Cukup mengejutkan .. kata² tersebut justru meluncur dari mulut seorang yang periuk nasi-nya sangat tergantung dengan penggunaan komputer. Semakin banyak orang yang meng-akses internet, maka semakin berasaplah dapurnya. Tapi, justru beliau malah menyarankan kita untuk mematikan komputer dan HP agar bisa menjadi manusia yang seutuhnya. Manusia yang lebih riil .. bukan hanya diawang-awang .. hmmm …

CEO Google Eric Schmidt, pada pidato kelulusan 6000 wisudawan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat menyarankan : “Matikan komputermu. Matikan juga ponselmu dan perhatikan manusia di sekelilingmu. Tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan memegangi tangan cucumu saat dia berjalan untuk kali pertama,” demikian beliau mengilustrasikan salah satu alasannya mengapa kita harus melakukan hal tersebut.

Sudah begitu parahkah kehidupan kita dengan komputer. Sepertinya ketergantungan kita dengan komputer sama halnya dengan ketergantungan kita dengan listrik, kendaraan dan telephone .. dan ketika hal itu tidak ada, serasa seluruh persendian kehidupan terasa lumpuh.

Sekarang pertanyaannya .. dua puluh empat jam yang lalu, berapa waktu yang kita luangkan untuk berinteraksi dengan pasangan kita, anak kita, tetangga kita, kolega kita secara langsung dan berapa waktu yang kita habiskan didepan komputer ???

Hmmm .. kalo saya, sepertinya lebih banyak didepan komputer atau HP:mrgreen: .. karena seharian dikantor sampe maghrib. Trus pulang sudah malam. Tetangga sudah pada bobo hehehe .. tapi, mudah-mudahan Sabtu Minggu ada waktu untuk menyapa mereka. Biar sadar bahwa saya masih manusia, bukan bayangan.