Beranda

Aku

3.jpg Kerinduanku pada Allah membuat aku ingin lebih banyak memberi dan memberi agar apa yang kudapat dan kurasakan dapat juga dirasakan oleh orang lain tentang Kebesaran ALLAH.

Alangkah indahnya hidup di dunia ini dengan damai. Tapi semua sudah ditakdirkan oleh-Nya.

Seperti dalam Surah Al-Fajr ayat 15 sd 20 yang mengatakan bahwa : Adapun manusia apabila Tuhan-nya Mengujinya lalu Dimuliakan-Nya dan Diberi-nya Kesenangan, maka dia berkata, “Tuhan-ku telah Memuliakanku.” Adapun bila Tuhan-nya Mengujinya lalu Membatasi Rezekinya, maka dia berkata, “Tuhan-ku Menghinakanku.” Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim, dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin, dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampurbaurkan (yang halal dan yang batil), dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan.

Aku juga senang dengan segala perbedaan dan setuju untuk saling mengingatkan seperti yang tertulis pada Surah An Nahl ayat 125 : Ajaklah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan penuh hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Dan tentunya aku juga menyakini dan tidak memaksa dengan apa yang aku pikirkan. Bukankah dalam Surah Yunus ayat 99 dikatakan : Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?.

“Truly great people usually don’t feel important; they make others feel important” Blog ini tidak memiliki arti apa2 jika hanya berisikan kata2 dari ku. Justru kalian lah – yang berkunjung kesini dan meletak kan kata disini – yang memberi arti dan menjadikan blog ini lebih bermakna. Terima kasih. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

Aku dalam berbagai kegiatan dan jalan hidup :

erander_32.jpg

Iklan

273 Komentar (+add yours?)

  1. asf
    Des 24, 2006 @ 16:50:57

    Mas Asf, saya minta tolong boleh ga? gimana ya caranya membuat blog agar tulisan kita itu ga tampil semuanya. Tapi hanya alinea pertama aja kemudian ada read more-nya semoga mas Asf berkenan mengajarkan kepada saya. Semoga Allah membalas budi baiknya untuk ilmu yang diberikan kepada saya. Amien.

    Pada saat Anda posting. Anda tinggal klik tanda split post atau tulisan “more” pada menu-menu di atas tulisan yang ingin Anda post. Posisi kursor pada akhir alinea pertama.

    Semoga membantu..

    Terima kasih atas petunjuknya. Berkat mas Asep, tampilan blog saya sudah lebih enak buat dilihat. Sekarang tinggal saya yang mengisi blog ini agar lebih bermanfaat, khususnya buat saya.

  2. arifien
    Feb 09, 2007 @ 21:14:39

    salam kenal yak..

    you welcome

  3. nova
    Feb 10, 2007 @ 16:23:19

    Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh…

    Salam kenal ini dari saya web developer dari Alquran digital dengan alamat :

    http://quran.kawanda.net

    tolong isi buku tamunya yah pa disana, terima kasih

    Wassalamu’alaikum

  4. senyumsehat
    Feb 16, 2007 @ 14:05:38

    Perintah sholat ga pernah sendirian, selalu di ikuti memuliakan anak yatim dan fakir miskin, sayang banyak ga nyimak, di Indonesia anak keleleran dan miskin di jalan2, andaikan semua orang sholat memuliakan orang2 miskin itu, beres barangkali krisis moneter berkepanjangan.
    Wallahu alam,
    Salam kenal

    Salam kenal juga mbak .. sholat kan tiang agama .. jadi, kalo cuma tiang tok, ya ga jadi apa2 juga. Tapi kalo ga ada tiang, ya ga bisa membangun juga. Setuju mbak .. mudah2an semakin banyak orang yang memuliakan anak yatim dan fakir miskin. Seandainya 50% orang yang sholat menolong satu orang saja, maka ada 50% orang lain yang tertolong.

  5. klikharry
    Feb 21, 2007 @ 15:02:10

    salam kenal mas

    your welcome 🙂

  6. M Shodiq Mustika
    Feb 22, 2007 @ 08:34:29

    Terima kasih, blog saya dicantumkan di blogroll Anda. Semoga bermanfaat sebagaimana mestinya.

    Amien .. begini nih asiknya teknologi. Kalau digunakan dengan baik, Insya Allah akan mendatangkan banyak manfaat. Semoga teman2 yang link dengan saya juga berkunjung ke mas Shodiq.

  7. xwoman
    Feb 27, 2007 @ 22:24:27

    sama dunk mas saya juga sedang merindukan Nya…mudah-mudahan di izinkan

    maaf mbak … minta izin siapa? .. Insya Allah, kalo minta izin Nya untuk berbuat baik pasti diizinkan mbak

  8. alle
    Feb 28, 2007 @ 06:54:16

    Pak saran dikit,. pake SWT donk biar gak salah pengertian 😀

    salam
    -allè-

    maksud mas Alle? .. salah pengertian apa? maklum saya belum ahli dalam agama .. mudah2an mas Alle mau memberikan masukan agar jadi lebih baik lagi.

  9. alle
    Mar 01, 2007 @ 06:29:46

    ahh,.. saya juga bukan pakar agam lho Pak.
    Itu lho, saya biasa menulis Allah SWT. Soalnya agama yg lain menulis tanpa SWT kan? sorry SARA…

    Oh gitu ya .. jadi ini masalah SARA? masalah akidah? masalah wajib atau apa? apa memang dijawibkan setiap menulis nama Allah harus digandeng dengan SWT atau hanya sebagai penanda saja .. jika Allah SWT artinya Islam, trus kalo tanpa SWT artinya non Islam .. apa itu ya? aduhhh bingung nih ..

  10. Dani Iswara
    Mar 01, 2007 @ 09:30:14

    coba hspace-nya digedein pak.. 😀

    digedein? pake apa pak gedein-nya .. ga perlu ke mak erot kan? .. hahaha just kidding pak dokter. Ok, nanti saya coba gedein mudah2an bisa jadi gede pak.

  11. panca
    Mar 04, 2007 @ 19:58:32

    halo mas erander salam kenal dari saya

    Salam kenal juga .. mas Panca .. thanks sudah jalan2 di blog saya.

  12. rajaiblis
    Mar 05, 2007 @ 08:54:28

    @erander
    sesungguhnya yatim itu adalah pondasi agama …
    sebagus dan semegah apapun sebuah tiang didirikan, bila tidak bertumpu pada pondasi yg kuat … lama kelamaan bangunan itu akan amblas …

    maka pantaslah aLLah katakan bahwa mereka yg enggan menyantuni anak yatim termasuk kategori manusia yg lalai akan sholatnya … (al ma’un) artinya … seholatnya itu malah akan membawa mereka kepada kekejian dan kemunkaran ! itu artinya mereka telah mendustakan agamanya sendiri …

    Setuju mas Raja Iblis – waduh, nama ne – salah satu bukti bahwa kita beriman adalah menyantuni anak yatim .. so, banyak lagi amal2 baik yang harus kita buat. Tumben raja iblis memberi nasehat kebenaran hehehe 🙂 biasanya kan mengajak kemungkaran .. tul gak?

  13. pinokioze
    Mar 05, 2007 @ 11:36:20

    ” speak is easy but difficult to do….”

    … saya juga merindukan-NYA….

    Benar mas Pinokio (?) .. tapi bukankah didalam kita menjalankan ibadah selalu dimulai dengan kata-kata (speak) alias niat? ya mudah2an .. hambatan kesulitan, tidak membuat kita hanya berkata-kata saja, tapi melaksanakannya. Good.

  14. jokotaroeb
    Mar 05, 2007 @ 15:26:43

    halooo mas salam kenal dari saya

    ketika membaca kata sambutan diatas (kaya pidato aja) hati saya merasa tergugah saya sangat merindukan-Nya

    Salam kenal juga buat mas Joko .. gampang kok mas .. dengan merindukan-Nya sebenarnya kita sudah ada didekat-Nya. Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho-Nya.

  15. deKing
    Mar 05, 2007 @ 18:28:59

    Salam kenal Pak
    Saya sepakat dengan kang Jokotaroeb 😀

    Salam kenal juga .. mudah2an kita selalu menyebarkan kedamaian dimuka bumi sebagai wujud cinta kita pada-Nya.

  16. ceKing
    Mar 12, 2007 @ 18:38:09

    Pak Erander, saya baru buka tulisan Bapak di frienster dan saya tertarik dengan yang ini:

    Sahabat .. tidak menyuruh anda berhenti bersedih ketika anda sedang bersedih .. mereka tidak menawarkan pemecahan untuk masalah yang tidak ingin anda pecahkan .. mereka tidak memotong pembicaraan waktu anda ingin bicara .. mereka tidak menyuruh anda memakai otak ketika anda sedang tidak masuk diaka

    Bagus Pak…

    Terima kasih mas Ari. Semoga kita bisa saling berbagi. Itulah indahnya persahabatan. Jadi ingat lirik lagu “That’s what friends are for” nya Stevie Wonder

  17. peyek
    Mar 12, 2007 @ 23:13:53

    dari blogwalking, salam kenal pak!

    Your welcome .. monggo, pinarak. Ngopi dulu hehehe .. jadi kaya berkujung ke tetangga. Keep in touch ya.

  18. ndarualqaz
    Mar 13, 2007 @ 15:59:06

    alhamdulillah. akhirnya setelah berbulan bulan melanglang buana di wordpress, akhirnya saya nemuin orang dari madiun juga. salam kenal pak , kulo nggih saking mediun.

    walah pak .. saya di madiun ketiban tugas pak. Disini sudah hampir 3 tahun .. but it’s ok. Saya sendiri orang Melayu pak.

  19. Mr. Lomo
    Mar 15, 2007 @ 15:58:49

    Salam kenal mas….. ada pelajaran dari jalan2 di blognya…..thanks

    Alhamdulillah .. semoga Allah memberkati mu dan mas Lomo selalu dalam lindungan-Nya. Amien

  20. leeloos
    Mar 25, 2007 @ 19:50:46

    Lagi blogwalking..

    Salam kenal ya 🙂

    Hai Ren, pa kabar .. your welcome. Enjoy it

  21. ..:X W O M A N:..
    Mar 29, 2007 @ 09:46:08

    Ganti header pak?
    Wah dikit lagi mirip Ir. Soekarno tuh 😀

    Iya tuh .. minta tolong teman yang ahli buatin header. Eala, foto yang pake kopiah malah yang dipilih. Mungkin temanku itu penggemar Soekarno kali neng.

  22. roisz
    Mar 29, 2007 @ 17:25:09

    salam kenal mas,…
    teduh hati ini baca postingnya yang di atas

    salam hangat

    Alhamdulillah .. semoga kita sama2 mendapat hidayah dari Nya. Agar hidup ini menjadi lebih indah dan nikmat untuk dilalui.

  23. sigit antoro
    Apr 03, 2007 @ 00:51:42

    alhamdulillah, saya merasa menemukan kebaikan… terima kasih sudah menjadi teman saya mas, semoga ‘syiar’nya diterima dan dicatat olehNYA. amiin

    Saya juga bersyukur bisa kenal dengan mas Sigit. Semoga kita saling mengingatkan ya mas. Maklumlah, saya ini manusia. Pasti banyak banget kekhilafan yang saya lakukan. Your welcome bro.

  24. deKing
    Apr 03, 2007 @ 02:12:03

    Loh, bukannya mas Ari itu di Jakarta juga?

    Ihik…sudah lama bersahabat kok masih belum tahu keberadaan saya 😦
    *mendramatisir keadaan*
    Sekarang saya sedang mengungsi Pak…
    BTW kok lama tidak mampir gubug saya Pak?

    😀 so sorry bro .. soalnya, ga pernah nanya2 domisilinya sih. Ya ya, saya ingat. Sampeyan di Jogjakarta toh? .. kemaren saya mampir kok ke ‘gubug’ panjenengan. Tapi bapak sedang sibuk, jadi saya balik lagi hehehe

  25. doeytea
    Apr 03, 2007 @ 08:36:07

    Salam kenal Pak dari blogger baru. Mohon bimbingannya.

    Your welcome .. btw, ga salah nih? soal ne, saat saya jalan2 ke blog sampeyan .. kok rasa2nya justru saya yang mohon bimbingannya. Terutama buat ngisi laporan pajak hehehe .. blog Pak Yudi sudah ok kok pak. Saya add blog-nya ya Pak?

  26. nayla zahra
    Apr 03, 2007 @ 10:40:34

    euh.. mampir Pa! makasih.. 🙂

    Monggo, silakan .. Ga ngobrol2 dulu bu?

  27. n0vri
    Apr 03, 2007 @ 16:00:16

    Saya mampir ya, Pak..
    mau belajar… kehidupan…

    Sama2 mbak mas Novri .. saya justru lebih banyak belajar kehidupan dari orang2 yang mampir di blog saya.

  28. cikalkautsarfuqohha
    Apr 05, 2007 @ 12:58:06

    AssWrWb.
    Ga nyambung ga pa2 ya mas. Cuman pesen ke semua: Tetapilah Quran Hadits. Hanya Quran Hadits. Jangan belajar agama dari buku2 karangan, itu akan menyesatkan kalian. Ingat pesan Nabi: “Telah aku tinggalkan 2 perkara, yang kalian tidak akan tersesat selama menetapinya, yaitu Quran Hadits.” Walaupun penyusun buku2 karangan menganggap dirinya juga bersumber pada Quran Hadits & bahkan mencantumkannya dalam buku karangannya, tetep aja itu tidak sesuai dg perintah Alloh dalam Quran & perintah nabi dalam Hadits. 10 ribu orang boleh menganggap dirinya ulama, tapi selama dia tdk mengajarkan langsung sumber utama hukum islam, berarti merekapun sedang tersesat. WassWrWb

    Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
    Benar mbak. Dalam memahami sesuatu, ya memang harus kembali ke-sumber-nya. Hal2 lain, boleh aja kita membacanya sebagai bahan kajian dan menambah wawasan serta perspektif dalam menangkap maknanya. Maklum .. tidak gampang untuk memahami Al Quran secara tulisan. Ada makna yang teramat sangat dalam disetiap ayatnya. Dus, perlu pencerahan. Saya sependapat, bahwa hanya Al Quran yang benar. Sedangkan lainnya adalah pendapat dari manusia, yang bisa keliru. Bukankah kebenaran itu datangnya hanya dari Allah. Terima kasih mbak .. komentar mbak semakin melengkapi posting saya. Semoga kita selalu di jalan yang benar. Amien.

  29. ..:X W O M A N:..
    Apr 09, 2007 @ 10:09:54

    wah pak, ternyata kita punya beberapa kesamaan. Sama-sama gemini dan sama-sama suka donald bebek 🙂
    tapi gender kita beda lho pak 😛

    Ya iya lah .. masa X Woman itu lelaki sih mbak hwakakakak 😀

  30. anggara
    Apr 10, 2007 @ 09:55:33

    salam kenal pak, semoga bisa menjalin tali silaturahim

    Salam kenal juga mas Angga. Keep in touch.

  31. syarah
    Apr 14, 2007 @ 17:41:56

    Ass.Wr.Wb

    Thanks ya Mas,udah mo bls fs saya dan udah boleh jln2 di blogg nya,teduh & nyaman sekali di hati baca mukaddimah diatas,smoga Allah SWT meridhoi niat baik Mas eby…

    Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

    Alhamdulillah, Insya Allah .. niat baik itu selalu saya tanamkan. Makanya saya sengaja tulis di blog. Biar kalo saya ‘mbelok’ ada teman yang ingatkan. Maklum, sebagai manusia .. kita itu gampang banget digoda oleh setan terkutuk. Baik halus maupun kasar.

  32. yudhipras
    Apr 14, 2007 @ 23:28:18

    om,ganti heder ?? *Terkesan film matrix*

    kekekekkekekekke….

    Masa seh? apa bukan terkesan seperti di terminal bandara? *ya emang iya*

  33. calonorangtenarsedunia
    Apr 20, 2007 @ 15:31:06

    salam kenal..
    lagi jalan2 trus mampir,,

    Alhamdulillah, nambah teman lagi. Senang banget kenal dengan mbak Hana? oya bukan kah itu bahasa Aceh? .. semoga cita2 menjadi orang tenar tercapai ya mbak.

  34. calonorangtenarsedunia
    Apr 20, 2007 @ 15:52:49

    kalo bahasa aceh, hana itu artinya ‘tidak ada’,,
    daku jadi sedih,,
    tapi aku bukan orang Aceh kok, oom..

    Hahaha 😀 kok tau sih? ya .. makanya daku-nya nanya pada dirimu. Takut salah. Avatarnya apa ga keliru itu mbak? Oya, saya pernah jalan2 ke UIN Syarif Hidayatullah loh mbak.

  35. calonorangtenarsedunia
    Apr 20, 2007 @ 16:05:01

    YM nya tak add lho..
    tp dicuekin tuh,,

    oya .. masa? dicue’in sama sapa mbak?

  36. Rwin
    Apr 22, 2007 @ 16:25:24

    Assalamu’alaikum Bang, Rwin coba2 mampir ke blog Abang sekalian nyoba speedy baru hehehehe…..! dah gitu dulu ya Bang saya mau jalan2 ke Blog Abang biar tambah wawasan….!

    Wa’alaikumsalam .. thanks ya sudah mampir disini. Kalau bisa sih, diberi komentar tambahan biar tulisan abang bisa lebih berwarna dan ga harus sejalan. Juga kamu bisa bagi2 pengalaman. Sukses ya Win.

  37. superkecil
    Apr 23, 2007 @ 18:33:31

    salam kenal pak erander…
    kecil jg kangeun…
    kecil mo ‘melacur’ (melakukan curhat) ma sapa lagi kalo ga ma Dia…
    hikz…

    Salam kenal juga. Ini mbak atau mas ya? .. Iya sih, emang lebih afdol kalo curhat ama Dia mbak daripada ama dia hehehe .. tapi boleh lah sekali sekala juga ama dia. Lam kenal juga mbak eh mas eh mbak ..

  38. kangguru
    Apr 23, 2007 @ 22:34:57

    oot karena sesuatu hal kombordotcom telah di suspend sama si matt maka pindah ke http://arif.widarto.net/

    Ya .. tadi saya baca beberapa blog teman2 lain yang bilang kalo ada blog teman2 yang di suspend. Katanya sih gara2 ikut ngedaftar lomba apaaa gitu. Juga ada yang blog nya di bajak. Sedih deh 😦

  39. superkecil
    Apr 24, 2007 @ 18:22:52

    iya.. waktu itu punya kecil didompleng.. und kecil satu dashboard ma si pendompleng… kalu si pendompleng meng-“APA2”- kan komen temen2ny kecil tanpa spengetahuan kecil gmn?… akirna kecil pindah ke link yang sekarang….

    superkecil.wordpress.com

    tapi artinya sama… yang dulu lounique (baca: lunik)… ini bahasa tempat kelahiran ayah, yang kalo dibahasa Indonesiakan artinya KECIL
    malah pamer c?

    Oh gitu toh? .. sudah saya add kok mbak kecil di blogroll saya.

  40. Rizma Adlia
    Apr 28, 2007 @ 00:22:45

    salam kenal,, 🙂

    Nice to know you. Your welcome. Oya, blog mu sudah saya add di blogroll ku.

  41. deking
    Mei 01, 2007 @ 05:33:59

    Salam kenal Pak…
    Semoga sukses selalu 😀

    Rasanya sudah kenal deh? .. wek :p

    Thanks buat ucapannya

  42. Nita Amalia
    Mei 04, 2007 @ 11:09:45

    Salam kenal bang Eby, sayang Nita blm sempet bikin blog, tp suka bgt baca ur posting……..

    Kok belum sempat? Sibuk bikin film ya mbak? kan selebritis hwakakak 😀 .. mbak, mbak .. long weekend nanti kemana neh?

  43. kurtubi
    Mei 04, 2007 @ 16:35:54

    waah sebuah semangat yang luar biasa membatin… mengayat semoga pula menghayat semoga bisa mengaliri langkah2 menggiat.. dan semoga nuranimu menulariku…

    “Kerinduanku pada Allah membuat aku ingin lebih banyak memberi dan memberi agar apa yang kudapat dan kurasakan dapat juga dirasakan oleh orang lain tentang Kebesaran ALLAH.”

    salam kenal
    meski di awal dan di kanal
    tapi maunya sampai terminal
    semoga ada manfaat yang handal

    Subhanallah .. semoga keinginan saya itu tidak berlebih2an. Saya takut menjadi sombong dan riya’. Karena sombong membuat orang lupa diri. Saya lebih senang dikritik. Karena dengan kritikan saya bisa memperbaiki diri saya. Karena saya sadar, bahwa saya ini cuma manusia. Karena saya manusia, maka saya banyak kekurangan. Sama2 ya Pak .. kita saling menasehati dan menularkan pengetahuan tentang Allah.

  44. kurtubi
    Mei 04, 2007 @ 18:13:31

    hai… biasa saja menanggapai kata2 saja yang mengalir begitu saja tanpa pretensi or tendensi… awalnya kita saling kenal. Santai aja bos…

    kan mengikuti hukum: “kesan pertama begitu menggoda selanjutnya tersersah anda”

    artinya pada sambanganku kedua, ketiga dst… kita bisa saling isi mengisi atau ngosong mengosong… kritik mengkritik atau gelitik menggelitik… hahahaha

    salam balik makasih dah nyambangi tempatku….

    Sama2 pak .. semoga tidak salah paham ya. Sukses selalu. Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amien.

  45. destiutami
    Mei 06, 2007 @ 16:36:32

    Hia! Salam kenal, Pak! 🙂
    Baru mampir nih. “Rumah”-nya bagus ya? 🙂

    Salam kenal juga. Bagus tidak bagus, relative mbak. Yang penting bahagia nggak, berada di dalam rumah itu.

  46. astikirna
    Mei 07, 2007 @ 09:27:51

    weee… dimadiun ya? Madiunnya mana Pak? 😀
    salam kenal ya Pak…. Saya juga dari madiun… 😀

    Yoi .. di daerah Serayu mbak. Mbak sendiri dimana? Saya baru kok mbak disini. Sekitar 3 tahun.

  47. anas
    Mei 15, 2007 @ 21:56:11

    Salam kenal pak. Jadi tersadar juga nih.

    Tersadar apa pak? .. salam kenal juga. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.

  48. Herdiyanto
    Mei 22, 2007 @ 19:00:31

    Wih, sejuk banget pengantar “AKU” nya.
    Andai semua orang di muka bumi ini berkeinginan seperti Bapak semua, WOOw…
    Salam kenal pak..

    Bisa terwujud kok pak. Mulai dari diri kita sendiri. Saya sengaja menulis itu, untuk menginspirasi semua orang. Jadi kata seandainya itu – Insya Allah – berubah menjadi kenyataan. Percayalah. Salam kenal juga. Oya .. blog nya sudah saya add.

  49. ilham
    Mei 22, 2007 @ 21:55:20

    Saya beberapa kali berkunjung ke sini. Mungkin ga komen karena ga kompeten. hehehe, tp tnq sudah menjadikan KafeMotor sebagai sahabat. Good luck 4 u 2…

    Wadoh, saya benar2 merasa tersanjung dikunjungi oleh seleb-nya blog. Thanks for say hello. Dan blog-nya kafe motor sengaja saya taruh di depan agar mudah untuk diklik karena saya pikir sangat bermanfaat buat teman2 yang numpang lewat disini.

  50. astikirna
    Mei 23, 2007 @ 09:14:04

    Madiun saya Jiwan…hehehehe…
    Tp sekarang lagi merantau ke tetangga sebelah mengais rejeki dan mencari ilmu… 😀
    klo saya pulang bisa maen dong pak ke Serayu.. 😀

    Wah, monggo mbak .. silaken. Tak enteni yo. Tapi kabari dulu soalnya satu dua bulan ke depan saya sering tugas keluar kota.

  51. astikirna
    Mei 24, 2007 @ 14:42:40

    la neh meh ngehubungine piye? ;-)) besok sabtu minggu ini mo pulang 😀 ambil cuti 2 hari… klo OL di ym asthie_k klo email astik@gamatechno.com

    Duh mbak .. Sabtu ini aku ke Jakarta sampai akhir bulan. Trus awal bulan ke Jogjakarta dan Magelang. Mungkin baru pertengahan Juni ada waktu luang dikit. Ntar deh, kalo aku OL di YM aku kontak. Ok.

  52. astikirna
    Mei 25, 2007 @ 08:16:46

    hmmm… ya dech… klo ke jgj mampir yak… sekalian bawain apa gitu buat anak kos.. ;)) (maklum cah kos.. :-D)

    Insya Allah .. BTW Jogja itu kan luas, emang nge-kost dimana?

  53. astikirna
    Mei 25, 2007 @ 08:30:20

    btw Ol nya tiap mlm ya pak.. :-p

  54. astikirna
    Mei 25, 2007 @ 08:56:14

    Gludak… ni lagi Ol ta pak… Jogjanya Terban… deket ma kampus UGM 😀 tetanggaan…. OL YM ndak pak?

  55. ERWIN
    Mei 27, 2007 @ 23:12:59

    Assalamu;alaikum Wr. Wb
    Pa kabar Bang….! moga Sehat2 aja, gmn dengan Tugas selama 4 hari di Jakarta? sukses ya Bang. batuk nya dah sembuh kan Bang.
    Abang jd pulang tgl 30 ini yaa….!
    Rencana Abang sekeluarga habis dari Jakarta kemana lg nich Bang… kata si Bemby Abang mo Pergi ke Lumajang yaa….! dah klo gitu Kami akan main ke Rumah lgi setelah Abang pulang dari sana aja yaa….! sama sapa aja nich Bang ke Lumajang….?

    Wassalam.

    Rwn

  56. mrtajib
    Mei 28, 2007 @ 23:12:56

    wah ternyata sama-sama Muslim ya pam, berarti sodara dong?
    *emang yang bukan Muslim bukan saudara?”

  57. erander
    Jun 04, 2007 @ 08:19:35

    Wa’alaikumsalam,

    Setelah liburan ke Bali, acara ku dilanjutkan tugas ke Jakarta dari tgl.26 s/d 31 Mei 2007 kemudian diteruskan acara kantor ke Jogjakarta dan Magelang dari tgl.01 s/d 03 Juni 2007. Jadi bukan ke Lumajang. Rasanya, badan pegel2. Tiga minggu keluar kota mulu. Soal saudara .. biasanya digunakan untuk garis keturunan atau garis keyakinan. Kalau yang lainnya, mungkin sahabat atau teman karib kali ya?

  58. masdhenk
    Jun 07, 2007 @ 15:39:59

    salam kenal mas…
    saya ada di magetan, di lereng lawu
    blog yang adem dan cute

    Pa kabar tetangga 🙂 .. Thanks sudah jalan2 ke tempat saya. Salam dari Madiun.

  59. wididaye Nugrahe
    Jun 23, 2007 @ 19:30:33

    salam kenal ya mas. moga bisa menjalin tali silaturahmi. bagus banget blognya

    Nama mu unik. Ini mbak atau mas ya? Maaf kalo saya ragu hehehe .. thanks atas komentarnya. Kalo bisa beri saya masukan buat blog ini. Salam kenal juga.

  60. cK
    Jun 26, 2007 @ 13:08:01

    salam kenal oom… 😀
    saya cK dan saya perempuan 😀 soalnya banyak yang menyangka saya laki-laki

    Kok namanya kaya’ laki … grrrhhhh (diucapkan dengan gaya iklan Kit Kat)

  61. Rio.Ganteng
    Jun 29, 2007 @ 12:51:56

    Assalamu alaikum Wr. Wb
    Haloo.. apa kabar mas?
    Mas bagaimana cara blog dan komentar jg?
    Org tuh suka berbohong ama saya. Ada jg org suka bermainan ama saya tuh. Saya mendengar org suka menghina ama saya…..
    Semoga Allah…… tdk akan maaf Dia tuh…

    Wa’alaikumsalam Wr. Wb
    Alhamdulillah kabar baik. Semoga Rio juga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan-Nya. Untuk membuat weblog, gampang kok. Rio bisa klik di alamat blog ini. Yang namanya belajar, kudu sabar dan benar2 diniatkan. Kalo soal komentar .. loh Rio ini kan sudah kasih komentar juga hehehe 🙂 .. lupa ya? .. sedangkan kalo orang suka berbohong dan menghina kita. Biarin saja. Kan yang berdosa orang tersebut toh? Kita terima semua sebagai cobaan dari Allah. Ga perlu dimasukan di dalam hati atau dendam. Fokus saja pada kehidupan kita sendiri. Insya Allah .. Allah selalu beserta kita.

  62. wiku
    Jun 29, 2007 @ 19:06:53

    Selamat malam Mas. Saya tetangga sebelah, mau numpang lewat. Sekalian ngintip isinya 😛 Hehehhe….. Salam kenal 😀

    Halloooo tetangga .. silakan mampir. Masuk aja. Salam kenal juga.

  63. Yari NK
    Jul 04, 2007 @ 20:26:26

    I’m blogstrolling… and voila…. I’m here! Salam kenal mas from an oven-fresh blogger! Wassalam.

    Your welcome .. senang sekali bisa dapat teman baru .. dari oven lagi .. pasti gurih hehehe

  64. spektrumku
    Jul 05, 2007 @ 19:08:21

    Walaah kasihan aku dibilang gurih! Hehehe… but it’s okay. O iya mau nanya pertanyaan polos nih, gimana caranya kalau ngejawab comment seperti sampeyan, ngejawabnya persis dibawah yang comment dan sedikit menjorok ke dalam seperti alinea baru gitu. Baru lihat yg spt itu saya (norak ya!).

    Ga, ga norak kok. Biasa aja. Namanya juga belum tahu. Buat ngejawab comment dalam satu box gampang. Coba kamu cari kata “edit” yang biasanya sejajar dengan nama si penulis. Klik kata “edit” tersebut .. nah, nanti kamu akan masuk ke dalam kotak edit. Trus .. sebelum menulis jawaban, tambahan kata “blockquote” yang ditulis dalam tanda “” trus pada akhir jawaban ulangan kata tersebut dengan ditambah / pada kata blockquote itu. Selamat mencoba.

  65. Adit
    Jul 10, 2007 @ 06:58:25

    Makasih yang bang…aku bisa bergambung disini…kalimat td membuat hatiku yang paling dalam tersentuh (sumur kali!!!) napa jg abang ga jd Ustad…???

    Terima kasih Adit sudah meluangkan waktu untuk membaca weblog saya ini. Saya pikir, cara berdakwah tidak harus jadi ustad bukan? justru dengan cara ini – saya berharap – dapat mengugah hati teman2 untuk selalu berbuat baik.

  66. mamaendang
    Jul 17, 2007 @ 21:32:56

    ada info untuk anak yatim atau fakir yang mau kuliah gratis sampai tamat (S1 manajemen)
    klik aja tnnews di http://tnnews.wordpress.com/brosur-stietn/

  67. Agam
    Jul 18, 2007 @ 11:23:54

    Assalamu’alaikum..
    Makasih sudah saya link balik.

    Tengkyu perimat .. tetap kritis ya.

  68. deKing
    Jul 24, 2007 @ 15:58:43

    Sedang sibuk ya Pak?
    Kok Pak Erander lama tidak menulis?
    OK dech…selamat menikmati pekerjaan yang sedang dihadapi…
    Sukses selalu…

    Masih koq pak. Memang frekuensinya cuma seminggu sekali. Trus lebih banyak memberikan komentar di blog-nya teman2. Sekalian silaturahmi. Stock tulisan sih masih ada 5. Masih perlu saya revisi lagi biar enak dibaca. Tadi saya sudah mampir dan meletakkan kata koq pak di blognya bapak.

  69. Yari NK
    Jul 26, 2007 @ 08:46:42

    Iseng\:Mas!

    **ngacir**

    Ya, jadi tahu deh cara nulis LATEX!
    .. ma kasih ya sudah iseng disini.

  70. Yari NK
    Jul 26, 2007 @ 09:55:56

    untuk spasinya mas pakai kode \: perhatikan kode itu. Kalau &bg untuk warna later belakang kalau &fg untuk warna font-nya sedangkan &s untuk besar kecilnya font.

    Terima\:kasih\:kode\:latexnya

    Wah .. ga nyangka kalo mas Yari itu pinter juga kaya’ kang Guru hehehe .. ma kasih tips nya.

    Semoga\:sukses\:buat\:mas:\Yari:\

  71. veecar
    Jul 26, 2007 @ 13:07:03

    Assalamu alaikum mas!
    saya percaya rahmat Allah Swt. (katanya harus pake swt ya spy jelas islamnya? 🙂 ) meliputi SEGALANYA….segala rupa manusia, ras, suku bangsa, agama dan seluruh makhluk-Nya
    salam kenal mas .. semoga tetap dalam anugrah cinta-Nya (u/kluarga mas jg)..

    Terima kasih atas doa-Nya. Salam kenal juga.

  72. echox
    Jul 29, 2007 @ 15:45:15

    assalamualiakum,…..

    sng bgt rasanya td,..walopun ga pernah ktm,.tp dah krasa deket bgt,.
    n makasih dah ditraktir,.. tp sayangnya q dah maem,… jdne ga ambil maem deh!!!!
    tau gitu ,….????
    he,…he….h.e…..he….
    ga kog, dah kenyang.

    makasih,…
    nice to meet you

    wass wr.wb

    Wa’alaikum salam .. your welcome .. kapan2 deh, kalau abang ke Surabaya lagi, kita bisa cangkrukan bareng. Keep in touch aja. Ok. Senang juga bisa kenal dengan blogger Surabaya

  73. aRuL
    Jul 29, 2007 @ 16:53:29

    Bang terima kasih traktirannya di kopdar tadi…. 🙂 hehehe

    Your welcome

  74. p4ndu_Y4m4to
    Jul 29, 2007 @ 17:36:44

    Makasih traktirannya di kopdar tadi ya… 😀
    Eh, gambarnya belum muncul ya?

    Sudah ada tuh .. bisa di copy koq. Atau nanti abang kirim ke email kalian ya.

  75. Chiw yang abis ditraktir Bang Eby
    Jul 29, 2007 @ 18:28:22

    Bang Ebyyy…makaswi traktirannya yaaa….
    *jadi enak…masa tamu malah nraktir sih?*

    :mrgreen: gapapa deh,ya Bang?
    itung2 sedekah buat anak2 terlantar kost…

    hwahahaha

    aseli, Bang Eby ini orangnya aswijk! gayanya kayak anak muda banget! sporty, gawul .. sayangnya .. Narsis! 😆

    eheheee…
    salam buat Mas Yadi yang cakep ya Bang…tapi jangan bilang bilang Farid lho ya…

    hehex…

    Jangan kawatir .. sepanjang ada ongkos tutup mulut .. ga bakalan Farid tahu.

    *sambil berdoa supaya Farid ga nge-baca komentar ini*

  76. antobilang
    Jul 30, 2007 @ 12:42:41

    huh, pada ditraktir ya….
    *menangis di pojokan*

    bang eby kapan ke jogja?
    👿 *menyiapkan rencana pemalakan*

    Ntar deh .. kalau pas ke Jogja .. abang kasih tau Anto ya. Ntar Anto yang jadi ketupat sayurnya?

  77. xwoman
    Jul 31, 2007 @ 10:46:00

    denger-denger ada yang nraktir nih… boleh juga tuh ke Bandung pak 😆

    ga nyangka pak Erander ini cerewet soalnya lihat wajahnya wajah lugu yang jarang bicara dan gak narsis..

    benar ternyata jangan lihat buku dari sampulnya :mrgreen:

    Kaya’nya mesti dibicarakan dengan manager abang deh. Diatur schedule tour-nya .. Setelah ke Surabaya, apa bisa dilanjutkan ke Jogjakarta dan Bandung. Masih menunggu launching album terbaru soalnya.

    *mode seleb ON*

  78. Neo Forty-Nine
    Agu 04, 2007 @ 11:02:03

    udah ikut selamatan MAs

    Oh ada undangan toh ..

  79. almascatie
    Agu 05, 2007 @ 19:53:43

    bang.. aku sambung kabel ke kompi sebelah ya 🙂

    Monggo .. silaken. Ati2 .. kesetrum ya hehehe .. disini aku sudah colokin kabelnya.

  80. mataharicinta
    Agu 08, 2007 @ 20:31:54

    Assalamu’alaikum pak….
    salam kenal ya.
    kok kaya salah satu bintang sinetron ya, fotonya?

    *mikir-mikir*

    Wa’alaikumsalam .. semoga Allah selalu melindungi kita semua.
    Hmm .. saya juga mikir2 nih .. bintang sinetron apa ya? hwakakak

    *ya iya lah .. emang ga ada sinetronnya koq*

  81. ainul
    Agu 16, 2007 @ 15:25:12

    Wah hebat mas koment anda,
    andai 50% orang shalat juga menyantuni fakir, maka 50% orang akan terbantu…
    Bener-benar..
    Harta cuma titipan ya Mas.
    Saya paling terharu kalo melihat orang care ama yg fakir.

    Salam

    Insya Allah .. dengan banyaknya orang yang membaca statement saya tersebut kemudian mempertanyakannya akan membuat saya selalu diingatkan dengan komitmen saya. Maklum .. yang namanya iman itu naik turun. Perlu upaya agar tetap kafah.

    Ainul benar .. semua ini hanya titipan .. mulai dari rumah, kendaraan, perabotan, jabatan, pekerjaan, wajah yang rupawan, phisik yang sehat, anak2, istri/suami dan lain sebagainya karena – pada akhirnya – semua akan kita tinggalkan selama2nya. Jadi .. mengapa harus kita agung2 kan kalau hanya untuk sementara saja. Malah lebih banyak mendatangkan fitnah. Oleh karena itu ketika diberi karunia, itu artinya kita sedang menerima titipan dari Allah untuk dijaga.

  82. deking
    Agu 20, 2007 @ 08:53:11

    Hehehehehe maaf Bang kalau ternyata komentar saya tentang kenarsisan Bang Erander pada akhirnya membuat predikat narsis melekat pada Bang Erander 😀

    Saya berani ngomentarin kayak gitu karena Bang Erander memang narsis sepertinya pribadi yang nyantai dan bersahabat

    Gak papa kan Bang? Toh Bang Erander memang narsis hehehe…

    Salam damai saja buat Bang Erander hehehe…

    Gpp .. nyantai aja lagi. Tapi saya boleh kan mengungkapkan apa yang saya pikirkan .. makanya header blog, saya beri nama ku letak kan kata disini bukan di hati hehehe .. Cuma sering kali kata narsis menjadi bias. Karena menurut saya narsis adalah mencintai diri secara berlebih2an. Hmmm .. Peace

  83. Blankers
    Agu 20, 2007 @ 16:53:59

    Salam kenal Mas Erander.

    *sambil kebingungan enaknya Mas ato Pak ya… semoga gak keliru*

    Awalnya tahu komen-komen Mas dari beberapa blog. Tapi hari ini tiba-tiba pingin mampir. Begitu mampir langsung terasa nyaman. Jadi .. say hello deh disini, sekalian melaporkan kalo saya ngelink blognya Mas ke tempat saya.
    Trims B4.

    Your welcome .. saya lebih nyaman dipanggil abang. Maklum, kalo dirunut2 silsilahnya, keluarga saya dari Sumatera. Jadi panggilan abang rasanya pas. Tapi karena sekarang sudah lebih dari 5 tahun di Jawa .. saya sudah terbiasa pula dipanggil dengan mas. Up to you deh

  84. abusilman
    Agu 21, 2007 @ 10:06:28

    Ass Wr Wb
    Selamat Kenal Pak……..
    Jazakallah atas kepercayaan Bapak untuk meletakkan blog saya di Bapak dan mudah-mudahan dapat lebih meningkatkan silaturahim di antara kita.
    Wassalam

    Wa’alaikumsalam .. your welcome.

  85. nailah
    Agu 24, 2007 @ 14:47:57

    Salam kenal, lagi silaturahmi niyy ….

    Salam kenal juga .. ma kasih sudah mampir .. ada yang bisa saya bantu?

  86. Gunawan
    Agu 27, 2007 @ 14:15:19

    Assalamu’alaikum,

    Hmm…. bagus juga nih blog-nya .. kebetulan pas lagi numpang lewat .. hehe. Salam kenal aja ya dari saya .. moga bisa jadi temen baik..:).

    Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumsalam

    Thanks banget sudah mau numpang lewat sekaligus mampir sebentar buat meletakkan kata disini. Dan semoga ga segan2 menulis kata yang dapat membuat blog ini lebih baik lagi. Bukankah tidak ada gading yang tak retak? Insya Allah .. dapat jadi teman baik. Keep in touch bro ..

  87. Krisnawan Putra
    Agu 30, 2007 @ 21:44:48

    Sesungguhnya perkenalan kita bukanlah sebuah kebetulan Mas. Rasanya kita satu energi, satu misi yaitu berbagi dan membagi. Mari kita bersinergi.

    Terima kasih atas kunjungan dan komentar2 positif dan simpatik Mas di blog saya.

    Salam progresif!

    Ya .. karena saya ingin melihat semua orang tersenyum dengan tulus. Ingin merasakan hangatnya kedamaian di hati semua manusia dan ingin mendengar kata2 yang menyejukan sukma. Pertama mesti dari saya dulu yang kemudian saya sampaikan kepada yang lainnya juga agar impian saya menjadi nyata.

    Terima kasih juga .. telah meletak kan kata disini.

  88. senyumeva
    Sep 05, 2007 @ 01:35:19

    salam kenal pak.. 🙂

    Salam kenal juga mbak Eva.

  89. urie
    Sep 05, 2007 @ 11:08:19

    Assalamu ‘alaikum Mas,

    Blog-nya Top markotop mas, salam kenal dari saya … tapi rasanya saya gak asing dengan mas waktu belajar transaksi LN di Jakarta.

    Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikum salam ..

    Hwakakakak 😀 .. bisaaaa aja .. Jadi kapan nih kita bisa di tempatkan di cabang LN lagi? Sudah lama nih ga pegang transaksi LN. Oya, sekarang sudah berlaku UCP-600 ya? Belum sempat baca tuh.

  90. urie
    Sep 05, 2007 @ 14:23:22

    Iya mas, sekarang udah berlaku UCP-600. Tapi aku belum sempat baca juga he..he.. jadi malu .. yang aku tau dan paling krusial adalah pemeriksaan dokumen sekarang jadi 5 hari mas .. dari 7 hari

    Jadi .. dalam 5 hari sudah harus diberi jawaban ke negotiating bank-nya? Hmm, diskon 2 hari. Capee dee.

  91. berchmana
    Sep 05, 2007 @ 14:42:34

    Salam persahabatan .. siippp .. temen ku ini emang huebat .. jadi ingat kita belajar bersama di gedung ujung KS Tubun …

    Ma kasih ya V, sudah mau mampir kesini. Kamu adalah teman kantor pertama yang tahu kalo aku ada blog hehehe .. V juga hebat koq. Buktinya sempat ditempatkan di Cabang Hong Kong kan? Opo ora hebat?

    Kapan sharing ceritanya. Aku dengar banyak kisah lucu yang terjadi disana. Sapa tahu aku bisa posting-kan di blog ini. Itung2 .. berbagi pengalaman gitu loh.

    Aku juga rindu dengan teman2 waktu belajar hampir setahun di gedung itu. Ga terasa sudah 10 tahun berlalu. Jadi pengen nulis ceritanya. Terutama tentang teman kita yang bisa mendirikan keris .. benar2 ajaib.

  92. nesia
    Sep 07, 2007 @ 22:52:21

    Blog yg sejuk dan mencerahkan. Saya selalu respek kepada orang (dan blog) yang bicara tentang iman dengan tetap mengedepankan kelembutan, kasih sayang, dan saling menghargai.
    Wassalamu ‘alaikum.

    Setuju .. bukankah di kehidupan ini yang kita cari adalah kebahagiaan? .. masalahnya, sering kali kita keliru menuju ke arah itu. Sehingga kita selalu tidak menemukan .. kebahagiaan yang sejati.

  93. undercover
    Sep 08, 2007 @ 01:13:56

    Pa kabar bang,

    Bang, kayaknya pak Darwin temen lama abang masih di Altrak cabang Pontianak tuh. Untuk memastikan benar apa tidak, bang erander bisa telp di no. (0561) 748670, 748778 ato email di alamat : darwin@ptk.altrak1978.co.id.
    Semoga benar yang dimaksud dan bisa menyambung silaturahmi.

    Thanks ya atas info-nya. Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan rahmat-Nya yang berlimpah.

  94. berchmana
    Sep 12, 2007 @ 14:31:54

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya .. ‘bi .., kalo lebaran pulang kampung Pontianak .. kirimin manisan buah asli sana ya….

    Koq dikirimin .. dibawa’in dong .. kan kalo pulang kampung, baliknya tetap aja ke Jakarta toh hehehe .. ya ya .. ma kasih ya V .. salam buat teman2 di Jakarta.

  95. nesia
    Sep 12, 2007 @ 20:01:52

    Untuk misahin paragraf, kalo saya si, pake “br” , pak (dalam kurung siku itu ya). Jadi tutup paragraf sebelumnya dengan … dan awali paragraf berikutnya dengan … juga. (Kurungnya sengaja dikasi spasi, takut ngefek .. hueueue. Abdi jg masih sedang belajar dan coba-coba atuh, Pak)

    Berhasil pak .. terima kasih ya. Iya .. kode yang bapak tulis itu hilang pak. Dan saya ganti dengan “titik-titik” supaya teman2 yang ingin belajar juga bisa mengerti.

  96. nesia
    Sep 12, 2007 @ 20:03:12

    Tuh kan .. br dalam kurung sikunya ilang. Huehehehe. Oiya, selamat puasa pak.

    Iya .. ilang pak. Mungkin karena menggunakan tanda “kurang dari” dan “lebih dari” Tapi sudah berhasil koq pak. Ma kasih ya.

  97. Dimas
    Sep 20, 2007 @ 05:28:55

    “Kerinduanku pada Allah membuat aku ingin lebih banyak memberi dan memberi agar apa yang kudapat dan kurasakan dapat juga dirasakan oleh orang lain tentang Kebesaran ALLAH.”

    Subhanallah, betapa sejuknya 🙂
    Alhamdulillah bertemu sahabat baru yang haus akan rahmat-Nya. Semoga api kerinduan kepada Allah Swt selalu terbakar di ‘qalb’mu sahabatku. amin 😉

    “Oh Lord, nourish me not with love but with the desire for love.” – Ibn Arabi

    Karena saya sadar kalau saya ini bergelimang dosa dan salah .. tapi Dia selalu menolong saya tanpa meminta apapun dari saya. Dia selalu ada ketika orang2 tidak ada disamping saya. Dia selalu menolak doa saya kalau itu – nantinya – mendatangkan kemudharatan. Dia menganugerahi kelemahan dan kekurangan kepada saya, agar saya tidak sombong. Dia takdir kan saya lahir, agar saya mengagumi ciptaan-Nya dan menyembah Dia.

  98. novaku
    Sep 21, 2007 @ 21:20:08

    Met puasa…
    Oh iya saya punya tips bagus untuk berolahraga di bulan puasa ini mudah-mudahan dapat membantu dan olah raga ini sangat cocok untuk kita yang berpuasa sambil kerja, silakan lihat disini

    Saya sudah kesitu .. jadi pengen olah raga deh sambil guling2 hwakakakak 😆

  99. zainurie
    Sep 22, 2007 @ 05:56:03

    blog bagus,.. minta ijin tak taut ya?…

    Ma kasih .. mudah2 jadi cambuk buat saya untuk tidak terlena. Monggo silakan buat di-taut-kan.

  100. extremusmilitis
    Sep 29, 2007 @ 20:29:50

    Salam Militis!!! :mrgreen:

    Kaya’nya .. kata2 mu mirip2 bahasa latinus ya?

  101. nchiek
    Okt 02, 2007 @ 15:00:46

    Aduh dek, seneng buanget tahu adek ku punya blog sendiri dan isinya wuaduh, bener bener deh menggambarkan dirimu yang sebenernya, mudah mudahan bermanfaat bagi yang lain ya. Salam chikoby aja lha.
    ——————————

    Halah mbak, mbak .. justru dari mbak, saya banyak belajar. Terutama cerewet nya … hwakakak 😀 Oya selamat ya sudah S2 dan sudah AVP. Ga terasa waktu 10 tahun berlalu dan apa yang mbak cita2 kan akhirnya tercapai ya mbak. Sukses loh.

  102. pr4s
    Okt 04, 2007 @ 02:11:23

    *Iseng blogwalking di blogsphere tengah malem*

    Eh kita dah kenal ya :mrgreen:
    ——————————-

    Siapa ya?? ..

    *narik selimut, tidur lagi*

  103. xwoman
    Okt 10, 2007 @ 09:42:00

    Selamat hari raya Idul Fitri 1428 H

    Taqabalallahu minna wa minkum, shiamanaa wa shiamakum…

    Mohon maaf lahir dan bathin yaaa… 🙂
    ——————————–

    Sama2 ya neng .. saya juga mohon maaf lahir bathin jika ada kata dan sikap saya yang melukai hati neng. Lebaran dimana neng?

  104. Anak Medan
    Nov 02, 2007 @ 09:36:47

    Met Kenal 🙂 .. gabung disini dong ..
    ———————–

    Oke bos ..

  105. rumahkayubekas
    Nov 04, 2007 @ 18:55:07

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam kenal Mas Asf. Barangkali sudah seharusnya menjadi ladang amal Mas Asf. Belum kenal ilmunya .. sudah menyebar ke saya. Trims dan semoga tidak keberatan. Atas pertanyaan tamunya Mas Asf, more tag-nya sudah saya gunakan. Sekali lagi trims sekali.

    Salam,
    ————————

    Wa’alaikum salam ..

    Maaf .. saya bukan Asf. Asf adalah teman blog juga yang memberikan saya clue more tag-nya. Jadi .. mungkin anda bisa kontak langsung ke blog-nya Asf untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas info beliau menjawab pertanyaan saya tentang more tag.

  106. rumahkayubekas
    Nov 04, 2007 @ 22:04:54

    Ok, trims tetap saya sampaikan kepada Anda. Karena berkat pertanyaan Anda juga kan!
    Salam,
    ———————–

    Ok .. terima kasih juga buat Anda, yang telah berkunjung kesini.

  107. M Shodiq Mustika
    Nov 06, 2007 @ 03:06:29

    Wahai guru spiritualku yang murah hati, tolonglah aku.

    http://muhshodiq.wordpress.com/2007/11/06/korban-fitnah-mohon-saran/

    Pliiizz….
    ———————–

    Pak Shodiq .. yang sabar ya. Saya sudah kasih komentar di blog bapak.

  108. saniroy
    Nov 07, 2007 @ 18:20:07

    Mas “Be”. Salam kenal dan trima kasih atas komentar serta kunjungannya. Oinangan saya di FS sejak taun Dal belum juga diloloskan :-). Maaf dan trima kasih. MSR
    ———————–

    Oya??? .. wadoh, maaf, maaf .. saya belum cek di friend request, karena emang jarang kesitu kecuali ada teman yang sudah kasih tahu baru saya kesitu. Nanti akan saya approve dalam kesempatan pertama ya. Sekali lagi .. mohon maaf.

  109. cK
    Nov 08, 2007 @ 17:15:39

    Bang, headernya keren lhooo … 😀
    ———————–

    Hahaha 😀 .. itu dapat nyoba dari sini. Dikasih tahu sama mas Afatih. Mau nyoba?? gampang koq.

  110. salamatahari
    Nov 08, 2007 @ 20:21:40

    Salam kenal dari salamatahari…
    Sejuk membaca blog ini…
    Salam,
    ————————

    Salam kenal juga .. nama blog anda uniq. Salam Matahari ya? Saya juga sudah mengadakan kunjungan balasan ke tempatnya bu Yulizar Hanum. Keep in touch ya.

  111. salamatahari
    Nov 08, 2007 @ 23:08:17

    Terima Kasih kunjungannya Pak…
    Saya tunggu sharing pengalamannya…
    Salamatahari,

  112. Sayap KU
    Nov 09, 2007 @ 13:59:23

    Mas, ini Ade … ternyata pemilik blog ini orang hebat.

    -Ade-
    ———————–

    Speechless ..

    *ada wanita cantik yang tiba2 memuji*

  113. panjitapen
    Nov 19, 2007 @ 10:39:14

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Salam kenal mas
    ————————

    Wa’alaikumsalam

    Salam kenal juga Ji .. tinggal di Pati ato Jogja sekarang??

  114. edo
    Nov 19, 2007 @ 10:52:25

    Salam kenal mas .. thank for visiting. Semoga kita bisa berbagi ilmu satu sama lain 🙂
    ———————–

    Setuju .. sharing ilmu ya.

  115. panjitapen
    Nov 24, 2007 @ 20:31:53

    Saya lagi menuntut ilmu di Jogja mas. Insyaallah setelah selesai, saya pengen membangun daerahku supaya tidak ketinggalan dari daerah lain khususnya dibidang teknologi informasi.
    ———————–

    Cita-cita yang mulia sekali. Mas dukung niat mu. Mas doa kan Ji cepat selesai kuliahnya. Jangan browsing mulu kaya anto ntar ga kelar-kelar kuliahnya.

  116. panjitapen
    Nov 24, 2007 @ 21:41:26

    Cara kasih gambar seperti di kampanye kata-kata mas, gimana???????
    ———————–

    Masuk ke menu tampilan. Kemudian pilih widget. Setelah itu masuk pada penataan kolom. Pilih widget teks. Lalu kopi link yang ada banner-nya dari blog teman2 yang menyediakan banner. Selamat mencoba.

  117. Hanna
    Nov 25, 2007 @ 00:36:14

    Salam ngeblog. Baru isi buku tamunya nih.
    ———————–

    Oya .. salam juga. Monggo silakan.

  118. Anton_jb
    Nov 25, 2007 @ 09:43:59

    Rasa salutku pada pemilik blog ini dan juga ulasan-ulasannya, banyak yang saya dapat pelajari dari blog ini. Teruslah Berkarya .. tetap exis.

    Anton_SKC_Balikpapan
    ————————

    Thanks ya Ton .. sudah mau mampir disini. Kisah perjalanan hidup mu juga .. dapat menjadi inspirasi saya buat menulis. Selama hayat masih dikandung badan. Selama masih ada pembaca yang mau memberi kritikan. Selama masih ada teman2 yang mau sharing pengalaman hidup. Insya Allah .. saya akan terus menulis.

  119. PMB Bandung
    Nov 26, 2007 @ 13:02:44

    Salam kenal dari Perhimpunan Mahasiswa Bandung
    ——————————-

    Lokasinya dimana kang??

  120. PMB Bandung
    Nov 28, 2007 @ 08:10:43

    Lokasinya PMB yah … di Bandung … 🙂

    Kamu datang ke RM Siomay Bandung di Pontianak, pemiliknya adalah salah satu anggota PMB angkatan 1967, namanya saya lupa. Kalau kesana salam dari PMB .. dan ada anggota PMB 99 tinggal di Jl.Kejaksaan (kerja) namanya Tjutju.
    ——————————-

    Siapa tahu lokasinya di Jakarta hehehe 😀

    Oya .. saya kenal. Namanya Mas Bowo. Kalo mas Tjuju .. kaya’nya ga kenal. Soalnya sejak tahun 1999 saya sudah meninggalkan Pontianak. Posisi saya saat ini di Balikpapan.

  121. PMB Bandung
    Nov 29, 2007 @ 07:50:54

    Kalau saya namanya Bambang sekarang kerja dan tinggal di Yogya
    Di blog PMB saya redaksi sedangkan moderatornya di Jakarta
    ——————————-

    Oh .. Pak Bambang di Jogja toh.

  122. rina
    Des 03, 2007 @ 18:35:38

    Halo bang E, Assalamualaikum…

    Ini Rina, adeknya Rostia yg di Bandung. Apa kabar?

    Teh Tia nih yg nyebarin gosip abang punya website. Kasian kali dia ama Rina, kesepian di Afrika.

    Tulisannya bagus2 bang. Boleh juga buat kamuflase kalo bos lagi gak ada.

    Anyway, pengen sih nulis banyak, inget dulu di Pontianak. Tapi malu ah. Takut bang E gak inget sama sekali sama rina ternyata ….
    ————————-

    Wa’alaikumsalam ..

    Ingat banget .. sapa sih yang ga ingat sama Rina. Yang suka gabung kita2 kalo sedang ngobrol. Padahal waktu itu Rina belum cukup umur hahaha 😀

    Wah .. jauh juga ya Afrika. Gini deh .. Rina cerita2 ke abang. Ntar abang postingkan disini. Itu .. banyak postingan abang berasal dari interaksi dengan teman2.

    Kapan pulang ke Indonesia lagi. Wah .. jangan2 .. pas pulang nanti, Rina sudah berubah jadi negro 😆

  123. rina
    Des 04, 2007 @ 19:56:18

    Tuuul..

    Iya tuh, kalo di depan abang-abang semua Teh Tia tu belagak jadi kakak sejatilah. Baik kali. Tapi pas udah pada pulang, hm… Keluar tu jurus mautnya. Ciaaaat… Tapi sekarang sih beda. Rina kan dah cukup umur.

    Boleh juga bang, nanti Rina kirim tulisan ke email abang deh. Rina pulang sebentar lagi bang, akhir Januari. Sempatlah buat dua cerita.

    Satu lagi bang. Kulit dan rambut, boleh berubah negro. Tapi jiwa tetap merindukan masakan padang.
    ————————

    Tetep ya .. padang is the best hwakakak 😆

    Selain tulisan, jangan lupa photo2nya ya .. abang tuh masih kebayang Rina yang imut. Wah, pasti sekarang sudah jangkung ya kaya’ jerapah? secara di Afrika kan banyak jerapah .. Jangan2 kesana buat .. :mrgreen:

  124. ahmad said
    Des 04, 2007 @ 21:19:08

    Ehmmm, bang ini aku .. Said. Baru kali ini kasih coment .. Semuanya bagus sich. Aku exiciting banget .. maybe i can leave some word here
    ———————–

    Hei .. akhirnya muncul juga disini ya. Ditunggu2 loh tulisanmu .. kapan??

  125. ahmad said
    Des 04, 2007 @ 21:22:29

    O iya bang .. kalo abang buka blog ini, aku udah nyelesain 1 buku kumpulan cerpen .. kalo abang mau lihat silahkan atuh ? tinggal telp aja.
    ———————–

    Koq dilihat sih?? dibaca dong Id?? :mrgreen: .. oya, dari pada yang ngebaca-nya cuma abang doang .. gimana kalo Said bikin blog juga .. trus dipostingkan. Nah .. yang bacanya kan bisa lebih dari satu orang tuh .. jadi bisa banyak dapat masukan buat Said. Gimana??

  126. ahyon
    Des 05, 2007 @ 13:31:30

    Kulonuwun …. Cuma mampir, tapi anda hebat. Salut to Mr. ERANDER.
    ———————–

    Hebat apanya pak?? .. wah, saya malah takut loh pak dibilang hebat.

  127. realylife
    Des 07, 2007 @ 14:15:01

    Bang .. aku udah ada nulis tuch di blog nya aku .. Cuma bisa bantuin di benerin? Kira-kira ada waktu kapan ya buat bisa benerin tulisan itu ?

    Thanks banget atas perhatiannya .. he he he
    ——————————-

    Besok Sabtu .. mudah2an ga ada acara mendadak biar abang bisa edit tulisan mu. Yang penting, kamu nulis terus aja ya .. nanti abang benerin. Ok. Semangat ya.

  128. realylife
    Des 08, 2007 @ 16:44:57

    Ok .. dech thanks ya bang .. aku doain moga-moga aja ngga ada kerjaan n ngga ngerasa terganggu.
    Btw buat masukin fotonya gimana ya?? .. aku ada CD yang kemaren yang ada pic nya aku???
    ———————–

    Gampang .. masuk ke board pilih kelola kemudian pilih unggah .. kemudian masukan pic lewat browse. Kalo bingung, ntar CD nya bawa aja. Nanti abang upload kan. Oke.

  129. realylife
    Des 08, 2007 @ 22:42:03

    Makasih ya bang atas sarannya .. btw ntar hari ini – minggu aku sms abang – tapi kalo ngga sibuk aja. Soalnya .. aku mau nanya juga cara nge-liat orang yang berkunjung ke wordpress kita .. gimana?? Soalnya .. sudah ada 14 orang yang berkunjung .. cuma belum ada coment. Ya gitu aja ya bang.
    ——————————-

    Kamu bisa masuk ke menu Dasbor kemudian pilih statistik blog. Disitu ada data tentang yang berkunjung.

  130. realylife
    Des 09, 2007 @ 15:38:12

    Thanks ya bang .. aku udah liat hasilnya. Kebetulan lagi online sekarang. Tapi aku ada uploaded foto lagi .. but kok ngga keliatan ya .. gimana caranya …
    ——————————-

    Kamu uploadnya dimana?? kalo cuma upload ga dikirim ke editor – postingan, ya ga muncul. Itu hanya disimpan di server-nya Matt.

  131. kabayan
    Des 18, 2007 @ 14:59:34

    Akhh … ngomongin tentang akidah hmmm .. jadi pengein nangis hehe … sebrutal dan seburuknya aku sekarang ..

    Hmm … tak bisa di pungkiri, aku pun butuh ketenangan bathin … akhh … sungguh bimbang dan betapa bingung jiwaku Mas Be ..
    ——————————-

    Bersyukurlah jika kamu masih merasakan bimbang dan bingung. Itu artinya masih ada hati nurani mu yang menilai bahwa dirimu itu brutal dan buruk. Banyak orang yang tidak sadar. Sehingga merasa seperti sudah berada di jalan yang benar. Semoga Allah memberi mu petunjuk sobat.

  132. kabayan
    Des 18, 2007 @ 15:25:41

    Mas Be .. kalo aku pengen curhat or cerita apalah .. yang jelas pengen berbagi aja .. aku mesti nulis di mana?? … di bagian AKU, TEMAN, BLOG, GAPURA atau yg mana neh ..
    ——————————-

    Wadoh .. biasanya teman dan sahabat itu curhat lewat email, message, SMS atau telp. Tapi karena kamu bertanya seperti itu dan tentunya dapat langsung di publikasi kan .. saya jadi timbul ide untuk membuka halaman – bagian – CURHAT. Nanti saya set dulu ya. Kemudian kamu bisa tulis disitu. Ok.

  133. goes
    Des 21, 2007 @ 15:09:47

    Assalamualaikum wr wb ..

    Bang, ane salam kenal aje ma abang.

    Dari kata-kata diatas, kayanya abang bisa menjadi pembimbing dalam masalah Agama yang terasa haus saya rasa. 🙂
    ——————————

    Wa’alaikumsalam wr wb ..

    Insya Allah .. mungkin lebih tepat berbagi kali ya, bukan membimbing. Karena abang juga seperti dirimu, yaitu manusia yang tidak luput dari dosa dan khilaf. Yang membimbing .. ada di dalam ayat2 Al Qur’an.

  134. realylife
    Des 21, 2007 @ 19:44:15

    Assalamu’alaikum wr wb

    Bang .. emhh, ngga sempet ketemu ya .. padahal aku mau ngasih cerpenku yang udah jadi dalam bentuk buku atau bagaimana kalau aku kirim ya … siapa tau ada yang berminat …
    ——————————-

    Wa’alaikumsalam wr wb

    Kalo emang sudah ditulis dengan komputer, mending kamu kirim via email aja. Ga perlu dibuat buku. Kan lebih irit. Atau posting di blog mu, jadi siapa aja bisa membacanya. Gimana??

  135. tukangkopi
    Des 28, 2007 @ 07:11:06

    Mas, saya ikut nimbrung disini.. 😀
    ————————

    Monggo silakan .. sambil ngopi juga ok.

  136. realylife
    Des 28, 2007 @ 13:32:52

    Kk dech .. yang di blog alhamdulilah udah banyak .. udah baca belum?? trus kalo emang mau baca yang via email juga boleh. Tapi aku kirim ke mana ya bang? email nya abang apa?
    ——————————-

    Insya Allah .. akan abang baca. Ga perlu kirim ke email.

  137. aRuL
    Des 29, 2007 @ 03:38:55

    OOT :
    Banner di samping itu tentang Blog juga hasil karya cipta bukannya buatannya Bang JaF di http://anotherfool.wordpress.com/jacp/?
    ————————-

    Wah, ga ngerti .. soalnya, abang cuma mencomot dari cak Peyek.

  138. Muhammad Zulfikar
    Des 30, 2007 @ 17:44:53

    Salam Kenal
    ———————–

    Your welcome

  139. realylife
    Jan 02, 2008 @ 16:53:24

    Assalamu’alaikum wr. wb. bang

    Met tahun baru 2008 ya .. semoga sukses terus di tahun ini. Btw .. welcome back to Balikpapan.

    O iya .. thanks atas masukannya bang. Itu udah jadi cerpennya. Baca lagi ya “JANGAN PANGGIL AKU PELACUR” .. trus kasi comennnya ya …
    ——————————–

    Happy new year too. Insya Allah .. akan abang komentari. Sabar ya.

  140. mybenjeng
    Jan 03, 2008 @ 00:20:00

    Salam kenal …
    ——————————-

    Your welcome ..

  141. hadi arr
    Jan 04, 2008 @ 19:40:04

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Salam kenal, blog yang bagus ..
    Mohon izin .. saya tautkan di blogroll saya Pak.
    Terima kasih semoga bermanfaat buat saya.

    Wassalam
    —————————

    Salam kenal juga. Monggo, silaken. Saya cantumkan blog bapak juga di list saya.

  142. rumahkayubekas
    Jan 07, 2008 @ 17:53:38

    Salam Bang,
    Sambil tunggu lagi cari emailnya Abang,
    ini http://www.sketchup.com
    ————————

    Thanks ya kang rumah bekas.

  143. rumahkayubekas
    Jan 10, 2008 @ 08:42:49

    Salam selamat pagi Bang,
    He he kejutan saat datang,
    Ada burung lagi terbang,
    Keren koq keren … rasa2nya … jadi lebih terang,
    ————————–

    Selamat pagi juga kang,
    Memang, perubahan saya lakukan sekarang,
    Biar tidak sumpek dan lebih terang,
    Atapnya kiriman dari Extremusmilitus dari seberang ..

    Ma kasih ya kang,
    Sudah kasih komentar yang bikin saya melayang ..

  144. irfan
    Jan 11, 2008 @ 14:37:50

    Salam selamat pagi sayang,
    Hmmm … kejutan saat datang,
    Ada burung lagi terbang,
    Keren keren koq … rasanya .. jadi lebih terang

    Kalu la kita boleh terbang macam burung .. kan best …
    —————————-

    Burung dara terbang melayang,
    Membawa gandum pulang petang,
    Siapakah engkau gerangan,
    Memberi komentar pake sayang-sayangan??

  145. irfan
    Jan 11, 2008 @ 14:42:50

    Kesibukan ini begitu terasa .. karena sambil bekerja penuh waktu. Tanpa waktu bolos, kami harus mengurus semuanya.

    Mulai dari pakaian, undangan, aksesori, souvenir sampai memikirkan rumah kontrakan mana yang akan kami tempati. Maklumlah, kami belum mampu membeli sebuah rumah. Itu dipikirkan kemudian hari saja.

    Semua dilakukan hanya pada hari Sabtu-Minggu yang tersisa. Untung saja pernikahan ini dilakukan di Kabanjahe, kota kecil darimana aku berasal, jadi tugas bisa dibagi dengan kakak-kakak di sana. Hihihi … sedikit licik yak?
    ————————-

    Ga licik koq .. emang begitulah kalau punya keluarga,
    Saling bahu membahu, tolong menolong, kapan saja ..
    Selamat menumpuh hidup baru ya ..
    Susah senang harus dihadapi bersama ..

  146. atapsenja
    Jan 15, 2008 @ 17:13:01

    Tinggalin jejak di sini lagi.
    ————————

    Jejak lama masih ada.
    Jejak baru t’lah tercipta.

  147. ale
    Jan 18, 2008 @ 20:28:29

    HeLLOOO.. Do you want to exchange links in blogroll with my website? thanks a lot http://www.giornale.fm
    ———————–

    Ogah .. ini spam ya??

  148. Listiana Advokat
    Jan 21, 2008 @ 11:11:12

    Salam kenal 🙂
    ————————

    Salam kenal juga .. ini temannya mas Anggara ya??

  149. wongbagoes
    Jan 23, 2008 @ 16:33:28

    Kang nulis maneh, salam kenal….
    ————————-

    Salam kenal juga.

  150. Nin
    Jan 30, 2008 @ 07:52:41

    Buah pir dimakan Zainal
    Numpang mampir dan salam kenal 😀
    ————————

    Kebersihan, tetap harus dijaga ..
    Monggo silakan, salam kenal juga 😀 *halah*

  151. Hasan Seru
    Jan 30, 2008 @ 11:20:08

    Assalamu’alaikum wr wb

    Wah aku gak tau musti panggil apa, Mas apa Pak nih??

    Makasih buaangeet buat sarannya kemarin, sangat membantu buat aku bangkit dan berdiri lagi 🙂 boleh juga dishare kok, asal bisa bermanfaat bwt orang lain 🙂
    ————————-

    Wa’alaikumsalam wr wb

    Panggil abang aja kali .. 😀 kaya’ teman2 yang lainnya memanggil saya.

    Tulisannya sudah saya siap-kan. Insya Allah segera saya posting. Mudah2an .. mendatangkan manfaatnya, buat yang membaca. Tetap semangat ya broer.

  152. Raden Mas Angki
    Feb 01, 2008 @ 03:41:30

    Pastikan Ada Angki..!!!! 😎
    ———————–

    Maksud looo??? .. 👿

  153. satya sembiring
    Feb 05, 2008 @ 10:53:55

    Ku letakkan juga kata di sini.

    Thanks ya atas saran-nya .. semoga semoga semua dapat berjalan dengan lancar.

    Salam sejahatra
    ————————

    Oya .. sama-sama pak. Thanks juga.

  154. amridonk
    Feb 10, 2008 @ 18:58:00

    Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal yaa pak … boleh tau desain yang maana yaa? ..
    ————————

    Halaman desain ada di halaman rancang. Sebenarnya lebih pada desain bangunan atau arsitektur. Tapi tidak menutup kemungkinan desain lainnya seperti visual desain seperti logo, poster, pakaian – mungkin kalo ada yang mau sharing dan lain sebagainya.

  155. kebun
    Feb 18, 2008 @ 12:59:12

    Halo mas …

    Salam kenal
    ————————

    Ya Halo .. siapa disitu??
    *sambil angkat gagang telp* :mrgreen:

  156. olangbiaca
    Mar 04, 2008 @ 15:43:49

    Assalamu’alaikum … mas

    Ku letak kan kata di nomor yang ke-156 … hehe
    ————————

    Wa’alaikumsalam …

    Selamat, your welcome .. gpp kan di urutan 156?? 🙂

  157. astrid
    Mar 05, 2008 @ 17:44:35

    Jalan-jalan nih, mampir sebentar baca2 …

    Salam kenal!
    —————————-

    Monggo .. silaken. Thanks sudah mau mampir.

  158. roughtorer
    Mar 08, 2008 @ 13:01:32

    Thanx untuk commentnya. Gak nyangka langsung liat-liat juga.

    Tentang kutipan yang gak jelas artinya itu, memang disengaja biar terbuka. Jadi, mas punya pandangan sendiri untuk hal itu. Gamblang-nya gini … antara hubungan sepasang kekasih. Atau dua orang yang saling tertarik.

    Sekali kita menyentuh orang yang kita suka (kekasih) maka akan ada ikatan (hak untuk menuntut dari dia kepada kita) antara kedua. Dua kali sentuhan, maka akan bertambah hak yang dimiliki. Semakin jauh sentuhan, maka semakin tebal ikatan.

    Maaf kalau kalimat aslinya dibuat sarkas.

    Dan, ngomong-ngomong lagi nih, mau yah berteman sama aku.

    Salam

    Kevin Roughtorer Gildor Lubis
    ————————–

    Wadoh .. namanya panjang kali lai .. Harry Potter freak ya lai?? hehehe .. Tulisan-tulisan lai di postingan banyak kali terinspirasi dari cerita Harry Potter .. kaya’nya dah tamat lai baca semua novel-nya itu??

    Your welcome .. saya suka kali lai dapat teman. Sepanjang sama-sama saling menghormati. Graak !!!

  159. Advokat Listiana
    Mar 11, 2008 @ 15:09:09

    Bagaimana kabarnya …? Blognya saya link yah …
    ————————

    Alhamdulillah, kabar baik. Monggo silakan mbak.

  160. Uchin Mahazaki
    Mar 11, 2008 @ 19:12:22

    Assalamualaikum …

    Saya ketemu blog-nya mas dari search engine .. lagi cari cari desain rumah minimalis .. kira kira bisa bantu saya mas?? ^^

    Wassalam,

    mahazakimu@yahoo.com
    ————————–

    Wa’alaikumsalam …

    Jujur .. kalo membantu membuatkan gambar-nya saya minta tolong dengan teman yang ahlinya. Kalo cuma sekedar sketsa, corat-coret mungkin masih bisa. Tapi sebaiknya, mesti digambar yang akurat agar ketika dibangun sesuai dengan yang digambarkan.

    Saya lebih pada memberikan filosofi pada penerapan rancang bangun. Seperti tentang rumah minimalis. Pertama-tama kita harus memahami pengertian minimalis lebih dulu. Karena .. rumah gede juga bisa dibikin minimalis rancangannya misalnya tidak terlalu banyak ornamen atau lekukan atau perabotannya.

  161. harr51
    Mar 19, 2008 @ 21:03:53

    Halo bang, salam kenal ya …
    ————————

    Salam kenal juga. Oya, selamat ya .. sudah dapat sertifikat dari Microsoft. Boleh dong nanti abang tanya-tanya soal software 🙂

  162. deteksi
    Mar 20, 2008 @ 23:59:05

    Salam kenal pak .. makasih dah mampir ke blog saya ..

    **salaman**
    **masukin ke blogroll**
    ————————

    **cium tangan**
    **cantumin juga di bloglist saya**

  163. Diah (Istrinya Aldo)
    Mar 21, 2008 @ 17:46:30

    Hmmm … Assalamu’alaikum Pak … Salam kenal.
    *nggak salaman, tangan ditangkupkan*

    Udah sempet jalan-jalan bentar ke blog ini. Inspiratif banget. Jadi pengen bikin blog saya jadi se-inspiratif blog bapak.
    *mupeng mode : ON* Siiip !!!
    ————————-

    Wa’alaikumsalam bu ..
    *tangkupkan tangan juga*

    Your welcome .. senang bisa kedatangan tamu jauh. Justru, inspiratif-nya datang dari teman-teman blogger yang mampir disini bu. Tanpa teman-teman, rasanya sulit bikin blog yang bagus.

  164. grandchief
    Mar 23, 2008 @ 19:44:50

    Tak ada kalimat tanpa sebuah kata …
    Tak ada kebesaran Allah tanpa kita bersyukur kepadanya …
    ————————

    Ungkapan yang manis pak. Thanks

  165. petak
    Mar 24, 2008 @ 15:34:05

    Assalamu’alaikum wr wb .. salam kenal pak ..

    Caranya pasang banner visit indonesia gimana pak? … jadi pengen nih ..
    ————————

    Taruh di dalam widget teks, code-nya ini … img src=’https://erander.files.wordpress.com/2008/01/visit-indonesia-year-2008.jpg’ alt=’visit-indonesia-year-2008.jpg’ height=’xxx’ width=’xxx’ border=’0′ alt=” dan jangan lupa menggunakan tanda ‘kurang dari’ dan ‘lebih dari’

    Kalau mau dipasang link-nya ke situs resmi .. cantumkan alamatnya yang ini : http://www.budpar.go.id/page.php?ic=651&id=3147 dan jangan lupa dengan tanda ‘kurang dari’ dan ‘lebih dari’

  166. yellashakti
    Mar 26, 2008 @ 15:11:47

    Assalamualaikum wr wb.

    Salam kenal bang ato pak ya? … saya ketinggalan nih. Banyak yang udah ngasih koment.
    ————————-

    Wa’alaikumsalam wr wb

    Tidak ada kata ketinggalan .. masih ada tempat koq mbak. Monggo .. panggil saya, abang aja .. biar tetap semangat muda hehehe .. kalo panggilan bapak, kesannya gimanaaaa gitu 🙂

  167. yellashakti
    Mar 26, 2008 @ 19:00:48

    ooo gt ya … ya deh tetap semangat ya Bang
    ————————

    Siiippp lah.

  168. sagung
    Mar 27, 2008 @ 02:50:30

    Wehehehe … Lagi Narsis nih.
    **Sambil numpang promo**

    Bentar lagi ada seminar dan workshop Solusi Murah Penerapan Teknologi Informasi dengan Mengugunakan Linux di ITS. Kalo berminat, ikutan ajah. Pasukannya dibawa ya !!

    Buka disini.
    Linux Invasion
    ————————–

    Boleh .. boleh .. kapan?? mesti buka situs-nya dulu ya??

  169. rawkchitect
    Mar 27, 2008 @ 06:14:14

    he666 .. sengaja pake 666 kok Mas!! penghinaan untuk setan .. coz lambang-nya saya maenin .. tak obral cuma-cuma .. tanpa ada penghormatan sama sekali ..

    Btw kenapa ga pasang shout box?? oiya .. thanx udah memberi pelajaran-pelajaran yang berharga .. semoga hari ini jadi makin indah ..
    ————————

    Wah .. saya ga ikut-ikutan menghina setan 👿

    Pengen sih pasang shout box .. tapi ga tahu cara-nya. Dulu pernah coba. Tapi gagal. Yang ada cuma blank doang hahaha 😆 dasar oon sih saya-nya hehehe.

    Amin .. setiap hari saya selalu melihat hari itu indah .. apalagi kalo turun hujan. Senang sekali 🙂 karena dalam Al Qur’an katanya hujan itu rahmat.

  170. RawkchitecT
    Mar 28, 2008 @ 06:56:30

    Iya .. bener banget Mas!! … kalo hujan, saya seneng banget tu!! … Soalnya saya bayangin setiap tetes air hujan tu dibawa oleh malaikat .. satu tetes satu malaikat .. he66 ..

    Jadi, saya seneng banget membiarkan hujan menerpa wajah saya .. dan saya seneng liat hujan deres dari dekat .. klo ga ingat umur, saya dah pasti akan sangat seneng maen hujan-hujanan .. hihihi
    ————————–

    Tragis-nya .. hujan yang seharusnya merupakan rahmat-Nya .. bisa menjadi bencana banjir. Entah apa yang keliru. Yang pasti, kekeliruan itu ada pada kita sebagai manusia.

    Mandi hujan-hujan??? .. asik tuh, apa lagi kalo sambil maen sepak bola .. wah, heboh dah.

  171. vizon
    Mar 28, 2008 @ 09:40:57

    Salam kenal …

    Terima kasih atas pencerahannya, tulisan2nya benar2 memberi inspirasi …
    Salut!
    ————————

    Salam kenal juga ..

    Salut-nya saya kembali kan kepada teman-teman yang sudah mau membaca blog saya terlebih-lebih pada teman-teman yang sudah meletakkan kata-nya disini. Dari kalian semua, sumber inspirasi itu datang.

    Salut buat kalian semua!!!

  172. RawkchitecT
    Apr 01, 2008 @ 06:27:22

    Hehehe .. asal gak tersamber bledeg aja Pak!!

    Bener banget Pak .. manusia semakin meninggalkan alam .. mereka menentang alam .. yah .. jadilah banjir dan bencana-bencana lainnya .. moga kita tersadar akan teguran Tuhan ini ..
    ————————-

    Mungkin tepat-nya menentang sunnatullah .. bukan menentang alam. Alam bersifat pasif, yang hanya mengikuti sunnatullah. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Magma bergerak mencari jalan keluar karena tekanan, akar menjalar mencari makanan dll ..

    Manusia lah yang aktif. Apakah mau berumah ditepi pantai, jika siap diterjang ombak. Atau apakah mau berumah dikaki gunung, jika siap diurug longsor. Dan manusia pula yang bisa meng-eksploitasi hutan, tambang, laut dsbnya.

    Alam adalah keseimbangan .. ketika mengambil sesuatu ada yang hilang dan harus ditutup kembali untuk mencapai keseimbangan. Jika dibiarkan terbuka, maka alam yang akan menutup dirinya sendiri. Dan terjadilah bencana.

  173. DensS cessario
    Apr 01, 2008 @ 19:02:19

    Koq itu ada banner BNI Singapore Hotline sih???
    ————————

    Hehehe .. emang ga boleh ya pak??

    Karena blog saya dibaca dari berbagai kalangan dan golongan serta tidak semua yang memberi komentar disini tapi mereka memberitahukan ke saya via email, SMS, telephone bahwa mereka perlu beberapa akses langsung terutama yang suka fotografi, yang mau komplain soal hak-hak konsumen, yang sering jalan-jalan ke Singapore atau yang membutuhkan kamus bahasa Indonesia.

  174. achoey sang khilaf
    Apr 01, 2008 @ 19:38:39

    Salam kenal Pak.
    ———————–

    Oala pak, pak .. kirain sudah kenal. Soalnya beberapa hari belakangan ini kan kita sudah sering diskusi hehehe .. yo wis, salam kenal juga :mrgreen:

  175. Merapendra
    Apr 01, 2008 @ 23:29:54

    GENERE CAFE
    CAFE PUSTAKA

    Untuk Pertama kalinya, kami undang untuk berkunjung ke sebuah Cafe Pustaka. Berkunjunglah ke Cafe kami. Kunjungi kami di :

    http://generecafe.blogspot.com.

    Sebuah Ruang Pustaka yang kami suguhkan bagi para pengunjung setia penikmat Blogger di Seluruh Indonesia. Simpanlah undangan kami ini, apabila suatu saat nanti anda membutuhkan sebuah Cafe Pustaka sebagai bahan refrensi anda.

    Hormat kami,

    Genere Cafe
    ————————-

    Terima kasih atas undangannya.

  176. hidhid
    Apr 03, 2008 @ 10:53:37

    Assalamualaikum pak,

    Salam kenal .. terimakasih atas tulisan-tulisannya bisa membuat saya semangat lagi kalau lagi BT di kantor ..

    Pengen belajar membuat blog sebagus punya bapak. Gimana caranya pak? .. terima kasih lagi.
    ————————-

    Wa’alaikumsalam bu ato pak ya??

    Mudah-mudahan sudah membaca postingan saya tentang be your self. Jangan pernah meniru siapa pun. Tapi belajar dari pengalaman orang, itu perlu dan penting.

    Sebagai contoh, ada salah satu blog yang menganjurkan kita untuk menulis setiap hari. Menurut hemat saya, jika kita adalah seorang pekerja dan terbatas oleh waktu, tentu anjuran tersebut malah bakal menjadi ‘pressure’ buat kita sendiri. Dan akhirnya kita menjadi stress.

    Trus ada juga yang menyarankan untuk menulis topik yang sedang hangat dibicarakan. Hal ini masih dapat ditolerir jika topiknya menjadi tidak berlarut-larut. Hal ini tentu akan membosankan dan akhirnya men-demotivasi kita untuk menulis.

    Ada lagi yang menyarankan untuk melemparkan isu-isu yang heboh. Misalnya soal agama, sex dan gosip selebriti. Memang tidak salah untuk menulis hal-hal tersebut, sepanjang kita sadar akan konsekwensinya. Yaitu kita akan jadi biang gosip atau malah dikejar-kejar oleh umat yang marah :mrgreen:

    Jadi .. mending jadi diri sendiri. Tulis sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya .. suka nulis puisi .. ya corat coret puisi. Suka bikin cerpen .. ya nulis cerpen. Suka soal musik .. ya mbahas musik. Suka soal sepak bola .. ya ngomongin sepak bola. Dan yang terpenting .. perlakukan komentator dengan baik dan sopan 🙂 karena komentator lah yang membuat tulisan kita semakin matang dan dewasa.

    Kemudian yang terakhir .. jangan pikirkan untuk membuat blog yang bagus. Karena blog yang bagus itu relative. Tergantung dari kacamata orang menilainya. Seperti musik, ada yang bilang lagu heavy metal itu cool banget. Ada yang bilang dangdut itu keren habis. So .. jadi blog juga soal selera. Jadi .. come on .. nulis aja.

    Kalo pengunjung masih sedikit. Jangan kawatir .. promosi kan blog mu dengan sopan. Jangan vulgar. Soal-nya .. kalo kita memberitahukan blog atau postingan kita secara vulgar, ntar orang malah antipati. Jadi memang diperlukan seni tersendiri dan itu harus belajar dari pengalaman.

  177. RawkchitecT
    Apr 04, 2008 @ 07:18:56

    .. Alam adalah keseimbangan .. ketika mengambil sesuatu ada yang hilang dan harus ditutup kembali untuk mencapai keseimbangan. Jika dibiarkan terbuka, maka alam yang akan menutup dirinya sendiri. Dan terjadilah bencana ..

    Bener banget Pak!! setuju!!
    ————————–

    Jadi kita harus mencintai alam dan menjaganya.

  178. DensS cessario
    Apr 05, 2008 @ 17:13:27

    Mas Erander, aku mau request dong.

    Soal panggilan namaku … kalau nanti misalnya comment lagi di Blogku.

    Panggil “Nis” aja daripada “Den”, karena seorang yang sudah saya cap sebagai sahabat atau teman dianjurkan memanggil saya “Nis” karena “Nis” terdengar lebih sexy :mrgreen:

    hahaha .. tapi terserah juga sih, hanya request gak penting koq 😀
    —————————-

    Oke de Den 😳 .. ops, Nis 🙂

  179. adikhresna
    Apr 05, 2008 @ 20:18:40

    Assalamu’alaikum

    Salam kenal Mas Erander, tak pikir dah sempat ngisi halaman iki. Walah, durung to … (sambil menyelami pola pikir si mas dan beberapa arti dari QS di atas).

    Wassalamu’alaikum
    —————————

    Wa’alaikumsalam

    Terima kasih sudah mau cape-cape mampir di blog sederhana ini. Insya Allah dengan berdiskusi kita bisa saling memahami pola pikir kita masing-masing, bukan untuk kita pertentangkan tapi untuk saling melengkapi. Bukan begitu, bapak?

  180. adikhresna
    Apr 05, 2008 @ 22:13:35

    Na’am Mas, setuju.

    Diskusi, saling melengkapi untuk menyamakan frekuensi pola pikir; dan jadi samalah persepsinya. Intinya (aplikasinya), berpikir tentang solusi; bukan pada masalahnya.

    Makasih atas kunjungannya ya, tak tunggu juga komentarnya di buku tamu.

    Wassalamu’alaikum
    —————————-

    Saya sepakat dengan kalimat : berpikir tentang solusi. Karena hanya dengan solusi-lah, insya Allah, kita dapat menyelesaikan masalah yang ada.

    Saya sudah mampir ke blog-nya kang Adi. Dan sudah meletakkan kata di buku tamu. Mungkin nyangkut di askimet-nya kang.

  181. aminhers
    Apr 06, 2008 @ 11:27:03

    Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal Mas, sekalian menyapa para penghuni dunia maya. Blog yang bagus untuk di baca, dan di link tentunya! .. tolong di link back. Selamat!

    aminhers
    bkk
    —————————-

    Wa’alaikumsalam wr wb

    Thanks .. oya, bkk itu artinya apa ya??

  182. kakanda
    Apr 07, 2008 @ 09:47:58

    Assalamu’alaikum Bang Erander

    Salam silaturahim dari tetangga sesama WP
    —————————

    Wa’alaikumsalam Kakanda

    Tetangga toh .. sudah ngelapor pak RT? ntar lagi ada pilkada.

  183. Menggugat Mualaf
    Apr 08, 2008 @ 17:32:30

    Mas Erander, maaf saya baru berkunjung ke sini .. asyik juga ya di sini .. ;P
    —————————

    Gpp koq mbak .. saya tahu, mbak sibuk. :mrgreen:

  184. qolbi
    Apr 10, 2008 @ 14:15:32

    Salam kenal …

    Kalo boleh tau, background akademik bapak apa ya?? … kalo pernah belajar arsitektur, dimana? … sekarang menjalani profesi sbagai apa??

    Terakhir … saya ucapkan selamat, karena blog bapak tidak terblokir seperti saya — di multiply … Tapi alhamdulillah, saya punya 2. Yang di wordpress masih bisa dipertahankan …
    —————————

    Salam kenal juga …

    Saya lulusan dari fakultas ekonomi, jurusan manajemen. Profesi saya .. yang pasti bukan menjadi seorang arsitek hehehe :mrgreen:

    Saya belajar arsitek ketika di SMA. Kebetulan di jurusan IPA ada pelajaran menggambar perspektif. Kemudian selama kuliah, saya berteman dekat dengan anak-anak fakultas teknik. Kebetulan abang saya kuliah di teknik sipil. Jadi saya sering ikut diskusi dan melihat mereka menyelesaikan TA.

    Jangan salah .. saya juga punya multiply .. tapi sudah lama saya cue’in. Karena saya sudah jatuh cinta dengan WordPress ini hehehe :mrgreen:

  185. Mas Kopdang
    Apr 16, 2008 @ 14:33:18

    Kumisnye mantab, Pak cik ..!
    😉
    ————————–

    Kalo gitu .. pesan kopi satu !!

  186. desmeli
    Apr 17, 2008 @ 17:27:14

    Salam kenal ya pak ..

    Katanya silaturrahmi membawa rezeki, iya kan pak .. semoga 😀
    ————————–

    Salam kenal juga ..

    Amin .. insya Allah, rezeki bisa datang dari mana saja dan tak terduga-duga. Begitu juga dengan pertemanan. Apalagi kalau bu Des kasih saya proyek hehehe :mrgreen:

  187. didit_ridwan
    Apr 18, 2008 @ 01:47:22

    Senang sekali andaikan bisa berkenalan dengan mas, semoga kita dapat dipertemukan Allah di waktu yang tepat, agar saya dapat belajar banyak dari mas tentang arti hidup ini.
    —————————

    Kenapa tidak?? .. bukan kah dengan berkunjung kesini dan memberikan komentar disini, Pak Didit sudah berkenalan dengan saya??

    Insya Allah .. kalau ingin belajar tentang hidup, tidak harus dari saya koq pak. Banyak teman-teman di blogsphere yang dapat berbagi tentang kehidupan. Justru saya banyak belajar dari mereka.

  188. arie
    Apr 18, 2008 @ 21:13:08

    Halo mas … tadi baru nemu blog ini, baru baca 2 postingan — 3 dengan ini — tapi aku langsung ‘kepincut’.

    Banyak hal yang ‘tampak sederhana’ … tapi dalem juga mas buatku … thx for pencerahan-nya. Btw, boleh aku link ke myblog yang baru az aku mulai?

    thx alot.
    —————————-

    Your welcome ..

    Senang juga bisa kenal dengan tetangga baru. Walaupun lain kompleks (blogspot) .. tidak mengapa. Cuma kalo mau kasih komentar ke ‘kompleks-mu’ agak alot juga ya. Satpam nya galak. Banyak nanya .. hehehe 😆

    Saya juga terima kasih banyak .. tapi ga pake alot :mrgreen:
    *alot = liat / kenyal*

  189. OraJere
    Apr 21, 2008 @ 12:01:14

    Salam kenal mas 🙂

    Nice blog nih 🙂 … saia seorang newbie nih, mohon kritik dan sarannya 🙂
    —————————

    Salam kenal juga ..

    Waduh kirain kamu seorang kapiten .. jangan kawatir, selama saya bisa memberikan keripik dan sanggar (pisang goreng), akan saya berikan hahaha 😆 just kidding bro.

  190. arifrahmanlubis
    Mei 02, 2008 @ 10:58:59

    Salam kenal …

    Luar biasa blognya pak 🙂
    —————————

    Salam kenal juga …

    Sangat tergantung bagaimana orang yang membacanya untuk mengapresiasinya pak. Blog ini saya dedikasi kan untuk bersaksi atas kebesaran Allah.

  191. Rivai
    Mei 04, 2008 @ 18:56:07

    Salam Kenal mas
    ————————–

    *jabat tangan*

  192. ghaniarasyid
    Mei 09, 2008 @ 12:49:24

    Salam kenal pak …

    Kok kenal Chiw juga? Apa Bapak dari ITS?
    —————————

    Salam kenal juga ..

    Saya banyak teman yang dari ITS. Mas Ghani juga di ITS?? … Dulu Chiw suka sama saya 👿 tapi saya tolak dan sudah saya anggap adik hahaha 😆

    *dikejar Chiw pake golok*

  193. ghaniarasyid™
    Mei 12, 2008 @ 20:37:20

    Betul Pak, saya masih mahasiswa aktif di ITS.

    Jurusan saya — teknik lingkungan — ga ada hubungan ma IT sih, tapi saya kesasar ngeblog :mrgreen:
    —————————

    Kaya’nya nge-blog ga harus berlatar belakang IT koq pak. Siapa pun boleh nge-blog 🙂

  194. tukangobatbersahaja
    Mei 13, 2008 @ 17:00:38

    Salam kenal mas,

    Postingannya ngasih inspirasi buat nulis. Terimakasih.
    ————————–

    Postingan yang mana??

    Alhamdulillah kalo bisa menjadi inspirasi buat menulis .. saya cuma kawatir kalo postingan saya menjadi provokator hehehe 🙂

  195. B@linem
    Mei 14, 2008 @ 08:03:26

    Kita kadang lupa … bahwa hidup di dunia hanya sementara. Apakah kita sudah mempersiapkan bekal di akhirat nan kekal nanti????

    Janganlah kita hanya disibukkan oleh kehidupan dunia yang penuh tipu daya. Memang sayapun berat menjalankan apa yang saya ucapkan ini, saya kerap melalaikannya.

    Astaghfirullah …
    —————————

    Manusia memang ditakdirkan memiliki sifat pelupa. Oleh karena itu, Allah membekali kita dengan akal, supaya selalu dapat mengingat-Nya.

    Bisa dengan sering-sering membaca, mencatat, saling mengingatkan dan sebagainya. Semoga Allah mengampunkan dosa-dosa kita. Amin.

  196. dani
    Mei 14, 2008 @ 10:29:24

    Saya masi di Jogja pak .. 🙂
    ————————–

    Kirain sudah pindah pak

  197. Maryam Mukhlisah
    Mei 16, 2008 @ 09:27:46

    Assalaamualaikum Wr.Wb.

    Salam taaruf … ana dari Bandung, setelah baca-baca blog ini … ana jadi penasaran tentang sesosok aku dalam blog ini, maksud dari penjelasan yang dipaparkan si aku ini apa ya?

    Ana sudah menangkap arti dari tulisan itu … tapi, ana tidak akan mengungkapkannya. Ana khawatir pemahaman ana itu salah. Bisa tolong diperjelas lagi maksud dari tulisan anta ..

    Syukron.
    —————————-

    Wa’alaikumsalam Wr Wb

    Terima kasih sudah mampir kesini dan mempertanyakan tentang sosok aku ini seperti yang dipaparkan pada diatas.

    Saya seperti manusia kebanyakan. Blog ini adalah sebagian dari perjalanan hidup saya yang saya dedikasi kan untuk kemaslahatan umat manusia. Sehingga, setiap orang dapat memberi arti pada blog ini sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

    Dalam menulis di blog ini, saya mempunyai pedoman seperti apa yang saya papar kan diatas. Yaitu meng’halal’kan perbedaan pendapat, tidak memaksakan pendapat saya pada orang lain dan tentang testimoni bahwa kehidupan itu indah.

    Salah satu hal yang beberapa kali saya lakukan adalah memberikan kejutan kepada para pembaca, berupa tanda mata. Ada yang mendapatkan buku, makanan ringan khas daerah dan terakhir uang.

    Ini saya lakukan untuk menjelaskan bahwa rejeki itu datang kapan saja dan dari tempat yang tidak diduga. Sehingga, jangan pernah risau tentang rejeki, sepanjang kita terus berupaya.

    Pemahaman ini saya dapat ketika mengikuti ESQ, dimana sang pembawa acara kerap memberikan hadiah kepada siapa saja, baik yang salah dalam menjawab maupun yang sedang tertawa atau bingung dan sebagainya.

    Mudah-mudahan dapat dimengerti. Lebih kurangnya, saya mohon maaf. Kebenaran itu datangnya dari Allah.

    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  198. Advokat Listiana
    Mei 21, 2008 @ 12:14:49

    Salam … kemana saja nih …
    http://listianaelstari.blogspot.com
    —————————

    Ga kemana-mana. Disini aja 🙂

  199. Akhyar
    Mei 22, 2008 @ 01:22:15

    Andaikan waktu bisa berputar, andaikan waktu bisa kembali, tentu aku akan meminta angin, meminta air untuk mengembalikan ku ke awal-awal blog ini lahir.

    Saya terlambat mas …

    Salam kenal selalu. Asyik bacanya …
    —————————

    Bukan kah ada pepatah yang mengatakan .. lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali hehehe 🙂 dan kapan saja kita dapat belajar dengan sang waktu.

    Bukankah .. kita juga belajar sejarah tanpa harus mengembalikan sang waktu? .. mungkin itu lebih baik dari pada kita harus mengalaminya sendiri :mrgreen:

    Salam kenal juga ..
    *koq pake selalu ya?? .. jadi kenalan mulu dong*

  200. Martha Andival
    Mei 22, 2008 @ 13:30:39

    Bingung, mas ga capek apa nulis terus, tiap detik terkata, tiap inci tersebut.

    Jujur, jika saya mungkin udah “tamat”. Tamat dalam kelelahan dan kebinasaan rasa untuk menulis.

    Dari American Idol saja bisa diulas dalam.
    *Curiga …* hehehehe

    Mas pernah ga merasakan jenuh dan jemu saat menulis ?
    —————————–

    Insya Allah .. tidak pernah jenuh dan lelah .. karena saya menulis dengan hati dan menganggap aktivitas ini sebagai ibadah.

    Sejak kecil saya sudah suka menulis. Dan sampai tua pun, insya Allah, akan terus menulis. Karena dengan menulis, saya menitipkan ‘kehidupan saya’ di masa mendatang.

    Saya bermimpi .. 1.000 tahun lagi, tulisan saya masih ada dan dibaca oleh orang-orang pada masa itu. Seperti halnya, prasasti jaman dulu yang kita temukan saat ini.

  201. robby
    Mei 23, 2008 @ 13:03:26

    Salam kenal Pak.

    Semoga saya bisa terus menulis dengan hati seperti Anda.
    Blog Anda bagus Pak.

    Terima kasih …
    —————————

    Salam kenal juga ..

    Thanks sudah mau berkunjung kesini. Blog mas Robby juga bagus. Dan saya pikir, mas Robby bisa koq menulis dengan hati. Good luck.

  202. ubadbmarko
    Jun 02, 2008 @ 10:15:54

    Memang indah memberi itu.
    Salam kenal.
    ————————–

    Ya pak .. salam kenal juga.

  203. bapakethufail
    Jun 10, 2008 @ 08:25:24

    Salam kenal …

    Sebuah kerendah hatian yang sangat mulia … indah sekali blognya pak !!!

    Sukses … dan semoga bisa memberi manfaat bagi banyak orang.
    —————————

    Amin.

    Salam kenal juga pak .. semoga silaturahmi kita tetap terjaga.
    *jabat tangan*

    Keindahan itu datangnya dari Yang Menciptakan saya pak. Saya sendiri — ketika menulis — kerap menggunakan hati nurani saja pak .. karena pikiran saya sering kali menyesatkan 🙂

  204. DensS cessario
    Jun 16, 2008 @ 19:50:27

    Dear Erander…

    LTNS !!!

    LONG TIME NO SEE!!!
    ————————–

    Sorry bro …

    Memang belakangan ini agak rada sibuk .. jadi ga bisa blogwalking setiap hari. Syukurnya, kemarin ada waktu luang dikit yang bisa buat blogwalking. Sayangnya saya belum mampir ke tempat Dens. Ntar deh, saya kesitu.

    Btw .. Dens baik² aja kan? .. kaya’nya sama² sibuk ya. Blog-nya belum di update tu sejak 28 April 2008 ya?

  205. ahsinmuslim
    Jun 18, 2008 @ 17:01:29

    Sebuah tulisan yang bersumber dari hati, maka yang keluar adalah kesejukan dan kedamaian hati bagi pembaca.

    “Nice blog”
    —————————

    Terima kasih atas masukannya .. maaf, baru sempat saya reply pada hari ini, 24 Juni 2008 .. karena halaman ini terlewatkan saya baca. Semoga tidak kecewa.

  206. Rita
    Jun 21, 2008 @ 07:17:47

    An Nahl ayat 125 … Allah saja memerintahkan mengajak dan membantah dengan cara yang baik, trus dilengkapi dengan kalimat, Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

    Surah Yunus ayat 99 dikatakan : Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?

    Jadi ingat kejadian² yang telah terjadi, bom bali, kekerasan dimana² — karna da’wa … Apakah tindakan seperti ini sesuai anjuran kedua ayat tersebut diatas?? .. atau kitalah yang keliru memaknainya?? …
    —————————-

    Boleh jadi .. pemahaman kita yang berbeda² sehingga hasilnya juga berbeda² .. makanya dalam Islam muncul banyak mashab dengan segala dalil pembenarannya. Sekarang tinggal kembali pada diri kita masing² untuk menyikapi perbedaan yang ada.

  207. agoezi
    Jun 28, 2008 @ 23:01:03

    Blogwalking 😀
    Lam kenal…
    ————————-

    *jabat tangan*

    Salam kenal juga 🙂
    *koq URL nya ga ada, saya jadi ga bisa kunjungan balasan*

  208. arrum15 july
    Jun 29, 2008 @ 16:05:14

    Ciayo mas … terus update buat inspirasi kita² ya …
    —————————

    Insya Allah .. selama Allah masih memberi saya waktu dan nikmat-Nya belum diambil kembali oleh-Nya, saya akan terus membagi kisah disini.

    Saya juga perlu inspirasi dari kalian semua. Silakan tulis di curhat atau diskusi melalui email saya, sehingga akan lebih banyak lagi .. hal yang bisa saya tulis.

  209. didot yang malang
    Jul 01, 2008 @ 18:15:48

    Lam kenal ya bang. Tema tulisannya aku suka ..
    ————————–

    Yang mana ?? kan banyak ??

    Salam kenal juga *jabat tangan*

  210. Aditcenter
    Jul 17, 2008 @ 03:11:53

    Assalamu’alaykum …

    Maaf pak, apakah bapak saudaranya Yudi Krisnadi (Anggota DPR-RI) dari fraksi Golkar .. soalnya wajahnya mirip …

    Hehehehe
    —————————

    Wa’alaikumsalam ..

    Saya tidak punya keluarga yang di DPR-RI pak .. kalo soal wajah mah, banyak saudara saya yang ga mirip saya pak hehehe 🙂

  211. Yoga
    Jul 24, 2008 @ 19:08:26

    Bang coba cek postingan surprise .. surprise di agoyyoga ..

    🙂
    —————————

    Mudah²an suprise-nya yang menyenangkan ya 😀

  212. Aditcenter
    Jul 25, 2008 @ 20:48:34

    Sudah bikin polling pak?

    Rencananya mau bikin polling tentang apa nie?
    ————————–

    Belum nih .. ga tahu caranya. Pengennya sih bikin layout-nya kaya’nya punya Adit. Tapi belum tahu caranya.

    Polling yang ingin saya buat, tentang kaum muda bangsa ini. Apa sih harapan mereka sebenarnya. Maklum .. selama ini, suara muda belum banyak didengar.

  213. eswandjono
    Jul 28, 2008 @ 20:59:32

    Ck .. ck .. ck .. ck .. ngg bisa bilang apa² mas …

    Ternyata saya mampir ke blog yang wah … gimana ya caranya punya blog kayak gini??? kasih tau dong …

    Terus postingin iklan gimana caranya??? Bloon amat gue ya??? maklum mas rada² miring hi hi hi .. salut deh .. terus maju ok ..

    Salam kenal
    —————————–

    Gampang koq pak.

    Bikin blog, sedapat mungkin jangan copy paste ato membajak punya orang lain. Jadilah diri kita sendiri .. karena blog adalah cerminan jiwa *halah*

    Benar koq. Buktinya, beberapa blogger menggunakan anonim alias tanpa identitas. Karena apa? karena itulah jiwa dan jati dirinya sebenarnya. Mungkin kalo di dunia nyata, dia ga seperti itu.

    Untuk postingin iklan — mungkin maksudnya banner kali ya pak? — gampang koq. Cukup masukan di widget yang tersedia pada theme milik bapak. Oke pak. Selamat mencoba.

  214. Amalia (On Earth)
    Agu 29, 2008 @ 14:20:55

    Bang, saya baru saja bayar hutang, sudah di transfer lewat Amalia (On Earth). 🙂
    —————————

    Eala … kirain hutang apaan? .. abang sudah lihat di rekening abang, koq saldonya ga nambah² hahaha 😆 .. ternyata, utang tulisan toh. Ma kasih ya sudah ditunaikan.

  215. HeLL-dA
    Agu 29, 2008 @ 16:41:12

    Salam kenal, Pak ..
    Senang bisa berkunjung ke sini ..

    Tetapi, agak sedikit kritik, Pak ..
    *Jangan tersinggung dan jangan marah ya, Pak*

    Saya agak risih dengan peletakan kata di atas:
    KU LETAK KAN KATA DISINI

    Seharusnya alangkah lebih baik bapak menuliskan nya seperti ini:
    KULETAKKAN KATA DI SINI …

    Hanya sekadar tanggapan, tak perlulah terlalu dimasukkan ke dalam hati .. 😉

    Keep gud workin’, Sir..!
    —————————-

    Salam kenal juga pak …
    *jabat tangan*

    Terima kasih sudah mampir kesini dan langsung meng-kritik 🙂 .. hanya saja, koq agak sedikit ya? .. saya akan dengan senang hati menerima kritikan yang banyak .. karena saya beranggapan .. orang yang meng-kritik saya, berarti memperhatikan saya.

    Senang dong kalo diperhatikan 🙂

    Memang susunan atau peletakkan kata seperti itu sengaja saya pilih — yang mungkin tidak mengindahkan kaedah berbahasa — semata² hanya untuk mendapatkan efek artistik semata.

    Karena .. menurut pandangan saya, penggabungan kata KULETAKKAN terlalu panjang dan ‘melelahkan’ mata jika ditulis dalam huruf besar sehingga ‘sengaja’ saya penggal menjadi KU LETAK KAN 🙂 .. disamping untuk menonjolkan kata LETAK-nya.

    Sedangkan kata DISINI tidak saya pisah .. karena — biasanya — dalam dunia nyata, suatu tempat itu nyata .. misalnya di kantor, di rumah, di sini dlsbnya .. berhubung ini adalah dunia maya .. maka saya tidak melihat ada tempat yang nyata sehingga saya gabungkan kata di dan sini.

    Saya mohon maaf .. jika alasan saya tersebut ‘melanggar’ tata bahasa Indonesia. Saya appreciate sekali atas kritikan bapak .. tidak saya masukan dalam hati .. tapi akan saya masukan dalam pikiran saya 🙂 sebagai suatu pembelajaran.

  216. toso
    Sep 02, 2008 @ 13:42:50

    Terima kasih telah berkunjung dan memberi semangat.

    Moga-moga, di tengah sibuk ini, tulisan-tulisan akan mengalir lagi. amin 🙂
    ————————–

    Oh .. sedang sibuk toh? .. kirain sedang ‘broke’ .. but it’s oke kalo emang sibuk. Bukan berarti blog-nya terlantar kan bro. Lagian .. postingan mu juga simpel dan pendek koq. Jadi pasti lah sempat buat nulis satu dua kalimat 🙂

    Thanks juga atas kunjungan balasannya .. ga nyangka secepat ini. Kirain dirimu benar² lagi tidak bersentuhan dengan Maya oops dunia maya maksud ku 🙂

  217. permadi72
    Sep 06, 2008 @ 19:12:57

    Pengen banget ngebuat Blog kaya Mas … Tapi kok masih bingung caranya Ya … Emang dasar prehistorik banget aku ya Mas ..
    —————————

    Sebenarnya nge-blog itu gampang banget, kalo mas Permadi mau jadi diri sendiri. Jangan mencoba jadi orang lain .. bisa-bisa malah stress 🙂

  218. permadi72
    Sep 07, 2008 @ 07:56:13

    Emang maunya jadi diri sendiri, Mas. Yah kalau lihat lihat punya orang lain sih hanya sebatas untuk cari inspirasi.

    Tapi untuk ngebuat halaman-halamannya itu yang gak bisa … ihik … ihik … Ngebuat banner palagi … susah

    Masukin photo juga gak tahu … Awas nanti kalau sampai ketemu sama Mas, tak sandera sampai mau ngajarin.
    —————————

    Oh, kalo cuma buat halaman mah, gampang pisan. Juga buat masukin photo juga simple koq .. apalagi kalo pake wordpress .. sangat friendly user, ditambah lagi WP ada pilihan bahasa Indonesia .. wah, makin mudah banget.

    Kalo soal banner mah, itu hasil karya extremusmilitus, yang dibuatkan oleh beliau buat saya. Jadi .. saya sendiri juga ga bisa buat banner sebagus itu.

  219. permadi72
    Sep 08, 2008 @ 19:26:55

    Bang, saya udah coba bikin banner, coba dong kalau ada waktu dikomentarin …
    —————————

    Nah tuh .. bagus banget banner-nya … karya sendiri kan? Good .. lebih keren dari banner-nya abang koq .. kalo pun banner abang bagus, itu kan buatan orang lain bukan buatan abang sendiri.

  220. permadi72
    Sep 09, 2008 @ 13:42:16

    Makasih Bang, buatan sendiri kok tapi gak murni … he he he … comot kiri comot kanan disatuin pakai corel, jadi deh.

    Terus terang saya suka banget ngunjungi abang disini, banyak materi yang cocok. Mungkin karena hobinya sama kali ya Bang. Saya lulusan arsitek tapi kerjanya cuma nyerempet dikit dari arsitek.

    Cuma bikin mebelnya ama pernak perniknya. Bangun rumah juga satu dua aja, itupun cuma permintaan pribadi dari teman sama kenalan.

    Hobi baca juga sama dengan abang cuma saya gak begitu hobi baca yang berat-berat tambah puyeng ntar kepala, jadi bacanya juga yang ringan aja. Fiksi atau komik.

    Makanya jadi pengen kapan-kapan kopi darat dengan abang.
    —————————-

    Terima kasih atas waktu kunjungan kesini .. maaf, abang belum bisa sering-sering berkunjung ke blog-nya Didi .. insya Allah, kalo ada waktu luang abang akan jalan-jalan ke blog mu.

    Btw .. teman-teman blog di Jogja sering kopdar loh .. coba aja gabung dengan kelompok cahandong, blogger-nya Jogja buat kopdar dengan anak blog.

  221. d4rkcell
    Sep 19, 2008 @ 15:56:03

    Numpang lewat ah .. lagi blogwalking nyasar kesini nih .. hehe

    Lam kenal …
    —————————

    Salam kenal juga *jabat tangan*

  222. permadi36
    Sep 27, 2008 @ 07:46:53

    Ciieeeeee … Tampilan baru nih si Abang, ada rubrik konsultasi lagi …
    ————————–

    Yaaa gitu deh 🙂

  223. rizalrais
    Okt 04, 2008 @ 10:43:55

    abang…
    belum lama aku bisa menjadikan kamu sebagai deretan teman
    tapi tak taulah apa arti teman yang sebenar2nya
    aku hanya mengenalmu dari seorg sahabat
    melihat fotomu dari hp seorg teman

    abang…
    awalnya aku sedikit berharap
    untuk bisa berkenalan lebih dekat denganmu
    memahami maksud katamu
    menelaah jalan fikiranmu

    tapi abang…
    kau hanyalah manusia seperti mahluk bernyawa yang lain
    yang tanpa sengaja menorehkan luka
    walau tidak memar dan tdk perlu jahitan
    namun berasa perih dan sakit

    tapi abang…
    kau akan selalu menjadi abangku(insyaAllah)
    dengan segala kekurangan dan ketidakberdayaanmu
    dengan semua tingkah dan ucapmu
    dengan idealisme dan isi otakmu

    terima kasih abang…
    untuk itu
    untuk kata2 dalam benakmu
    untuk rasa yang kau pendam
    untuk makna didalam kesepianmu

    terima kasih abang…
    smg Allah akan selalu meridhoimu
    dunia akhirat
    —————————

    Amin …

    Mohon maaf lahir dan bathin, sekiranya ada kata² di blog ini atau di tempat lain, yang telah melukai hati Ical atau siapapun yang membacanya. Tidak ada niat untuk melukai hati siapapun. Semoga Allah mengampuni kita semua.

  224. kajiankomunikasi
    Okt 08, 2008 @ 21:19:47

    Senang rasanya bertemu dengan orang hebat. Salam hangat …
    ————————–

    Bagi saya .. semua manusia adalah orang hebat terutama yang bisa bertahan hidup (survive) tapi tetap menjaga norma² dan akhlak. Tidak menghalalkan segala cara untuk bertahan hidup.

  225. Didit
    Okt 10, 2008 @ 14:48:23

    Test test test … 123 123
    ————————–

    Percobaan .. percobaan ..

  226. Siddiq Basid
    Nov 04, 2008 @ 00:13:42

    Terima kasih udah mampir ke blog saya mas…

    Salam Kenal
    —————————

    Your welcome ..
    *jabat tangan*

  227. ahmad
    Nov 15, 2008 @ 11:31:31

    Salam kenal.
    Saya manggilnya bang, mas, atau bapak?
    😀
    —————————

    *jabat tangan*
    Terserah Ahmad .. karena ada teman yang memanggil saya abang, mas dan bapak bahkan ada yang memanggil dengan sebutan oom hehehe :mrgreen:

  228. geRrilyawan
    Nov 17, 2008 @ 16:32:36

    Salam kenal mas …
    mau numpang liat-liat blog-nya …
    —————————

    Salam kenal juga ..
    Koq cuma numpang? .. tinggal juga boleh hehehe :mrgreen:

  229. Ahmad
    Nov 17, 2008 @ 20:15:42

    Assalamu’alaykum Pak …

    Salam kenal … salam ukhuwah …

    Saya juga sering membaca-baca tulisannya Pak, walau kadang jarang komentar. Oh iya … di widget blog-nya ada sebuah banner bertuliskan “Agama bukan Komoditas Politik” maksudnya apa yah?

    Apakah ini berarti bahwa agama harus dipisahkan dari Politik. Bukankah tanpa agama, politik akan berjalan miring tanpa aturan² dari Allah. Politik ada dalam Islam (siyasah).

    Setahu saya dengan ilmu yang dangkal ini, politik atau siyasah artinya mengurusi urusan ummat. Bukan sekedar mencari dan bersaing memperebutkan kekuasaan …

    Mohon maaf pak … siapalah diri saya ini. Tapi dalam hidup perlu proses belajar. Terutama tentang Islam yang agung ini. Dalam keyakinan saya, Islam itu mengatur seluruh aspek, politik, ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial dari lain-lain …

    Wassalamu’alaykum
    Ahmad
    —————————

    Wa’alaikumsalam …

    Salam kenal juga *jabat tangan*

    Saya juga sedang belajar koq pak. Saya juga bukan siapa². Dan saya setuju apa yang bapak katakan. Tapi saya melihat dari sudut yang berbeda. Karena jika kita semua menjalankan syariat agama dengan baik .. insya Allah, praktek perpolitikan didunia ini akan lancar dan mulus.

    So .. jangan dibalik .. melakukan aksi² politik atas nama agama — sementara dirinya tidak menjalankan syariat² Islam. Itu yang saya maksudkan memasang banner itu pak. Jika kemudian ada tafsiran yang berbeda .. itulah indahnya perbedaan pak.

    Dan banner itu pun saya comot dari salah satu blog seorang teman yang saya yakin alasannya bisa berbeda dengan alasan saya.

    Terima kasih banget atas sharing pendapatnya. Sangat saya hargai. Jangan segan² untuk memberikan komentar agar saya selalu diingatkan jika ada kesalahan. Maklum .. saya kan masih manusia juga :mrgreen:

    Semoga Allah memberkati kita semua. Amin.

  230. tentangrifai
    Nov 18, 2008 @ 23:19:05

    Mas erander … saya ada sedikit oleh²x header buatan saya untuk erander blog …

    Boleh saya tau bisa dikirim ke email yang mana..??

    Sesuai janji saya tempo hari … 🙂
    —————————-

    Wadoh .. makasih banget .. tapi waktu itu maksud saya make over blog bukan mau ganti blog header. Karena karya sahabat saya tersebut klop dengan warna dan karakter saya.

    Tapi gpp .. saya sudah buka satu blog lagi khusus buat catatan perjalanan wisata saya. Under construction sih .. bisa diakses di http://jalanerander.wordpress.com/ .. kalo mau kirim email, alamatnya ada di komentar saya yang terekam di setting komentarnya.

  231. abdal malik
    Nov 19, 2008 @ 19:56:10

    Assalamu’alaikum,

    Permisi … aku ikut letakkan kata-kata di blog ini … siapa tahu memberi kemanfaatan, atau minimal “TIDAK MENDATANGKAN KERUSAKAN” 🙂
    —————————

    Wa’alaikumsalam wr wb ..

    Monggo .. silaken pinarak 🙂 .. insya Allah akan mendatangkan manfaat jika kita menulis dengan hati yang tulus ikhlas.

  232. simonbwidjanarko
    Nov 21, 2008 @ 21:51:15

    Assalamu’alaikum …

    Salam kenal ya mas. Wah kok baru sekarang ketemunya. Saya mau coba juga … biar tulisan ringkes seperti punya jenengan. Trims … wassalam.
    —————————

    Wa’alaikumsalam ..

    Salam kenal juga .. itulah indahnya kehidupan .. pertemuan dan perpisahan seseorang selalu menjadi misteri. Dan bagi saya itu patut saya syukuri sehingga perjalanan hidup saya jadi penuh kejutan 🙂

    Maksud bapak dengan tulisan ringkes itu apa ya pak? .. seperti resensi gitu ato gimana ya? .. saya cuma coba untuk menjelaskan secara cepat dan tidak bertele² .. maklum, yang membaca blog saya tidak semua orang yang punya banyak waktu 🙂

  233. Widiya Ayu Rekti
    Nov 23, 2008 @ 17:04:47

    Salam kenal pak ..

    Kalau boleh tau, anda berdomisili di Banjarmasin juga? … Salut untuk blognya, kalau berkenan saya ingin cantumkan taut ke blog anda.
    —————————

    Salam kenal juga *jabat tangan*

    Saat ini saya ditugaskan di Balikpapan. Kebetulan regional officenya ada di Banjarmasin. Sehingga sekali sekala saya berkunjung kesana.

    Monggo .. silaken .. jika mau menautkan blog saya ke blognya mbak Widiya. Insya Allah kalo ada waktu saya mampir ke blognya mbak Widiya.

  234. aGHi 182
    Nov 23, 2008 @ 18:10:04

    Wah om hebat ..

    Om berkunjung dunk ke blog aq .. om mohon bimbingannya yach .. aq harus belajar banyak ilmu dari om .. lam kenal om ..
    —————————

    Kaya’nya salah deh .. saya justru sedang belajar dari teman² muda sekalian. Saya ini sudah sepuh. Kata orang, sudah bau tanah hehehe :mrgreen: .. harusnya saya yang banyak belajar dari anak² muda yang melek internet 🙂

  235. arifin77
    Nov 25, 2008 @ 19:37:19

    Assalamualaikum..

    Cuma mu bilang .. I wish I can make Blog like yours .. bagi ilmunya dunk Owm …
    —————————

    Wa’alaikumsalam …

    Gampang .. buatlah seperti apa yang kamu mau. Boleh niru² dikit blog orang lain sebagai ilham. Lakukan kolaborasi dengan blogger. Sering² blogwalking dan yang terpenting jangan tergoda dengan mengejar hits.

  236. Bahtiar Baihaqi
    Des 03, 2008 @ 23:03:46

    Mas, minta izin, aku dah link blognya.
    —————————

    Monggo, silaken ..
    Btw blognya sampeyan yang mana?

  237. manglufti
    Des 10, 2008 @ 13:07:49

    Salam

    Mmmmhhh, bagus banget blognya … saya ngeliat di comment tampilan baru dasboard, saya yakin foto orang Indonesia. Coba di-klik … ehhh bener khan?

    Saya mau tanya mas, bagaimana caranya nge-link KBBI online dengan tampilan image kayak gitu ya??? .. soalnya saya editor … jadi mesti mondar-mandir di KBBI nih.

    Atau mas sendiri ada naskah siap terbit??? kontak saya ya?!
    —————————–

    Salam juga …

    Tampang saya emang tampang Indonesia bos .. jadi kalo sampe muncul avatarnya, ya pasti langsung ketebak dari asal muasal saya 🙂 .. emang ngelihat dimana bos?

    Kalo KBBI itu saya create sendiri trus saya upload dan kemudian saya copy paste di widget sekalian ditempelin link-nya agar ketika pic-nya di klik langsung ke KBBI.

    Ma kasih pak tawarannya .. untuk sementara, saya belum ada naskah yang siap terbit. Ada order dari Pak Shoddiq, sampai sekarang belum kelar kelar juga saya kerjakan :mrgreen:

  238. manglufti
    Des 10, 2008 @ 13:43:29

    Saya ngeliat comment mas di dashbor baru (admin WP). Lagi iseng² eh …. kayak ada kawan satu negara .. hahaha ..

    Jangan panggil bos dong, saya masih jadi karyawan … Oya, ada id YM? biar bisa silaturahim gitu … Soal KBBI, saya wis mudheng … makasih tipsnya.

    Salam kenal … jangan sungkan silaturahim balik ke blog saya
    syukron.
    —————————–

    id YM! sih ada, tapi sudah ga pernah aktif lagi. Ga ada waktu yang cukup kalo buat YM!-an hehehe :mrgreen:

    Syukurlah kalo sudah ngeh soal KBBI. Dan saya sudah ke blog sampeyan. Tapi koq kaya’nya ga update ya postingannya?

  239. manglufti
    Des 10, 2008 @ 13:52:50

    Maap nih, mas …
    *nanya mulu *

    Widget untuk nampilin imagenya apa?? .. maklum nih, pemula 😦
    —————————

    Kaya’ mpok Minah di Bajaj Bajuri yang suka minta maaf hehehe :mrgreen:

    Widget yang dipergunakan adalah teks .. kemudian icon KBBI yang sudah di upload, URL-nya di copy paste ke dalam widget teks. Jadi deh.

  240. Fan
    Des 10, 2008 @ 22:25:15

    Halo … salam kenal …

    Numpang lewat ya … nyari inspirasi… entah ke mana nihh ngumpetnya … he he he…

    Permisi …
    —————————-

    *bener² cuma numpang lewat doang*

  241. Fan
    Des 12, 2008 @ 16:21:38

    Salam …

    Saya singgah lagi nih .. hehe.. gak kok, saya gak pake link Friendsgear lagi.

    Saya udah aktivkan lagi blog saya di WordPress … silahkan diintip dan dikomentari, saya butuh masukan nih.

    Thanks,
    Fan
    —————————–

    Eh balik lagi 🙂 .. hehehe ya deh, ntar saya kunjungan balasan kesitu. Tunggu ya.

  242. Fan
    Des 12, 2008 @ 23:22:55

    Salam …

    Thanks berat udah berkunjung ke blog saya … Sering-sering aja ya ngintip ke sana … he he he ..

    E iya, gimana sih nampilin emoticon di comment ini ????

    Thanks,
    Fan.
    —————————-

    Gampang koq .. cukup ketik tanda ‘:’ kemudian ‘)’ untuk menciptakan 🙂 .. ato tanda ‘:’ dan ‘l’, ‘o’, ‘l’ serta ‘:’ untuk menampilkan icon 😆

  243. zeindri
    Des 14, 2008 @ 03:36:59

    Hai om … salam kenal aja ya.

    Wah … banyak nih masukan dari cerita² om, malah jadi nambah wawasan saya nih om.

    Kalau ada waktu, ke blog saya ya om. biar ada referensi masukkan bagi saya nih … hehe. 😀 .. Ngomong² … om sekarang lagi sibuk apa??
    —————————-

    Sedang sibuk ngeblog :mrgreen:

  244. eronian
    Des 14, 2008 @ 10:44:40

    Salam kenal yo mas.

    Sampeyan pinter banget berolah kata. Santun pula. Jadi pengin belajar banyak pada sampeyan. Kalau ada waktu mampir ke tempat saya yo.
    —————————

    Salam kenal juga *jabat tangan*

    Wah, saya banyak dapat undangan nih .. diminta mampir ke tempat teman² hehehe 🙂 .. insya Allah, kalo ada waktu saya akan mampir di blognya.

  245. hmcahyo
    Des 17, 2008 @ 11:33:29

    Pak ikutan ini yook ..
    http://cantigi.wordpress.com

    Lagi ngadain award nih 🙂
    http://cantigi.wordpress.com/2008/12/09/ibsn-ibsn-blog-award/
    —————————

    Terima kasih atas ajakannya.

  246. Shasya Pashatama
    Des 19, 2008 @ 22:09:24

    Hallo. Jadi join di acara Batagor 29 Des mendatang kan — iya, pindah dari tanggal 22 menjadi tanggal 29.

    Ditunggu ya!
    —————————

    Beneran .. dipindah jadi tanggal 29 Desember?
    *cek appointment, mudah2 masih ada waktu lowong*

  247. Didit
    Des 21, 2008 @ 08:40:03

    Bang, mau tanya pendapat Abang mengenai takdir dan nasib, karena menurut tulisan Abang yang Didit baca : “Sepengetahuan saya sih, takdir itu sudah dari sono-nya sesuai cetakan .. sedangkan nasib, adalah pilihan kita sendiri. Ketika kita lahir cantik atau difable, itu sudah takdir. Adapun upaya kita untuk berubah atau tidak, itu adalah nasib. “

    Berarti kan takdir itu udah dari sononya gak bisa diubah seperti nasib karena kita dapat mengubah nasib. Tapi bukankah kita juga dapat memanipulasi takdir, Bang?

    Misalnya kita dilahirkan jelek, maka kita dapat melakukan operasi plastik misalnya. Ataupun bila dana kita sedikit kita dapat memanipulasinya dengan melakukan make up untuk menyamarkan yang kurang dan menonjolkan yang lebih, bibir yang tebal dapat disamarkan jadi lebih tipis, hidung dapat dibuat seakan kelihatan mancung dll, dsb….

    Atau bila kita ditakdirkan lahir dengan wajah yang rupawan, dan bernasib baik, dipuji orang, jadi bintang film dst… pokoknya segala nasib baik mampir karena wajah kita rupawan. Tapi kemudian kita mengalami kecelakaan sehingga wajah kita menjadi rusak. Akhirnya nasib baik kitapun berhenti….

    Nah… yang saya bingungkan itu, apakah nasib kita mengikuti takdir, atau takdirpun dapat kita ubah apabila kita juga mengubah nasib kita?

    Misalnya kita ditakdirkan terlahir dari keluarga miskin, tetapi dari keuletan kita berusaha dan berupaya maka pelan-pelan kita dapat mengubah nasib menjadi baik dan dapat mengubah takdir yang dulunya kita terlahir dari keluarga miskin — waktu kita lahir, keaadaanya miskin, tidak dapat diubah karena masa lalu — dan sekarang setelah dewasa kita hidup dalam keluarga yang berkecukupan. Sehingga takdir dapat kita ubah, yang dulunya kita ditakdirkan hidup dalam kemiskinan sekarang kita dalam keluarga yang berkecukupan.

    Yang tidak dapat kita ubah adalah keadaan saat kita kecil yang hidup dalam kekurangan.

    Maaf kalau tulisannya bikin bingung ya, Bang. Soalnya monolog jadi penggambarannya lompat² gak karuan.

    Thank’s … eh .. terima kasih.
    —————————-

    Kalo membahas masalah takdir ato nasib, abang tiba² merasa bersalah karena jadi teringat dengan janji abang dengan Pak Shodiq yang mengajak untuk menulis buku tentang takdir 🙂 .. buat pak Shodiq, maaf ya pak.

    Hal ini, tidak cukup dibahas secara tuntas disini. Intinya — menurut abang — takdir itu secara ‘cetak biru’ seorang manusia. Sedangkan nasib adalah perjalan hidup seseorang.

    Istilah² takdir dan nasib, sampai saat ini menurut abang masih membingungkan. Tapi untuk sementara, abang menggunakan istilah takdir untuk blue print sedangkan nasib untuk journey.

    Makanya .. dalam beberapa diskusi, abang selalu mengilustrasikan kehidupan itu seperti jalan raya. Start dimulai pada saat kita dilahirkan dan berakhir diujung jalan ketika kita berpulang.

    Kendaraan yang kita gunakan adalah ‘phisik kita’ sedangkan mesin dan pengemudi adalah pikiran dan jiwa kita. Bersyukurlah ‘pengemudi’ yang mendapat mobil ‘jaguar’ dan tentu cukup menyulitkan bagi ‘pengemudi’ yang mendapatkan ‘sepeda’ butut.

    Jalan hidup yang kita tempuh .. terserah. Diberikan banyak pilihan. Dengan keuletan dan kecerdikan .. boleh jadi si pengendara sepeda malah bisa melaju mulus. Sedangkan si pengemudi jaguar terseok² karena gagap teknologi.

    Oya .. gambaran tersebut untuk memudahkan, karena abang yakin, pasti ada yang mendebatnya. Oleh karena itu, untuk mendiskusikannya tidak cukup disini. Mudah²an dapat menjawab pertanyaan Didit.

  248. Didit
    Des 22, 2008 @ 08:55:16

    Belum Bang …

    Kalau takdir itu semacam cetak biru, OK deh semacam blue print sebuah gedung misalnya, berarti itu sepertinya gak bisa diubah-ubah karena udah cetakannya seperti itu dan harus dipakai pedoman.

    Dan nasib manusianya gak bisa diubah si empunya nasib bagaimanapun caranya dia menjalankannya. Karena sudah tercetak dalam blue print hidupnya. Ini kan bertolak belakang sekali dengan pendapat Abang kalau kita memakai istilah takdir sebagai blue print, maaf kalau salah tangkap.

    Tapi kalau kita anggap takdir adalah sebagai bahan mentah, contohnya seonggok lempung ditangan seorang pematung, atau sehelai kertas dan pensil ditangan seorang arsitek, maka dia dengan tangannya dapat menggerakkan nasibnya untuk mendapatkan hasilnya sesuai dengan kreatifitas dan usahanya.

    Semakin keras dan maksimal seorang arsitek maka dia akan mendapat hasil suatu desain yang indah dengan detail yang sangat bagus sehingga hasil akhir / takdirnya akan menghasilkan sesuatu yang bagus. Dan bila dia hanya bekerja setengah-setengah maka hasil akhirnyapun engga maksimal.

    Gimana kalau seperti ini? … Jadi Didit anggap takdir adalah sesuatu yang belum jadi kala kita lahir dan kitalah yang akan membentuknya seiring perjalanan hidup kita. Sedangkan nasib … hanyalah sekedar nasib baik atau nasib buruk yang kita dapatkan dalam pembentukan takdir kita.

    Salah ya, Bang..??
    —————————-

    Terima kasih atas masukannya .. menurut abang apa yang Didit katakan tidak salah. Boleh jadi seperti itulah persepsi Didit tentang takdir dan nasib.

    Sama halnya dengan pemahaman abang tentang blue print — yang menurut Didit tidak dapat diubah — yang menurut abang blue print itu semacam ‘modal awal’ atau ‘path’ atau ‘system’ yang akan dilalui.

    Bukankah suatu rancangan arsitektur, peraturan dan sebagainya tetap dapat diubah ditengah jalan? .. oops 😳 .. itu hanya pemahaman abang tentang blue print. Dan boleh jadi beda dengan pemahaman orang lain.

  249. Resi Bismo
    Des 29, 2008 @ 17:05:58

    Assalamualaikum wr wb,

    Salam kenal bang, sebenarnya sudah lama saya intip blog ini, namun baru kali ini saya mampir secara resmi.

    Selamat tahun baru 1430 semoga tahun baru ini lebih baik dari tahun yang lewat.
    —————————–

    Wa’alaikumsalam wr wb

    Terima kasih sudah meletakkan kata disini. Salam kenal juga. Doa yang sama sampaikan buat mas Resi.

  250. eddiekrg
    Jan 11, 2009 @ 23:38:30

    Hi bang Ebby,

    Akhirnya bisa menyapa di blog, setelah sekian lama .. oke deh tambah sukses aja ya bang, kita sekarang tetanggaan ya? 😀

    Thanks,
    —————————

    Tetangga sesama WordPress ya .. wah, suprise loh. Tadinya abang pikir, seleb dari mana nih yang nyasar kesini 🙂 .. eala, taunya Ferdy ato Yudha ya?

  251. love0212
    Jan 15, 2009 @ 13:29:18

    Pusing … 🙂

    Lagi stres gini … kata-kata ga keluar Beb, biar dapat inspirasi pake apa yak???
    —————————-

    Menulis itu ada dua .. yaitu dengan pikiran atau dengan hati. Nah, yang pake inspirasi biasanya menulis dengan pikiran. Dimana sebelum menulis .. ya mesti dapat inspirasi dulu 🙂

    Tapi kalo menulis dengan hati .. langsung aja nulis. Jadi langsung ketahuan deh suasana hatinya. Apa lagi stress, sedih, senang atau apapun akan tergambar langsung pada tulisan tersebut :mrgreen:

  252. hujanjanuari
    Jan 30, 2009 @ 18:25:16

    Eby, eby, eby …

    Akhirnya kutemukan juga!

    Aku jalan² disini (ga dipisah) sambil mengenang seorang anak laki², jingkrak jingkrak di atas vespa biru yang sedang berjalan, dadah-dadah, sambil njerit² memanggil …

    Mengenang teman sebangku yang kadang² merajuk tak mau menyapa …

    Mengenang teman yang mengajari menari untuk tugas sekolah …

    Mengenang teman sedang menyusun layout untuk koran ..
    *sedangkan aku belum tau apa-apa tentang bekerja*

    Tak pernah mengira, akan membaca ‘AKU’ yang seperti ini ..

    Eby, apa kabar?
    —————————–

    Alhamdulillah .. kabar baik.

    Sapa sih nih .. pake acara bongkar² x-file segala hwakakak 😆 .. kalo dilihat dari email address-nya, aku pikir ini pasti si ‘centil’ 👿 .. Anna ya??

    Eala .. koq baru mampir disini sih .. secara aku disini (blog ini) sudah dua tahun lebih loh.

  253. hujanjanuari
    Feb 01, 2009 @ 14:04:10

    Iya Eby, aku Anna..
    berapa tahun kita tak ketemu?
    kalau pulang ke Pontianak kontak² lah…
    pengen tau, masihkah engkau seperti yang dulu..?
    —————————-

    Annnaaaaaa .. ya ampun, koq malah ketemu disini ya?? .. cem mane gak kabarnye awak tuh? .. makin bulat ke?? hahahah 😆 .. aku pon sekarang dah berubah, jadi lebih handsome hwakakaka 👿

    Na .. rindu 🙂 .. insya Allah, kalo aku balek nanti, aku hubungi Anna. Btw, sekarang masih tinggal di komplek Palapa ke? aku tadak punye nomor HP mu. Nanti kirem jak ye ke email ku di erander@ymail.com. Ok.

  254. Hejis
    Feb 05, 2009 @ 21:32:22

    Salam kenal, salam hangat mas. Semoga bermanfaat 😀
    —————————

    Salam kenal juga …

    Kalo menilik dari ‘isyarat’ yang diberikan oleh-Nya .. tidak ada sesuatu apapun yang sia² apabila kita mau mengambil manfaatnya.

  255. iman
    Feb 06, 2009 @ 17:58:33

    Salam kenal ya pak

    Iman
    —————————

    Salam kenal juga …
    *jabat tangan*

  256. HanyaTemen
    Feb 25, 2009 @ 19:54:19

    Hanya satu kata Bi, Geraham … eh salah mantap …
    —————————

    Nathaaaaaaaaaaaaaaaaa …
    *sambil lempar segala macam barang*

  257. obo
    Mar 04, 2009 @ 08:45:49

    Mas Asf saya minta ijin copy naskah boleh ya ?! trims
    http://belanegarari.wordpress.com
    —————————

    Kalo naskah saya sih, monggo pak untuk di copy dengan mencantumkan sumbernya. Tapi kalo naskah punya mas Asf, wah .. saya malah ga tahu naskah yang mana dan siapa orangnya.

    Jika yang dimaksud bapak adalah naskah yang ini, itu memang karya saya pa, Erander bukan mas Asf. Jadi boleh koq di copy ke blog bapak. Thanks.

  258. Gading
    Mar 06, 2009 @ 10:25:33

    Erander,
    Saya mengibaratkan kesenangan dunia,
    Ibarat kemewahan dan kekuatan gading,
    Dinikmati dengan cara peniadaan dan kekerasan.
    Ibarat kristal nan dunia,
    Diciptakan dengan sentuhan, kelembutan,
    dengan perasaan dan cinta kasih.

    Erander,
    Dunia yang kutapaki langkah demi langkah..
    kadang kerikil tajam menggores menguji hati,
    kadang savana hijau bergoyang diiringi symponi Illahi, memanjakan sanubari.

    Erander,
    Tak kusangkal ego ini untuk selalu mencari surga di hamparan bumi, meski harus kucerabut paksa gading dan tancapkan belati.
    Namun tak mudah mencari suatu jawaban pasti,
    bagaimana mencipta indahnya kristal dengan cinta dan kait jemari.

    Gading atau Kristal jalan yang harus kuhadapi ..
    ————————–

    Mengapa harus mengibaratkan kehidupan itu seperti gading dan kristal bu eh pak?? *maaf ga jelas status-nya bos* .. karena kehidupan itu lebih kompleks dari pada sekedar gading dan kristal.

    Kalo gading tak retak, justru ga laku .. malah bisa² dianggap gading tiruan. Sebaliknya, kalo kristal tak retak, harganya mahal dan kalo retak malah jadi rongsokan.

    Tuhan ga melarang kita mencari kesenangan dunia koq pak. Dia ciptakan seluruh isi dunia ini untuk kita pergunakan. Hanya saja, kita sering kali lupa diri, rakus, sombong dan sebagainya sehingga bukan surga yang didapat tapi malah panasssss 👿

  259. harikuhariini
    Mar 16, 2009 @ 18:07:05

    Salam kenal Pak…
    ————————–

    Salam kenal juga …
    *jabat tangan*

  260. deni
    Mar 17, 2009 @ 10:56:49

    Bang … kalo ke Bandung, aku boleh ketemu gak? … foto abang guuuuuaaaaannntteeennnggggggggg, jadi pingin belajar bikin blog kayak gini … bisa gak ya …
    —————————-

    Apa hubungannya antara guanteng dengan belajar bikin blog … ga nyambung kaleee 😆

  261. agus_simply
    Mar 30, 2009 @ 12:54:40

    Numpang lewat …

    Tulisannya enak dilihat dan dibaca …
    *sama seperti orangnya yang ganteng*

    Sekali lagi salam kenal …
    —————————

    Terima kasih sudah mampir.

  262. Ateta
    Apr 21, 2009 @ 21:37:49

    Salam kenal Pak, tulisannya bagus …

    Mengingatkan tapi nggak menggurui, kebetulan menambah kehausan batin saya untuk selalu ingat apa tujuan hidup.
    Ditunggu postingan lainnya ya Pak.
    —————————

    Salam kenal juga bu .. terima kasih.

    Saya justru banyak belajar tentang kehidupan dari teman² dan juga pembaca blog ini yang sharing ke saya bu. Jadi kalo belakangan ini saya jarang mem-posting itu semata² karena saya sedang belajar lebih dalam lagi tentang kehidupan bu.

  263. dedehsh
    Apr 29, 2009 @ 13:18:42

    salam kenal pak
    saya link blog nya ya pak
    thanks
    ————————–

    Salam kenal juga … btw alamat blog mu apa?

  264. Rivanlee
    Mei 03, 2009 @ 13:59:57

    Salam kenal om
    ————————–

    Ini ponakan yang mana ya??

  265. kangBoed
    Mei 06, 2009 @ 00:44:57

    Salam Kenal Mas …
    Salam Persahabatan …
    Salam Sayang …
    —————————

    Salam kenal juga …
    *jabat tangan*

  266. dewayanie
    Jun 04, 2009 @ 13:34:09

    dari blogwalking….
    salam kenal yak!
    ————————–

    Terima kasih sudah mau mampir.

  267. Didit
    Mar 27, 2010 @ 09:52:44

    Sekarang blog ini jarang dikunjungi ya, kelihatannya bermula dari Abang punya FB, piye ki Bang? Sayang kan?
    ————————–

    Kalo Didit benar² memperhatikan .. pasti pendapat seperti itu tidak terjadi .. karena faktanya setiap hari abang selalu kesini untuk menjawab komentar² yang masuk ..

    Kalo soal postingan .. memang sudah lama ga nulis .. begitu juga di FB .. dan kalo Didit benar² melihat note di FB, note-nya justru link dari blog ini. So .. abang tidak termasuk orang yang latah dengan trend ..

    Fasilitas yang ada justru digunakan untuk kebaikan .. selama setahun belakangan ini, memang kesibukan meningkat terutama yang berkaitan dengan ide .. jadi, ga sempat postingan ..

  268. Didit
    Mar 30, 2010 @ 14:46:53

    Nha itu ..

    Maksud Didit tu … Abang sekarang jarang bikin postingan kaya dulu lagi. Padahal dulu hampir tiap minggu ada postingan baru. Bahkan seminggu kadang lebih dari 2 kali.
    Kan kangen Bang ..
    ————————–

    Oh kalo soal postingan sih emang sudah ga pernah dimana-mana .. sibuk banget. Status di FB aja dua tiga hari baru di up date .. jadi ga postingan bukan karena FB .. ga ada ngaruh nya tuh FB.

    Belakangan ini sedang kontemplasi .. karena dijagad maya semakin hari blog dan notes di FB penuh dengan copy paste serta tulisan² yang kurang greng .. abang mencoba untuk merenungkan apakah memang ini yang paling diminati para pembaca ?? karena abang males buat ikut²an ..

  269. Asop
    Apr 07, 2010 @ 12:32:23

    Menaruh jejak di sini.. 😆
    ————————–

    Thanks .. :mrgreen:

  270. martha andival
    Agu 19, 2010 @ 15:18:45

    Dah lama ga kemari … ternyata makin keren dan nikmat dipandang mata …

    Sukses selalu bang
    —————————

    Ma kasih sudah berkunjung kembali kesini .. pa kabar ?? .. semoga fine ya .. abang juga sudah lama ga nge-up date blog .. maaf.

  271. tante_lulul
    Nov 24, 2010 @ 20:42:13

    Terima kasih sudah accept FB saya.
    Alhamdulillah.. senang bisa ikutan baca blognya… Isinya sangat menggugah… matur suwun..

  272. masdhenk
    Mei 11, 2011 @ 23:25:07

    hehehe… sowan lagi ke blognya kangmas setelah sejak lama, *sejak 2007 an

  273. dg situru
    Jul 09, 2012 @ 00:34:57

    salam kenal; like your note’s …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: