??