Tiga tahun, tiga kota, tiga peristiwa, tiga kata seperti tiga menguak takdir — Chairil Anwar, Asrul Sani dan Rivai Apin — yang ku letak kan kata di WordPress .. pada tahun pertama berjibaku nge-blog disini. Penuh gairah dan napsu untuk menulis. Dan perlahan, teman baru mulai berdatangan. Saling sapa, saling komentar, saling berbagi pengalaman. Menyenangkan .. seperti berada didunia baru. Dunia maya. Dan aku benar² merasakan sesuatu yang berbeda. Teman² di WordPress terasa berbeda dengan di Blogspot. Disini terasa hangatnya persahabatan sampai kopdar beberapa kali.

Memasuki tahun kedua .. aku pindah kota. Dari kota Madiun di Jawa Timur ke kota Ballikpapan di Kalimantan Timur. Kesibukan pekerjaan pun bertambah. Waktu mulai berkurang. Hanya saja, karena pada tahun kedua banyak topik hangat .. maka dengan cepat melesat dalam kancah diskusi yang hangat. Jumlah teman berkunjung sempat menembuh seribu orang perhari .. wow !!!

Dan pada tahun ketiga .. ketika Kalimantan Timur ku tinggal menuju Sumatera Barat di Padang .. kesibukan kerja pun tak terhindarkan .. WordPress mulai terabaikan. Ditambah dengan pendatang baru Facebook yang sebenarnya tidak tertarik untuk ku ikuti .. tapi karena disana banyak sekali teman lama — terutama teman masa kecil — memaksaku untuk bergabung disitu.

Tapi .. WordPress tetaplah WordPress .. yang menampung sejumlah kata yang ada dibenak untuk ku simpan disini .. dengan harapan dapat bertahan ratusan tahun dan menjadi rekam jejak buat anak cucu dimasa mendatang. Oleh karena itu, ku coba menulis yang mencerahkan .. agar membawa manfaat buat yang membacanya.

Tiga tahun sudah .. lebih dari dua ratus ribu teman hilir mudik disini. Ada yang sekedar say hello atau menyampah — istilah buat spam — serta yang benar² diskusi sampai berdebat mati²an .. semua mengisi blog ini .. thanks buat semua teman. Semoga apa yang telah kalian tulis disini akan dibaca oleh anak cucu kalian nantinya.