Iseng ku tulis kan angka empat lima di ‘mesin pencari’ mbah Gugel untuk mengetahui berapa banyak artikel atau tulisan yang membahas kata empat lima .. hmm, not bad .. ada sekitar 1,6 juta artikel .. tapi ketika yang ku tulis huruf 45, maka yang berhasil dilacak si mbah ada sekitar 2,88 milyar !!! Wow, banyak kali yang ngebahas soal empat lima .. what ever, disini aku cuma ingin meletak kan makna — yang boleh jadi penting, boleh jadi ga penting .. tapi minimal, ada yang ku letak kan kata hari ini disini setelah sekian lama vakum

Empat lima kali ku berpikir untuk mulai menulis lagi .. saking banyaknya yang ingin ditulis, malah jadi ga keluar sama sekali. Empat lima menit aku hanya memandangi laptop ku yang mulai meredup — karena ku set low light apabila tidak aktif lima menit — dan empat lima kali aku merivisi postingan ini .. karena belum terasa greng-nya.

Malam mulai tenggelam semakin dalam. Hitam pun semakin pekat. Mata sudah tidak kuat ingin mengajak ke peraduan. Mengistirahatkan diri untuk aktivitas esok hari. Tapi aku masih butuh empat lima kalimat untuk ku letak kan disini. Bukan soal semangat 45 atau empat sehat lima sempurna karena ingin melanjutkan postingan ini.

Aku cuma ingin menoreh milestone dalam sebuah perjalanan. Bisa tidak berarti apa-apa selain tanda sebuah perjalanan. Melihat ke belakang tak mungkin surut. Memikirkan yang sudah lewat, tak dapat kembali. Satu-satu cara adalah terus melangkah.

Masih ada kesempatan, untuk melanjutkan apa yang sudah dimulai. Masih ada peluang, untuk menuntaskan apa yang dicitakan. Boleh jadi tak seperti yang direncanakan, bisa pula tak seperti yang dibayangkan .. tapi semua sudah tercatat dalam lembaran takdir.

Empat puluh lima menit menulis didepan laptop tentu berbeda dengan empat puluh lima jam berjuang untuk tetap bertahan. Dan beda pula dengan empat puluh lima hari jalan-jalan keliling dunia menghabiskan apa yang bisa dihabis.

Pasti jauh berbeda dengan empat puluh lima bulan bahkan empat puluh lima tahun. Banyak kisah bisa diceritakan. Banyak suka yang dapat dikenang dan banyak banyak episode yang dilalui.

Apapun yang telah diraih, apapun yang telah dihasilkan, adalah modal untuk mewujudkan masa depan. Tidak ada alasan untuk menyalahkan atau menyesali .. karena itulah takdir, itulah jalan hidup, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki yang keliru, mensyukuri apa yang telah diraih dan berdoa agar selanjutnya bisa lebih baik lagi ..

Come on ..