Sepucuk surel (surat elektronik alias e-mail) tiba disudut kotak surat yahoo! ku. Surat dari WordPress dengan perihal Your 2010 year in blogging. Surat dibuka dengan kalimat : “Happy New Year from WordPress.com! To kick off the year, we’d like to share with you data on how your blog has been doing. Here’s a high level summary of your overall blog health” dan seperti gambar disebelah kiri, menjadi ilustrasi diawal surel tersebut. Suprise .. karena team WP menganggap jika blog-ku terkategori WOW !!! .. “We think you did great!” katanya .. hmmm, masa sih ?? padahal tahun ini, produktivitas menulis ku jauuuuh banget dari tahun² sebelumnya .. dan blogwalking juga bejibun dibanding tahun ini .. tapi koq kenapa WP bilang seperti itu ya ???

Akhirnya ku baca semua isi surel tersebut, biasanya aku suka mengabaikan surel² seperti ini. Tapi yang bikin aku kaget adalah kategori Wow itu .. dan aku tiba² kagum dengan WP, baru kali ini, aku menerima evaluasi terhadap blog-ku .. walaupun aku tidak produktif, mereka tetap melakukan analisa — ku yakin tercetak otomatis oleh mesin — tapi ga mengapa .. hal ini justru menjadi cambuk buat ku untuk terus menulis.

Karena apa ?? masa sepanjang tahun 2010, tulisan baru ku hanya 3 biji, iya tiga biji … bandingkan tiga tahun sebelumnya aku bisa menelorkan — tuh kan, biji — 342 tulisan sejak 2006 sd 2009. Bagaimana bisa, tahun 2010, aku bisa dapat kagetori Wow ??

Sepanjang 2010, menurut WP, tulisan ku yang paling banyak dibaca adalah : bahasa bayi .. hmmm, padalah pada awal² blog ini ada .. posting terfavorite adalah rumah idaman yang tahun 2010 melorot ke posisi ke empat. Apa semua orang sudah mendapatkan rumah idamannya ya ?? sehingga postingan itu sudah mulai jarang dicari ???

Posisi kedua adalah pendapatan per kapita Indonesia, yang sejak blog ini ada, merupakan favorite blogwalking .. mungkin pada mau buat paper, skripsi, makalah atau apalah sehingga diperlukan data pendapatan per kapita .. syukurlah kalo postingan itu membantu. Dan seperti periode sebelumnya postingan ini selalu wara wiri posisi satu atau dua ..

Nah, posisi tiga nih yang bikin suprise lagi .. yaitu postingan mengenai celana dalam bergembok ?? ya, mudah²an di tahun 2011, ga ada lagi yang blogwalking buat nyari soal celana dalam .. hmm, pasti blogger-nya lagi iseng deh, searching celana dalam hehehehe …

What ever .. yang paling bikin senang, di surel itu dikasih tahu juga dari mana blogwalking ini berasal .. “The top referring sites in 2010 were search.conduit.com, lowongankerjabaru.net, google.co.id, 96147.com, and diningrat.wordpress.com. Some visitors came searching, mostly for bahasa bayi, celana dalam perempuan, celana dalam, spanyol, and panti pijat” .. wow, ternyata memang wow !!!

Surel WP itu, akhirnya menjadi pengingat buat ku untuk kembali menulis .. semoga 2011, produktivitas ku tidak mandek di angka 3 .. doa kan ..